Selasa, 07 November 2017

Cara Riset Keyword dan Optimasi SEO Onpage Untuk Pemula

Tags

Rafsablog.id - Halo pembaca setia rafsablog, kali ini rafsablog akan berbagi tutorial tentang cara riset keyword dan optimasi SEO onpage untuk pemula. Berawal dari teman saya yang bertanya kepada saya di sosial media, bagaimana cara riset keyword? dan bagaimana cara optimasi SEO onpage agar postingan kita bisa nangkring di google? Itulah sebabnya saya membuat artikel ini.

Sebenarnya saya juga masih sangat awam dalam bidang SEO. Tapi entah kenapa, jika ada yang menanyakan seperti itu rasanya seperti ingin sekali memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut dengan sedikit ilmu yang saya miliki. Kalau menurut artikel yang saya baca, SEO onpage itu salah satu dari 200+ faktor yang mempengaruhi meningkatnya page rank. Semakin baik baik dalam mengelola dan optimasi SEO onpage, maka semakin besar pula kemungkinan blog Anda masuk Page One SERP.

Yang pertama saya akan membahas tentang bagaimana cara riset keyword bagi pemula. Riset keyword ini di perlukan agar Anda mendapatkan ide yang akan diduat menjadi sebuah artikel. Dan dengan riset keyword ini Anda juga bisa melihat seberapa banyak kata kunci yang di cari orang setiap bulannya dan jumlah CPC keyword tersebut. Riset keyword ini sangat di perlukan untuk menunjung Optimasi SEO yang nantinya akan Anda buat sebuah artikel.

Cara Riset Keyword dan Optimasi SEO Onpage Untuk Pemula


Cara Riset Keyword Untuk Pemula

Ada banyak tool yang bisa digunakan untuk melakukan aktifitas riet keyword ini, tetapi saya disini akan menggunakan Ubersuggest dan Keywords Everywhere. Sebelum melakukan riset keyword, Anda harus memasang addons pada web browser Anda. berikut langkah-langkah cara memasang addons.

Cara memasang addons pada web browser
Disini rafsablog menggunakan browser google chrome, sementara keyword everywhere hanya menyediakan toolnya untuk dua browser yaitu google chrome dan mozilla firefox. Dan berikut langkah-langkah memasang addons keyword everywhere di browser.

Langkah 1: Pertama Anda buka terlebih dahulu situs keywordseverywhere.com menggunakan web browser kesayangan Anda.

Langkah 2: Jika Anda menggunakan Chrome Anda klik Install For Chrome. Dan jika Anda menggunakan Firefox Anda klik Install For Firefox.

Langkah 3: Pasang extension/addons seperti biasa, kemudian jika sudah berhasil terpasang akan muncul icon dengan logo huruf "K" di sebelah pejok kanan atas.

Langkah 4: Secara otomatis nanti akan muncul tab baru untuk mendapatkan API dengan memasukkan email, atau Anda bisa klik keywordseverywhere.com/first-install-addon.html kemudian masukkan email Anda, lalu klik Email me API Key.

Langkah 5: Buka email Anda dan nanti ada email masuk dari "Akash Mansukhani", lalu buka email tersebut dan klik API Key Here.

Langkah 6: Secara otomatis Anda akan di arahkan ke halaman API Key, lalu Copy API Key dan masukkan ke dalam keyword everuwhere dengan cara klik icon "K" yang berada di pejok kanan atas. Kemudian klik Update Settings.

Langkah 7: Kemudian Masukkan API Key ke dalam Kolom yang sudah di sediakan. Lalu klik Validate.

Itu tadi baru langkah cara memasang keyword everywhere sebagai bagian dari tool riset keyword. Selanjutnya adalah cara riset keyword menggunakan ubersuggest. Berikut langkah-langkahnya.

Cara riset keyword menggunakan ubersuggest
Sekarang mulai riset keyword, saya menggunakan ubersuggest dan keyword everywhere sebagai tool untuk riset keyword, dan berikut langkah-langkahnya.

Langkah 1: Yang pertama adalah buka terlebih dahulu situs ubersuggest.io

Langkah 2: Masukkan kata kunci atau keyword ke dalam kolom yang sudah disediakan, kemudian pilih bahasa Indonesia, lalu klik Suggest.

Langkah 3: Tunggu proses sampai selesai, nanti akan muncul list keyword yang sering di ketik di mesin pencari. Contoh saya mengetikkan keyword "cara mengaktifkan" nanti akan muncul turunan dari keyword tersebut. Kira-kira seperti gambar di bawah ini.
cara riset keyword untuk pemula

cara riset keyword untuk pemula


Langkah 4: Langkah selanjutnya adalah dengan menganalisis kumpulan keyword tersebut. Klik tombol View as text. Lalu copy semua keyword tersebut (CTRL+A dan CTRL+C). Kemudian buka keyword everywhere dengan cara klik icon yang berada pada pejok kanan atas. Lalu klik Bulk upload keywords.

Langkah 5: Pastekan keyword yang tadi sudah di copy semuanya ke dalam kolom yang sudah di sediakan. Kemudian klik Get Search Volume and CPC. Nati hasilnya kira-kira seperti gambar di bawah ini.
cara riset keyword untuk pemula dan optimasi seo on page

Langkah 6: Lalu selanjutnya list keyword tersebut kita simpan, agar bisa kita seleksi menggunakan excel maka kita klik tombol Excel.

Kemudian file excel tersebut bisa Anda buka dan Anda seleksi jumlah pencarian terbanyak dan jumlah CPCnya. Untuk melihat competitor Anda bisa copy salah satu keyword dan paste di google. Kemudian lihat web/blog competitor Anda. Untuk mengetahui persaingan keyword antara Anda dengan competitor, mungkin saya bahas di lain waktu.

Cara Optimasi SEO Onpage Untuk Pemula

Sekarang lanjut ke tahap optimasi SEO onpage. Saya anggap disini Anda sudah menemukan keyword yang tepat yang nantinya bisa Anda buat menjadi sebuah artikel. Berikut langkah-langkah optimasi SEO onpage untuk pemula.

Inilah beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam melakukan optimasi SEO onpage pada artikel blog Anda.
  1. Judul artikel
  2. Keyword di paragraf pertama, tengah artikel, dan akhir paragraf.
  3. Attribut alt pada gambar.
  4. Subheading pada artikel.
  5. Label sebagai pengkategorikan.
  6. Tautan permanen khsus.
  7. Deskripsi Penelusuran.
  8. Dan tentunya dengan artikel yang berbobot dan berkualitas.

1. Judul artikel
Mulai dari yang pertama yaitu judul artikel. Judul artikel mempengaruhi pencarian di mesin pencari. Masukkan keyword kedalam judul artikel. Keyword jangan di pisah-pisah, di tambahkan kata lainnya boleh tetapi jangan sampai ada satu kata dalam keyword yang dihapus. Saya membaca di blog strukturkode (blog belajar saya tentang SEO), penempatan keyword di awal judul itu lebih baik daripada ditempatkan di tengah judul ataupun di akhir judul.

2. Keyword di paragraf pertama, tengah artikel, dan akhir paragraf.
Tips ini saya dapatkan dari salah satu member yang memposting di grup sosial media facebook. Beliau mengatakan bahwa keyword yang di letakkan di awal paragraf itu juga mendukung SEO onpage. Akhirnya saya mencoba menerapkan tips tersebut di setiap artikel yang saya publikasikan. Hasilnya terbilang lumayan cukup memuaskan bagi saya.

3. Attribut alt pada gambar
Yang ini menurut saya wajib. Dulu sebelum saya mengerti SEO saya tidak tahu maksud kolom alt yang disediakan saat insert gambar. Akhirnya saya mencari tahu fungsi tag alt tersebut sampai saya menemukan sebuah artikel yang membahas tentang SEO, tetapi saya lupa dengan nama blognya yang dulu pernah saya kunjungi. Masukkan keyword ke dalam tag alt pada gambar. Caranya mudah, Pertama Anda insert gambar terlebih dahulu, kemudian Anda klik kanan pada gambar tersebut lalu klik Properties. Kemudian masukkan keyword ke dalam kolom alt dan title. Ini juga berguna jika suatu saat ada yang menemukan blog Anda melalui google images.

4. Subheading pada artikel
Dengan memasukkan keyword sebagai Subheading atau bisa dikatakan sebagai subjudul dari sebuah artikel ini berguna untuk optimasi SEO onpage pada artikel blog Anda. Saya tidak sengaja menemukan tips ini dari salah satu member di grup SEKTE KARUNGAN di facebook. member tersebut mengatakan jika menambahkan subheading pada sebuah artikel bisa memperkuat keyword yang di incarnya.

Baca juga: Cara Cepat Agar Artikel/Postingan Terindex Google

5. Label sebagai pengkategorikan
Sebenarnya label ini untuk merapikan artikel yang ada di blog, atau dikatakan sebagai pengkategorikan artikel. tetapi label ini juga membantu proses pengindexan di mesin pencari. Sebaiknya gunakan label yang cocok untuk artikel yang Anda buat.

6. Tautan permanen khusus
Tautan permanen khusus ini berfungsi untuk mesin pencari agar memudahkan pencarian blog Anda dengan keyword yang dicari di mesin pencari. Untuk defaultnya pada tautan permanen menggunakan tautan permanen otomatis dimana secara otomatis tautan atau link url pada blog Anda tersusun seperti judul artikel. Tetapi biasanya tautan permanen otomatis ini hanya bisa menginput beberapa karaktar atau kata saja dari judul artikel. Tidak sepenuhnya bisa di input pada tautan permanen otomatis ini.

Seperti ini:
Judul: Cara Riset Keyword dan Optimasi SEO Onpage Untuk Pemula
Tutan permanen otomatis: http://www.rafsablog.id/2017/11/cara-riset-keyword-dan-optimasi-seo.html

Dari contoh di atas kita tahu bahwa tautan permanen otomatis hanya bisa menginput kata sampai "Cara Riset Keyword dan Optimasi SEO" dan tidak bisa kita custom atau kita ubah sesuai keinginan pada urlnya.

Dan menurut saya menggunakan tautan permanen otomatis kurang mengarah ke SEO. Jadi solusinya Anda bisa menggunakan tautan permanen khusus agar keyword yang Anda masukkan bisa di sesuaikan. Caranya mudah sekali, Anda klik Tautan permanen lalu pilih option Tautan Permanen Khusus, kemudian Anda susun keyword yang Anda inginkan, lalu klik Selesai.

Contoh:
Judul: Cara Riset Keyword dan Optimasi SEO Onpage Untuk Pemula
Tutan permanen khusus: http://www.rafsablog.id/2017/11/riset-keyword-dan-optimasi-seo-onpage.html

7. Deskripsi penelusuran
Pada deskripsi penelusuran isi dengan judul artikel Anda, dan Anda bisa menambahkan kata lainnya yang masih sehubungan dengan keyword yang Anda incar. Tetapi Anda harus tau, untuk panjang deskripsi ini setidaknya 156 kata dan tidak boleh lebih dari itu. Dekripsi penelusuran ini berfungsi ketika ada seseorang yang membagikan artikel Anda di sosial media maka deskripsi tersebut berada di bawah judul artikel, dan menjadi pilihan kedua setelah judul ketika seseorang mencari di mesin pencari. Maka dari itu masukkan deskripsi unik yang masih sehubungan dengan keyword Anda.

Cara memasukkan deskripsi penelusuran ini mudah sekali, Anda tinggal klik Deskripsi Penelusuran yang berada di sebelah kiri atau sidebar, setelah deskripsi dimasukan lalu klik Selesai. Bagaimana jika bagian Deskripsi Penelusuran tidak ada? Cara menampilkannya cukup mudah, pertama masuk Dashboard blogger > Setelan > Preferensi penelusuran > pada bagian Deskripsi klik edit > pilih Ya dan klik Simpan Perubahan.

8. Artikel yang berbobot dan berkualitas
Yang terakhir ini Anda pasti sudah mengetahuinya. Tapi bagaimana jika Anda masih belum memahami yang namanya artikel berbobot dan berkualitas? Tenang Rafsablog disini akan sedikit menyimpulkannya.

Artikel yang berbobot dan berkualitas itu artikel yang tidak bertele-tele, maksudnya tidak bertele-tele disini artikel yang fokus membahas tentang materi yang diberikan, selain itu artikel tersebut juga menjelaskan tentang detil materi yang diberikan. Dan artikel yang berkualitas itu sangat memperhatikan setiap kata dan jumlah kata dalam sebuah artikel.

--

Itulah sedikit tentang materi SEO onpage yang saya berikan, ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi SEO, rafsablog disini hanya menjelaskan segelintir saja, jika materinya kurang Anda bisa mencari artikel lainnya di google atau mesin pencari kesayangan Anda. Selain itu, mengaktifkan robot.txt juga perlu dilakukan untuk mendukung blog agar menjadi SEO. Untuk mengaktifkan robot.txt Anda bisa membaca artikel tentang Cara Mengaktifkan dan Setting Robot.txt di Blog dengan Benar.

Mungkin itu dulu artikel kali ini tentang cara riset keyword dan optimasi SEO onpage untuk pemula.
Semoga Bermanfaat :)

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Cara Riset Keyword dan Optimasi SEO Onpage Untuk Pemula. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon