Cara Menghilangkan Malware di Windows 7, 8, 10

Halo pembaca setia Rafsablog, kali ini saya akan berbagi tips tentang cara meghilangkan malware di Windows 7, 8, 10. Malware adalah sebuah perangkat lunak berbahaya yang dapat menyerang PC atau laptop siapapun yang tidak sengaja mengunduh dan menginstall software, mengunjungi situs yang tidak aman di internet, dan melakukan aktivitas lainnya yang dapat menyebabkan masuknya malware.

Malware dapat menyebabkan PC/laptop menjadi tidak optimal seperti sedia kala, diam-diam menyusup ke sistem operasi dan mengacaukan aktivitas pada sistem. Terdapat ciri-ciri yang bisa menandakan bahwa komputer terkena malware, diantaranya yaitu proses komputer menjadi lambat, terdapat iklan yang muncul secara tiba-tiba di Google Chrome, Mozilla Firefox atau di aktivitas lainnya, komputer dapat menginstall perangkat lunak lain dengan sendirinya, dan tidak jarang ketika kita membuka browser maka terdapat mesin pencarian baru, bukan Google, Yahoo, ataupun Bing.

Cara Menghilangkan Malware di Windows 7, 8, 10

Jika Anda menemukan kejanggalan seperti di atas, bisa dipastikan bahwa PC Anda terkena malware. Biasanya malware mudah sekali menyerang sistem operasi Windows, mulai dari Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Jika PC/laptop kita sudah terkena malware, tentunya aktivitas yang kita lakukan menjadi terganggung karena terdapat aktivitas lainnya yang dikerjakan oleh malware itu sendiri.


Di grup ada yang bertanya tentang bagaimana cara menghapus atau menghilangkan malware di Windows 7, 8, 10? Maka dari itu saya membagikan artikel ini tentang tips cara mengatasinya melalui sistem operasi Windows dan menggunakan aplikasi khusus untuk malware maupun adware. Baik, simak artikel ini untuk mengetahui langkah-langkahnya.

Cara Menghilangkan Malware di Windows 7, 8, 10


Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi malware, mulai dari cara yang sederhana hingga menggunakan cara yang membutuhkan software khusus yang kembangkan untuk malware. Saya akan membagikan cara mulai mengatasi malware dari yang sederhana.

Menghapus file temporary

Untuk mengatasi kinerja komputer yang lambat karena malware, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus file temporary pada sistem operasi Windows. Menghapus file temporary ini melalui Disk Cleanup dengan safe mode, yang pertama Anda harus masuk terlebih dahulu pada safe mode, setelah berhasil masuk safe mode selanjutnya Anda bisa menggunakan fitur Disk Cleanup.

Untuk membuka Disk Cleanup pertama klik tombol Start/Windows > kemudian ketik "Disk Cleanup" atau Anda bisa ketik "Disk" saja nanti akan muncul sendiri Disk Cleanup, lalu klik agar Disk Cleanup terbuka, lalu pilih drive yang ingin dibersihkan, biasanya drive C: yang sering dibersihkan, namun Anda juga bisa membersihkan semua drive.

Menghapus program mencurigakan

Anda bisa menggunakan cara ini setelah mencoba cara di atas, mengatasi malware dapat dengan menghapus program yang mencurigakan di komputer. Kriteria program mencurigakan ini adalah kita tidak merasa menginstallnya namun program tersebut ada di komputer kita.

Biasanya program-program tersebut menjadi malware atau sebagai tempat untuk bersembunyi malware. Anda bisa menghapus program yang mencurigakan dengan melalui Control Panel lalu uninstall program yang mencurigakan tersebut. Dengan begitu Anda sudah mencoba berusaha untuk mematikan aktivitas malware.

Hapus malware dengan Antivirus

Tidak jarang perangkat lunak berbahaya seperti malware terdeteksi dan dapat dihapus oleh Antivirus, dan Antivirus pada masa kini banyak yang sudah mempunyai fitur Antimalware. Rekomendasi Antivirus yang bisa Anda gunakan yaitu Avast, Kapersky, Bit Defender, dan Antivirus lainnya yang mempunyai fitur Antimalware.

Agar memastikan malware hilang, Anda harus melalukan pemindaian pada semua drive hingga ke akar-akarnya atau ke direktori yang paling dalam, karena malware ini mempunyai sifat yang sulit untuk ditemukan, dan tidak jarang malware dapat menggandakan diri dengan menyebar ke seluruh direktori pada komputer.

Hapus malware dengan Antimalware

Jika menggunakan Antivirus tidak mempan, Anda dapat menggunakan software Antimalware yang memang diciptakan khusus untuk membasmi perangkat lunak jahat malware maupun adware.

Terdapat rekomendasi software Antimalware diantaranya yaitu Malwarebytes AdwCleaner, Malwarebytes Anti-Malware, Norman Malware Cleaner, SuperAntiSpyware.

Lakukan pemindaian atau scan dan tunggu hingga proses selesai, jika terdapat malware yang terdeteksi maka Anda harus menghapusnya agar komputer Windows Anda terbebas dari malware dan dapat bekerja secara optimal seperti sedia kala.

Hapus malware dengan Windows Defender

Bagi Anda yang menggunakan Windows 10, Anda dapat menggunakan Windows Defender untuk menghilangkan malware pada komputer Anda. Software Windows Defender ini khusus terdapat di Windows 10 saja, dan berikut langkah-langkah untuk menggunakan Windows Defender.

Pertama klik start/windows > kemudian pilih pengaturan > pembaruan & keamanan > Windows Defender > setelah itu klik Buka Windows Defender keamanan pusat > selanjutnya pilih proteksi Virus & ancaman > tingkat lanjut memindai > lalu pilih memindai Windows Defender Offline > dan klik memindai sekarang. Setelah itu tunggu hingga proses selesai dan lihat hasilnya. Windows Defender secara otomatis setelah selesai proses scanning langsung melakukan tindakan menghapus atau mengkarantina.

Itulah tadi artikel tentang cara menghilangkan malware di Windows 7, 8, 10. Dengan mencoba langkah di atas diharapkan komputer Anda dapat menghapus dan terbebas dari perangkat lunak jahat malware. Jika beberapa upaya di atas belum membuahkan hasil, dengan terpaksa Anda harus melakukan installasi ulang sistem operasi yang Anda gunakan saat ini.

Mungkin itu dulu artikel kali ini, jika artikel ini bermanfaat silahkan bookmark artikel ini agar suatu saat bisa dibaca kembali. Jika Anda mempunyai saran, masukkan, atau pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar ya. Jika terdapat kesalahan dalam pengetikan mohon dimaafkan, semoga bermanfaat.
komentar