Cara Cek Keaslian Artikel Dengan Copyscape dan Plagiarisme Checker

Saya akan berbagi tutorial tentang Cara Cek Keaslian Artikel Dengan Copyscape dan Plagiarisme Checker. Semakin lama semakin banyak orang yang ingin menjadi blogger, menjadi blogger sudah tidak asing lagi untuk sebagian orang dan banyak juga blogger pemula yang ingin mempublish artikel secara instan tanpa repot yang jadinya hanya main copy-paste dari blog orang lain.

Ngeblog adalah aktifitas para blogger, dan artikel yang di buat memperlihatkan hasil karya tulisan tangan para blogger. Bagi blogger seni adalah artikel. Memang benar, Content is King. Konten adalah raja. Jika ingin menjadi blogger sukses perbaiki dulu setiap konten dari blog kita. Jika konten yang di berikan bisa memikat pengunjung, alhasil pengunjung tersebut akan merasa nyaman dan betah berlama-lama di blog kita.
Cara Cek Keaslian Artikel Dengan Copyscape dan Plagiarisme Checker

Artikel yang bagus adalah artikel asli dan tanpa copy paste. Tapi ada juga bloger yang nggak mau repot dengan menulis artikelnya hanya dengan meng-copy dari artikel orang lain, lebih parahnya lagi bloger pemula biasanya tidak mencantumkan sumber artikel aslinya. Mungkin menurut dia dengan mencantumkan sumber artikel aslinya adalah hal yang tidak penting, padahal itu kesalahan besar.

Jika kita meng-copy artikel orang lain dan tidak mencantumkan sumber artikel aslinya itu adalah melanggar kode etik seorang bloger. Jika pemilik artikel asli mengetahui hal tersebut bisa saja blog pelaku di laporkan ke DMCA dan beberapa saat kemudian blog tersebut tidak bisa di cari di mesin pencari, atau biasa disebut dengan diendex.

Dengan copyscape ini, sobat bisa mengetehui blog mana yang mengopy-paste artikel dari blog sobat. Copyscape ini cara kerjanya mencari suatu kata yang sama persis dengan artikel sobat. Copyscape adalah sebuah tool yang berfungsi untuk mengecek artikel tersebut adalah plagiat atau tidak.

Di artikel ini saya akan membagikan tutorial khususnya kepada teman sesama bloger untuk melakukan cek keaslian artikel, dan tool yang digunakan ialah Copyscape dan Plagiarism Checker, toolnya gratis kok. *hehe :D

Mungkin blogger yang sudah lama dan bisa di bilang master sudah tau ini, tapi mungkin juga tidak sedikit orang belum mengerti, alangkah baiknya jika sata tulis di blog pribadi saya ini :)

Cara Cek Keaslian Artikel dengan Copyscape

  1. Pertama Anda buka terlebih dahulu situs copyscape.com.
  2. Kemudian di kolom pencarian, taruh link/url artikel blog Anda yang ingin di cek artikelnya.
  3. Jika sudah, lalu tekan Enter atau klik Go.
  4. Jika yang terlihat hasilnya adalah No Result, maka bisa di pastikan jika artikel yang berada di blog Anda adalah aman.

Cara Cek Keaslian Artikel dengan Plagiarism Checker

  1. Buka situs untuk cek plagiat kata dengan tool Plagiarism Checker, yaitu di https://smallseotools.com/plagiarism-checker/
  2. Kemudian setelah Anda berhasil menyenyelesaikan artikel yang Anda tulis, lalu copy semua artikel dan paste di kolom artikel yang sudah disediakan, maksimal 1000 kata. Jika artikel lebih dari 1000 kata, Anda bisa membaginya dalam beberapa sesi.
  3. Setelah artikel di paste, selanjutnya klik tombol Check Plagiarism.
  4. Kemudian tunggu hingga proses pengecekan artikel selesai, dan Anda bisa melihat hasilnya.

Jika ada kata dalam artikel yang menyerupai atau sama dengan artikel orang lain, maka akan ada warna merah sebagai tanda bahwa kalimat tersebut sama dengan dengan orang lain. Anda bisa meng-klik yang ditandai warna merah untuk melihat kalimat yang sama dengan orang lain di Google.

Jika artikel yang Anda tulis semuanya tidak sama atau menyerupai dengan orang lain, maka semua kalimat akan berwarna hijau dan terdapat tulisan 100% Unique yang artinya semua kalimat di dalam artikel adalah unik dan tidak sama dengan artikel orang lain di internet.

Perbedaan Copyscape denga Plagiarism Checker

Meskipun sama-sama adalah tool untuk melakukan pengecekan artikel, namun kedua tool tersebut berbeda. Copyscape digunakan untuk artikel yang telah selesai di posting atau dipublikasikan, Copyscape melakukan pengecekan melalui link artikel. Sedangkan Plagiarism Checker adalah tool yang digunakan untuk pengecekan kata atau kalimat sebelum artikel di publikasikan.

Semoga dengan cara ini blogger di Indonesia jadi lebih sadar diri :)
Dan jadi bisa menghargai karya orang lain :)

Mungkin itu saja sob artikel tentag Cara Cek Keaslian Artikel Dengan Copyscape
Semoga Bermanfaat :)
komentar