Sabtu, 26 Mei 2018

Cara Menyimpan File di Dropbox Lewat Komputer dan Android

Cara Menyimpan File di Dropbox - Media penyimpan saat ini banyak sekali macam, kita bisa meyimpan file secara offline dengan menggunakan perangkat keras penyimpanan seperti flashdisk atau harddisk internal ataupun eksternal. Namun untuk menyimpan file di flashdisk atau di harddisk mempunyai kendala lain jika terjada masalah yang menimpa flashdisk atau harddisk tersebut, seperti corrup, perangkat yang hilang atau lain-lain.

Di zaman yang semakin maju ini terdapat media penyimpanan secara online, jadi kita tidak direpotkan untuk mengurus penyimpanan dalam bentuk nyata seperti flashdisk ataupun harddisk. Kita bisa menyimpan file secara online tanpa takut file hilang atau corrupt. Media penyimpanan secara online pun sekarang sudah banyak, seperti Google Drive, One Drive, Dropbox, dan lain-lain. Dropbox adalah salah satu situs tempat untuk menyimpan file yang kini sedang populer.
Cara Menyimpan File di Dropbox Lewat Komputer dan Android

Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara menyimpan file di Dropbox lewat komputer ataupun smartphone yang berbasis Android. Dropbox sedikit berbeda dari situs penyimpanan lainnya, di Dropbox kita bisa membuat grup untuk saling bertukar file atau mengirim file, lalu kita juga bisa berbagi file dengan teman yang sesama menggunakan Dropbox. Sayangnya Dropbox hanya memberikan kapasitas penyimpanan sebesar 2GB saja untuk pengguna free.

Yang dimaksud pengguna free tersebut kita belum mengupgrade akun kita menjadi akun Pro. Jika akun kita upgrade ke akun Pro maka kapasitas penyimpanan akan bertambah menjadi 1TB atau lebih tergantung versi (Plus, Professional, Standard, Advanced). Namun meskipun kita menggunakan akun free sepertinya tidak masalah jika kita hanya menyimpan file document, karena size file tidak terlalu besar. Ok langsung saja berikut cara menyimpan file di Dropbox lewat komputer ataupun android.

Cara Daftar Akun di Dropbox

1. Langkah pertama sebelum menyimpan file di Dropbox ialah dengan membuat akun terlebih dahulu. Caranya dengan membuka situs dropbox.com, lalu isi form Sign Up yang sudah disediakan, centang "I agree to the Dropbox Terms," lalu klik Sign Up.

2. Setelah berhasil mendaftarkan akun, maka Anda akan disarankan untuk menginstall aplikasi Dropbox di komputer, jika Anda tidak ingin menginstallnya abaikan saja tidak apa-apa, lalu kembali buka situs dropbox.com lalu secara otomatis Anda sudah masuk dalam dashboard Dropbox.

3. Setelah Anda berhasil masuk Dropbox sekarang kita bisa lanjut ke tahap selanjutnya yaitu menyimpan file di Dropbox.

Cara Menyimpan File di Dropbox Lewat Komputer/Laptop

Di atas tadi kita sudah berhasil mendaftarkan akun, lalu di langkah ini kita akan menyimpan file di Dropbox. Setelah masuk dashboard lalu klik tombol Upload yang berada di sebelah kanan, lalu klik File, selanjuntnya pilih file yang ingin Anda upload ke Dropbox, klik double atau bisa dengan klik Open nanti secara otomatis file akan terupload di Dropbox.

Setelah Anda mengikut langkah di atas Anda sudah berhasil menyimpan file di Dropbox lewat komputer, lalu bagaiamana cara menyimpan lewat Android? Mudah kok, baca sampai bawah ya.

Cara Menyimpan File di Dropbox Lewat Android dengan Aplikasi

Ketika menyimpan file lewat komputer kita bisa menggunakan browser, lalu di android kita bisa menyimpan file menggunakan aplikasi Dropbox, jadi tanpa harus masuk situs dropbox menggunakan browser, langkah-langkahnya seperti berikut.

1. Download terlebih dahulu aplikasi Dropbox di Play Store.

2. Setelah aplikasi terpasang selanjutnya buka aplikasi Dropbox, setelah aplikasi terbuka lalu klik Masuk.

3. Kemudian isi Email dan Password seperti yang sudah di daftarkan, lalu klik Masuk.

4. Setelah berhasil login, kita bisa sudah bisa mengupload file, cara upload filenya sangat mudah, pertama klik tombol dengan ikon '+' yang berada di pejok kanan bawah.

5. Pilih Unggah file, lalu pilih file yang ingin Anda simpan di Dropbox.

6. Setelah Anda memilih file secara otomatis Dropbox melakukan proses uploading dan setelah proses selesai maka file tersimpan di Dropbox.

Mudah kan cara menyimpan file di Dropbox ini. Yang perlu kita ingat adalah Dropbox untuk versi free mempunyai kapasitas hanya 2GB saja, cocok untuk menyimpan file doc dan tidak cocok untuk menyimpan berbagai aplikasi berat karena bisa memakan space yang mengakibatkan kapasitas cepat habis. Jika Ada pertanyaan tentang artikel ini Anda boleh menanyakannya di kolom komentar.

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Cara Menyimpan File di Dropbox Lewat Komputer dan Android. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon