Cara Menentukan Target Negara Pengunjung Blog

Cara Menentukan Target Negara Pengunjung Blog

Cara menentukan target negara pengunjung blog dengan meta tag. Untuk mendatangkan visitor ada beberapa faktor salah satunya adalah faktor bahasa. Untuk blog dengan bahasa Indonesia maka pengunjung yang datang adalah orang dari negara Indonesia karena orang tersebut mencari keyword di mesin pencari dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Namun bagi blog yang menggunakan bahasa Inggris, pengunjun dari blog tersebut bisa dari negara mana saja, karena bahasa Inggris adalah bahasa Internasional yang bisa dipakai oleh banyak negara di dunia. Keuntungan menggunakan bahasa Inggris pada blog bisa dapat mendatangkan banyak visitor dari negara manapun.
Cara Menentukan Target Negara Pengunjung Blog

Selain itu untuk menargetkan visitor blog dari negara tertentu bisa dilakukan dengan menggunakan meta tag atau bisa melalui Webmaster Tools dengan memilih penargetan negara. Namun yang perlu digaris bawahi adalah bagi web/blog yang menggunakan domain ccTLD tidak berlaku, karena domain ccTLD hanya berlaku di negaranya saja.

Apa itu ccTLD? ccTLD kepanjangan dari Country Code Top Level Domain dimana domain tersebut adalah domain khusus untuk negara. Contohnya seperti Rafsablog.id, domain Rafsablog menggunakan domain ID, yaitu domain resmi dari Indonesia. Jadi target utama pengunjung Rafsablog ini adalah orang dengan kewarganegaraan Indonesia.

Jadi cara menentukan target negara pengunjung blog juga dari faktor domain, bagi Anda yang berkewarganegaraan Indonesia namun ingin memiliki blog bule atau blog dengan target luar negeri, tidak disarankan untuk menggunakan domain ccTLD khusus Indonesia, tetapi Anda bisa menggunakan domain com atau domain yang lain untuk blog Anda.

Di dalam artikel ini terdapat 2 cara menentukan target negara pengunjung blog, yaitu dengan menentukan pengatura melalui Webmaster Tools, dan yang kedua adalah dengan menggunakan Meta Tag yang disimpan pada Edit HTML di blogger. Bagi Anda yang ingin mencargetkan pengunjung blog hanya untuk satu negara saja, Anda bisa memilih cara yang pertama, sebaliknya jika Anda menginginkan pengunjung dari berbagai negara Anda bisa memilih cara yang kedua.

#Cara 1: Menentukan Target Negara Pengunjung di Blog


  1. Pertama Anda harus login terlebih dahulu menggunakan akun google Anda.
  2. Lalu langkah yang kedua Anda masuk ke Webmaster Tools.
  3. Setelah masuk pada Webmaster Tools, lalu Anda pilih blog Anda yang sudah Anda daftarkan di Webmaster.
  4. Lalu langkah selanjutnya Anda klik menu Search Traffic > International Targeting > klik tab Country > centang Target users in > lalu pilih negara > Save. Atau kira-kira seperti gambar berikut.Cara Menentukan Target Negara Pengunjung Blog
  5. Selesai.

#Cara 2: Menentukan Target Negara Pengunjung di Blog


  1. Langkah pertama adalah Anda harus masuk terlebih dahulu di blogger.com
  2. Setelah masuk dashboard, selanjutnya Anda buka menu Tema > Edit HTML.
  3. Langkah berikutnya silahkan Anda copy kode berikut dan paste di bawah kode <head>, untuk mencari kode <head> silahkan gunakan tombol CTRL+F di keyboard Anda.
    <meta content='US' name='geo.region'/>
    <meta content='37.09024;-95.712891' name='geo.position'/>
    <meta content='GB' name='geo.region'/>
    <meta content='55.378051;-3.435973' name='geo.position'/>
    <meta content='DE' name='geo.region'/>
    <meta content=’51.165691; 10.451526' name='geo.position'/>
    <meta content='CA' name='geo.region'/>
    <meta content='56.130366;-106.346771' name='geo.position'/>
    <meta content='FR' name='geo.region'/>
    <meta content='46.227638;2.213749' name='geo.position'/>
  4. Simpan

Anda bisa mengganti kode negara seperti ID, US, atau GB dan jangan lupa juga ganti GEO position suatu negara. Atau jika tidak ingin repot Anda tidak perlu mengganti meta tag di atas karena meta tag di atas sudah mencakuo beberapa negara. Setelah Anda menentukan target negara, Anda bisa memantau pengunjung yang menyukai artikel blog Anda dengan menggunakan Google Analytics, jika Anda belum mendaftarkan blog Anda ke Google Analytics Anda bisa membaca artikel tentang cara daftar Google Analystics dan cara memasangnya di blog.

Mungkin itu dulu artikel kali ini tentang cara menentukan target negara pengunjung blog. Jika Anda mempunyai saran atau masukan Anda bisa mengirimnya melalui kolom komentar yang sudah disediakan. Semoga Bermanfaat :)

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-