Cara Mengatasi VirtualBox Error UUID Already Exist

Cara Mengatasi VirtualBox Error UUID Already Exist atau UUID sudah ada, atau dengan error "Cannot Register The Harddisk". VirtualBox adalah suatu software untuk menginstall sistem operasi di dalam sistem operasi atau menjalankan komputer di dalam komputer. VirtualBox hanya dapat menginstall file dengan ekstensi ISO, dimana file tersebut akan diproses menjadi sistem operasi di dalam VirtualBox dan sistem operasi tersebut sama seperti aslinya, namun kita menjalankannya menggunakan pihak ketiga yaitu VirtualBox tersebut.

Lalu untuk error UUID already exist yang kita bahas di artikel ini adalah disebabkan oleh UUID vhd yang lama masih tersimpan, maka untuk mencegah bertumpuknya file munculah error tersebut dari VirtualBox. Saya menemukan error tersebut ketika saya hendak menginputkan vhd fresh atau yang baru ke VirtualBox. Dengan begitu kita harus merest UUID tersebut untuk menghilangkan error. Jangan khawatir karena di artikel ini akan kita bahas bagaimana cara mengatasi keselahan atau error tersebut di VirtualBox.
Cara Mengatasi VirtualBox Error UUID Already Exist

Cara Mengatasi VirtualBox Error UUID already exist (Reset UUID)


1. Disini kita akan menggunakan Command Prompt atau CMD, jadi sebelumnya kita harus membuka CMD terlebih dahulu. Ketik "CMD" di pencarian windows, tanpa tanda kutip.

2.  Setelah CMD terbuka selajutnya kita pindahkan dulu direktorinya ke direktori dimana VirtualBox berada. Ketik di CMD cd C:\Program Files\Oracle\VirtualBox\ lalu enter, atau Anda bisa lihat gambar berikut.
Cara Mengatasi VirtualBox Error UUID Already Exist

3.  Lalu setelah direktori kita pindahkan ke lokasi default dari VirtualBox, selanjutnya kita mulai mereset UUID VirtualBox. Caranya dengan mengetikkan perintah VBOXMANAGE.EXE internalcommands sethduuid "lokasi file vhd" lalu enter, Anda bisa mengganti lokasi file vhd Anda.

Contoh: VBOXMANAGE.EXE internalcommands sethduuid "D:\Rafsa\UNBK\unbk2018.vhd"


Cara Mengatasi VirtualBox Error UUID Already Exist

Tulisan yang berwarna merah tersebut adalah lokasi file vhd yang saya inputkan ke VirtualBox namun mengalami error UUID already exist tersebut, Anda bisa menggantinya dengan lokasi vhd Anda yang mengalami error. Setelah Anda memasukkan perintah berikut maka setelah Anda menginputkan vhd yang baru tidak akan muncul error lagi. Mudah banget kan.

0 Response to "Cara Mengatasi VirtualBox Error UUID Already Exist"

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


Rekomendasi Artikel