Kata Mutiara Hari ini

Cara Agar Artikel Diterima dan Diposting di Viva Blog

Tags

Halo pembaca setia Rafsablog, artikel kali ini saya akan berbagi tips cara agar artikel diterima dan di posting di Viva blog. Menjadi bloger saat ini memang sudah tidak asing bagi kebanyakan orang, bloger sudah tidak dipandang sebelah mata, pasalnya kini banyak bloger yang sudah sukses dan mendapatkan pundi-pundi rupiah dari blog.

Banyak yang mengira menjadi bloger itu cukup mudah, yakni dengan duduk di depan layar monitar dan menulis sesuatu maka akan mendapatkan penghasilan, namun faktanya tidak sedikit orang yang memulai terjun di dunia per-blogging-an mengeluh karena susah atau tidak mendapatkan penghasilan, dan pada akhirnya banyak yang pensiun, meninggalkan pekerjaannya menjadi seorang bloger.

Cara Agar Artikel Diterima dan di Posting di Viva Blog

Kunci utama menjadi bloger sukses adalah bagaimana cara untuk mendatangkan banyak pengunjung yang menuju blog kita. Ketika pageviews blog sudah banyak dan mulai stabil, Anda dapat memikirkan platform apa yang cocok untuk monetize blog Anda. Namun, sebelum itu Anda harus berpikir untuk mendatangkan pengunjung ke blog Anda.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendatangkan pengunjung, salah satunya adalah dengan dengan melakukan submit artikel di situs tertentu yang sudah terkenal, dengan cara tersebut maka pengunjung yang mengunjungi situs tersebut akan membuka artikel yang Anda kirim dan akan menuju blog Anda. Mungkin terlihat sederhana, namun biasanya situs besar hanya mau menerima artikel yang berkualitas.

Salah satu situs rekomendasi untuk mempromosikan artikel kita adalah Viva Blog. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Viva, situs besar tersebut sudah terkenal di Indonesia, dan banyak sekali orang yang membuka situs tersebut karena ingin membaca update berita terbaru atau info menarik lainnya.

Cara Agar Artikel Diterima dan di Posting di Viva Blog


Viva membuka penerimaan artikel atau istilah kerennya adalah guest post, dan jika Anda merasa artikel yang Anda buat mempunyai kualitas baik, Anda dapat mengirimkannya ke Viva Blog. Ingat, Viva hanya menerima artikel yang mempunyai kualitas baik, banyak artikel yang tidak lolos karena kualitasnya mungkin kurang baik atau kurang terpercaya.

Namun, jangan khawatir karena Anda berada di postingan yang tepat agar artikel yang Anda buat dapat disetujui oleh Viva Blog. Sebelumnya Anda harus mempunyai akun Viva, jika belum maka Anda harus daftar terlebih dahulu.

Cara Daftar Akun Viva

  1. Langkah pertama buka link berikut: https://www.viva.co.id/user/register-member
  2. Kemudian Anda dapat melakukan pendaftar menggunakan akun media sosial atau membuat akun Viva dengan cara mengisi form. Jika Anda memilih menggunakan form, maka isilah yang sesuai dan isilah dengan benar seperti nama, alamat email, dan kata sandi.
  3. Setelah itu klik "Saya bukan robot" untuk memastikan bahwa Anda bukanlah robot.
  4. Kemudian klik centang persetujuan, dan klik Daftar.
  5. Lalu buka email Anda dan cek pesan masuk dari Viva, langkah selanjutnya klik verifikasi alamat email.

Sampai di sini Anda sudah berhasil membuat akun Viva Blog. Setelah Anda berhasil melakukan pendaftaran akun Viva, tahap selanjutnya pasang widget Viva di blog Anda. Bagaimana cara memasang widget Viva? Simak beberapa tahap berikut ini.

Cara Memasang Widget Viva Blog

  1. Di sini saya menggunakan platform blogger, maka login terlebih dahulu di blogger.com
  2. Kemudian klik menu Tata letak, lalu klik Tambahkan Gadget pada posisi yang Anda inginkan (rekomendasi di sidebar kanan atau kiri), dan ketika muncul jendela browser baru maka pilih HTML/JavaScript.
  3. Masukkan kode Viva di bawah ini, dan klik Simpan.
    <iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0; min-height: 225px;" src="https://log.viva.co.id/iframe" scrolling="no"></iframe>

Jika Anda sudah mempunyai akun Viva dan sudah memasang widget Viva, maka selanjutnya Anda sudah dapat mengirimkan artikel yang menurut Anda berkualitas untuk di post di Viva Blog. Berdasarkan pengalaman pribadi, untuk dapat disetujui oleh pihak Viva, maka artikel benar-benar berkualitas.

Bagaimana kriteria artikel yang berkualitas? Sebenarnya tidak selalu sulit membuat artikel yang berkualitas jika Anda menguasainya. Beberapa poin yang bisa saya tangkap untuk mendapatkan artikel berkualitas adalah artikel yang menggunakan bahasa sesuai ejaan Bahasa Indonesia yang benar, artikel yang menerangkan dengan detail, dan mempunyai jumlah kata yang tidak sedikit, setidaknya minimal terdapat 800 kata dalam satu artikel. Apakah Anda sanggup?

Selain kualitas artikel, Anda juga harus memperhatikan apakah artikel yang ingin Anda kirim tersebut adalah artikel usang atau artikel baru. Contohnya jika artikel viral maka Anda harus mengirim yang benar-benar viral pada saat itu juga, janga mengirim artikel yang viral pada bulan atau tahun lalu. Viva sangat menyukai artikel fresh atau terbaru, apalagi jika menyuguhkan informasi dengan detail dan kata-kata yang enak untuk dibaca.

Anda juga harus membaca Syarat & Ketentuan artikel yang akan dipublikasikan di Viva. Jika Anda sudah merasa artikel Anda sudah mendapatkan kriteria berkualitas atau yang sudah saya sebutkan di atas, Anda dapat mencoba mengirim artikel di Viva Blog dan berharap artikel Anda disetuju. Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut.

Cara Submit Artikel di Viva Blog

  1. Pertama login terlebih dahulu di Viva Blog, atau bisa klik link berikut: Viva login
  2. Setelah berhasil login, selanjutnya klik untuk mengirim artikel buka link berikut: https://www.viva.co.id/user/blog/compose
  3. Isi form dengan benar.
    Judul Blog: Isi kolom judul ini sesuai dengan keinginan Anda
    Ketegori: Sesuaikan kategori dengan artikel Anda
    Isi blog: Meskipun artikel Anda mempunyai jumlah kata yang banyak, pada kolom ini Anda memberikan 3-4 paragraf saja sudah cukup.
    URL Blog: Salin URL artikel yang sudah Anda posting di blog Anda.
    File: Kirim gambar yang mempunyai ukuran maksimal 1MB, dengan ukuran minimal 663 px X 382 px.
    Keterangan File: Boleh disesuaikan dengan judul atau bisa dibuat sesuai keinginan.
  4. Setelah selesai mengisi form, selanjutnya centang "Saya menyetujui syarat dan ketentuan berlaku," dan jangan lupa verifikasi bahwa Anda bukan robot.
  5. Langkah terakhir klik tombol Kirim Blog.

Dengan membaca artikel ini diharapkan artikel Anda dapat disetujui dan dipublikasikan di Viva Blog, sehingga blog yang Anda kelola akan mendapatkan visitor dari Viva. Meskipun Anda sudah menerapkan tips di atas, Anda harus tetap berdo'a agar artikel Anda diterima.

Tidak ada pemberitahuan bahwa artikel Anda diterima atau tidak, untuk indikator bahwa artikel Anda diterima adalah terdapat backlink dari Viva, pada blog bisa dilihat pada halaman Statistik > Sumber lalu lintas, dan Anda akan menemukan link yang berasal dari viva.

Untuk melihat langsung, Anda bisa mengunjungi situs viva.co.id/blog dan melihat apakah artikel Anda sudah terpublikasikan atau belum. JIka sudah ya bersyukur, tapi jika belum jangan berkecil hati, terus menulis artikel dan mengirimnya di Viva Blog dan berdo'a agar artikel Anda diterima.

Mungkin itu dulu artikel kali ini tentang cara agar artikel diterima dan di posting di Viva Blog. Jika Anda mempunyai pertanyaa atau masukkan, Anda bisa menuliskannya di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Rekomendasi