Rabu, 31 Januari 2018

Cara Mudah Menghilangkan Iklan di Hp Android

Tags

Rafsablog.id - Halo pembaca setia rafsablog, kali ini rafsablog akan berbagi tutorial tentang cara menghilangkan klan di hp android. Dari beberapa pengalaman saya dulu, saya pernah mengalami hal seperti ini, yakni android yang sedang saya pakai setiap saat muncul iklan terus-menerus saat saya masih suka bermain game yang download apk dari berbagai situs.

Iklan yang terdapat pada aplikasi bertujuan untuk menambah penghasilan bagi pengembangnya, tapi tak jarang terdapat aplikasi yang di modif atau di desain ulang dan disisipi script iklan bukan asli dari pengembangnya, alhasil aplikasi yang di modif dan ditambahkan script iklan tersebut menjadi keterlaluan karena setiap saat muncul iklan terus-menerus yang sangat mengganggu.
Cara Mudah Menghilangkan Iklan di Hp Android

Cara menghilangkan iklan di android ini berdasarkan pengalaman saya pribadi dan beberapa artikel artikel dari berbagai sumber yang sebelumnya sudah saya baca. Tutorial ini bisa untuk semua merk hp, seperti; Samsung, Xiaomi, Vivo, Oppo, Infinite, Andromax, Advan, dan lain-lain.

Baca juga: Cara Menghapus Watermark Kinemaster dengan Mudah

Dengan munculnya iklan di smartphone android Anda memungkinkan juga kuota data yang terpakai semakin banyak karena iklan yang muncul dan berjalan pada smartphone membutuhkan koneksi internet. Jika kita menghilangkan iklan di android otomatis kita juga menghemat kuota data internet.

#1. Menghapus iklan dari aplikasi yang mencurigakan di android tanpa root


Iklan sering muncul pada aplikasi yang secara tidak sengaja di download oleh user atau si pemakai. Biasanya iklan ini muncul pada lockscreen saat kita mengunci android. Dan ketika kita membuka kunci layar maka iklan tersebut sudah terpampang di layar android, jika kita terburu-buru dan tidak berhati-hati maka kita tidak sengaja mengklik iklan tersebut. Tentunya sangat merepotkan sekali bagi pengguna.

Biasanya iklan ini terdapat pada aplikasi yang sudah dimodifikasi dan bisa di unduh secara gratis di internet, aplikasi ini bisa game atau bisa aplikasi lainnya. Ketika aplikasi ini di install setelah kita menghidupkan data maka iklan akan berjalan. Umumnya malware iklan seperti ini yaitu jenis Monkey Test dan Time Service.

Untuk menghilangkan iklan tersebut Anda harus bisa mengenali aplikasi yang Anda curigai. Aplikasi yang memunculkan iklan terus-menerus tersebut bukan dari play store, melainkan aplikasi yang install melalui file APK. Anda bisa melihat di manager aplikasi lalu lihat apakah ada aplikasi yang mencurigakan, jika ada maka Anda harus menghapus aplikasi tersebut.

Baca juga: Cara Update Google Play Store Tanpa Download APK

Jika setelah menghapus aplikasi yang dicurigai dan iklan tetap saja muncul dan Anda bingung aplikasi mana yang mencurigakan lainnya, maka Anda bisa melihat aplikasi yang berjalan saat iklan muncul.

Caranya mudah sekali, ketika iklan muncul pada kunci layar jangan terburu-buru untuk menutupnya, tetapi yang harus Anda lakukan adalah scroll toggle atau notifikasi drawer ke bawah lalu klik pengaturan, setelah masuk pengaturan selanjutnya buka aplikasi untuk melihat aplikasi yang berjalan.

Disitu Anda bisa melihat beberapa aplikasi yang berjalan di android, seperti aplikasi Whatsapp, BBM, dan lain-lain. Aplikasi berjalan karena Anda yang menjalankannya, tapi jika terdapat aplikasi yang tidak Anda jalankan, kemungkinan iklan bersumber dari aplikasi tersebut, maka Anda harus segera menghapusnya.

#2. Menghilangkan iklan dengan aplikasi tambahan (Rooted)


Untuk menghilangkan iklan dengan menggunakan aplikasi tambahan ini menggunakan hak akses root, jadi bagi Anda yang memiliki android belum dalam keadaan root maka belum bisa menggunakan aplikasi tambahan ini. Beberapa aplikasi yang diyakini bisa menghilangkan iklan di android di antaranya adalah Adfree Apk, AdBlock Plus, Adblocker, dan lain-lain.

Untuk mengunduh salah satu aplikasi tersebut Anda bisa mengunduhnya di play store. Atau jika Anda ingin menyimpan file APK tersebut yang setiap saat bisa Anda install lagi, Anda bisa download di situs download APK seperti apk4fun, apkmirror, dan situs download apk lainnya.

#3. Menghilangkan iklan saat menjelajah situs


Yang ketiga ini sering terdapat di web/blog, ya tentunya saja untuk mencari pendapatan tambahan. Tapi terkadang ada beberapa situs yang sangat berlebihan memasang iklan di situs mereka yang membuat pengunjung kesal dan tidak mau lagi mengunjungi situsnya.

Bagi Anda yang mengalami hal tersebut Anda bisa menghilang iklan pada situs saat Anda surfing di internet dan cara menggunakan adblock. Adblock saat ini sudah terpasang hampir di semua aplikasi web browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Uc Browser, dan Opera.

Anda bisa menggunakan salah satu aplikasi tersebut saat browsing di internet dan tentunya dengan megaktifkan fitur adblock yang terdapat pada aplikasi browser tersebut. Tapi untuk situs yang iklannya tidak mengganggu mungkin Anda bisa mematikan adblock pada aplikasi browser untuk menghargai seorang blogger yang sudah memberikan informasi atau tutorial yang bermanfaat bagi pengunjung.

Tidak semua situs menggunakan iklan yang mengganggu, seperti Rafsablog ini yang hanya menggunakan iklan yang terpasang pada tata letak dan tidak mengganggu seperti iklan popup dan jenis iklan lainnya. Untuk menghargai penulis Anda bisa mematikan adblock khusus untuk situs Rafsablog agar penulis tetap bisa memberikan artikel yang menarik untuk pengunjung.


#4. Setel ulang pabrik atau reset factory


Menyetel ulang pabrik atau menggunakan reset factory menjadi pilihan terkahir untuk menghilangkan iklan pada android. Karena dengan menyetel ulang bawaan pabrik atau dengen reset factory maka android akan terasa seperti baru lagi.

Bagi yang menyukai custom ROM harus berhati-hati karena pernah terjadi kasus pada android yang muncul iklan terus-menerus dan saat di reset factory masih terdapat iklan yang muncul di kunci layar. Ternyata iklan yang muncul tersebut dari custom ROM yang di pasang di android, sehingga dengan terpaksa harus mengganti ROM yang lain.

Mungkin itu dulu artikel kali ini tentang cara mudah menghilangkan iklan di hp android.
Semoga Bermanfaat :)

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Cara Mudah Menghilangkan Iklan di Hp Android. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon