Bill Gates Lunasi Utang Nigeria ke Jepang Rp 950 Miliar

Bill Gates Lunasi Utang Nigeria ke Jepang Rp 950 Miliar

Bill Gates Lunasi Utang Nigeria ke Jepang Rp 950 Miliar
kompas.com

Nigeria memiliki utang 76 juta dollar AS atau setara Rp 950 miliar terhadap Jepang untuk pemberantasan polio. Pinjaman itu tersedia melalui program Overseas Development Assistance (ODA) yang diselenggarakan Pemerintah Jepang pada 2014 lalu, khusus untuk menanggulangi wabah polio di seluruh dunia.

Berkat pinjaman tersebut, Nigeria dinyatakan bersih dari polio pada 2017 lalu. Namun, utang ke Jepang itu bisa dibilang sulit tertebus mengingat Nigeria masuk jajaran negara miskin dengan penduduk miskin terbanyak di dunia.

Pendiri Microsoft, Bill Gates, pun turun tangan melihat kondisi ini. Pria yang aktif dalam kegiatan filantropi itu mengumumkan bakal melunasi utang Nigeria ke Jepang.

Bukan cuma karena Bill Gates dan sang istri Melinda Gates memang senang berderma, tetapi juga karena keduanya peduli dengan isu kesehatan.

Kekayaan mereka pun mendukung untuk misi mulia tersebut. Bill Gates tercatat bertahun-tahun didapuk sebagai orang terkaya di dunia.

Baru akhir 2017 lalu, Bill Gates menempati posisi kedua dengan jumlah kekayaan sekitar 91,8 miliar dolar AS (Rp 1.243 triliun). (Baca juga: Kalahkan Bill Gates, Bos Amazon Jadi Orang Terkaya Dunia 2017)

Polio merupakan salah satu prioritas utama Bill and Melinda Gates Foundation, yakni organisasi filantropis privat terbesar di dunia milik pasangan suami istri tersebut.

Beberapa saat lalu, Bill and Melinda Gates Foundation mengumumkan bakal menambah bantuan sebesar 50 juta dollar AS (Rp 625 miliar) selama tiga tahun berturut-turut untuk pemberantasan polio. Artinya, tiap tahun yayasan tersebut memberikan 450 juta dollar AS (Rp 5,6 triliun) untuk melawan penyakit mematikan.

Lebih kurang sudah tujuh tahun Bill and Melinda Gates Foundation memerangi polio di seluruh dunia. Hasilnya, India yang tadinya  merupakan negara dengan wabah polio terbesar telah bersih dari penyakit tersebut, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (16/1/2017), dari GlobalCitizen.

Setelah Nigeria bebas polio, ada dua negara lainnya yang masih dijuluki sebagai “sarang polio”, yakni Pakistan dan Afghanistan. Peningkatan bantuan dari Bill and Melinda Gates Foundation difokuskan ke sana.

“Beberapa orang, terutama belakangan ini, berpikir bahwa dunia semakin buruk. Progres pada polio menjadi pengingat bahwa sesama manusia bisa mencapai sesuatu ketika bahu-membahu,” kata Bill Gates.

“Membantu negara-negara lain melawan kemiskinan dan penyakit membuat dunia lebih stabil dan orang-orang Amerika lebih aman di mana pun,” ia menambahkan.

Upaya pemberantasan polio tak hanya membantu mengeliminasi penyakit di banyak negara, tetapi juga mendorong sistem kesehatan yang lebih baik dan meningkatkan respons untuk krisis penyakit global lainnya semacam ebola dan zika.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-