Cara Mudah Mengatasi White Screen Launcher Origin

Tags

Kembali lagi di Rafsablog.id, situs seru dan banyak wawasan. Kali ini saya akan berbagi tutorial tentang cara mudah mengatasi white screen Origin. Origin adalah sebuah online store besutan Electronic Arts (EA). Origin ini dibuat untuk menjadi rival Stem yang lebih dulu sukses menjadi distribusi digital.

Saat ini Origin berkembang sangat pesat karena mempunyai fitur-fitur yang sangat menarik dan memanjakan konsumennya, salah satu fitur menarik Origin yang tidak ada di Stem adalah dimana kita dapat mengembalikan game yang dirasa tidak cocok, fitur ini seperti kita membeli barang di toko penjualan, dan hal inilah yang membuat banyak user menyukai Origin.

Cara Mudah Mengatasi White Screen Launcher Origin

Origin mempunyai game unggulan yaitu FIFA, Star Wars, Need for Speed, Battlefields, Titanfall, The Sims, dan Madden. Selain game berbayar tersebut, Origin juga mempunyai game unggulan Free to play yang bebas untuk dimainkan secara gratis, salah satunya adalah Apex Legends yang kini tengah populer dimainkan oleh berbagai kalangan.

Beberapa pengguna Origin belakangan ini dibuat bingung oleh masalah pada launcher Origin yang membuat sebagian pengguna merasa kecewa karena program Origin mengalami masalah dengan tampilan white scree saat pengguna akan masuk pada program. Layer putih tersebut memiliki tampilan layaknya sedang loading, akan tetapi program tidak merespon setelah ditunggu untuk waktu yang cukup lama.

Cara Mengatasi White Screen Launcher Origin


Banyak yang bertanya-tanya tentang bagaimana cara mengatasi tampilan Orogin yang mengalami layar putih, hingga pada akhirnya artikel ini dibuat untuk pengguna agar dapat memperbaiki white scree pada Origin. Terdapat bebera[a langkah yang dapat Anda coba di perangkat PC Anda, di sini saya menggunakan Windows 10, dan berikut langkah-langkahnya.

Cara 1: Lakukan End Task pada Proses Origin yang Berjalan

  1. Langkah pertama buka Task manager dengan cara klik kanan pada Taskbar lalu pilih Task Manager, atau langsung dengan cara menekan shortcut keyboard (CTRL+Shift+ESC).
  2. Setelah itu pada tab Processes, cari program Origin dan Origin ClientServices yang berjalan, lalu klik kanan dan pilih End task.
  3. Kemudian Anda dapat mencoba kembali membuka launcher Origin.

Cara 2: Hapus Program OriginClientsServices

  1. Jika pada cara ke-1 belum berhasil, Anda bisa mencoba dengan menghapus OriginClientsServices.exe, sebelumnya lakukan End task terlebih dahulu seperti pada cara satu di atas.
  2. Kemudian itu bukan folder Origin, agar lebih cepat maka klik kanan pada launcher Origin (shortcut di Desktop), lalu pilih Open file location.
  3. Setelah itu hapus program yang bernama OriginClientsServices.exe.
  4. Agar lebih bersih, Anda bisa menghapusnya juga di Recycle Bin.
  5. Lalu Anda bisa membuka Origin kembali.

Cara 3: Hapus Folder Origin di ProgramData

  1. Pertama buka drive C: dan klik menu View
  2. Selanjutnya centang Hidden items, yang berguna untuk menampilkan file yang di hidden atau tersembunyi pada sistem operasi Windows.
  3. Setelah itu akan muncul folder yang bernama ProgramData, lalu buka folder tersebut.
  4. Cari dan hapus folder Origin.
  5. Kemudian jangan lupa untuk Empty Recycle Bin.
  6. Coba buka kembali launcher Origin.

Cara 4: Hapus Origin pada Lokasi Deep Folder Windows

  1. Jika cara ketiga tadi belum berhasil Anda bisa mencoba cara ini, saya asumsikan Anda sudah menampilkan folder yang di hidden (langkah-langkahnya seperti cara ketiga).
  2. Setelah itu buka lokasi folder "C:\Users\[user pc]\AppData\Local" dan "C:\Users\[user pc]\AppData\Roaming"
  3. Kemudian hapus folder Origin yang terdapat pada lokasi folder tersebut.
  4. Lakukan Empty Recycle Bi.
  5. Buka kembali shortcut Origin di Desktop.

Cara 5: Reinstall Program Origin

Jika Anda sudah mencoba cara pertama hingga keempat dan tidak membuahkan hasil atau white screen Origin belum juga teratasi, saya sarankan untuk melakukan reinstall program Origin, dengan cara uninstall terlebih dahulu lalu bersihkan PC dengan software cleaner, kemudian restart PC dan install kembali program Origin di PC Anda.

Itulah tadi cara mengatasi White Screen Origin. Jika Anda mempunyai saran atau masukkan silahkan tulis di kolom komentar ya, agar nanti bisa saya update terbaru artikel ini. Mungkin itu dulu artikel kali ini, jika terdapat kesalahan dalam penulis mohon dimaafkan, semoga bermanfaat.

Rekomendasi