Jumat, 12 Mei 2017

Manfaat dan Pentingnya Domain .ID

Tags

Manfaat dan pentingnya domain .id
Rafsablog.id - Halo pembaca setia rafsablog, kali ini saya akan membahas tentang manfaat dan pentingnya domain .id. Nama domain adalah brand, dan sebagai brand yang baik harus mempunyai keunikan tersendiri biar menarik banyak orang atau pengunjung. Ohh iya rafsablog ganti domain .id pada tanggal 7 mei kemarin lho. Sebelumnya rafsablog menggunakan domain .com lalu ganti domain menjadi .id.

Tag
Manfaat Domain .ID
Pentingnya Domain .ID
Manfaat dan Pentingnya Domain .ID

Kenapa rafsablog ganti domain .id?
Setiap ekstensi domain ada artinya sendiri-sendiri sob. Ekstensi ID adalah domain berkategori ccTLD yaitu Country Code Top-Level Domain, yang artinya adalah kode domain negara. Setiap negara punya kode domain sendiri-sendiri sob. Kalau Indonesia domainnya berakhiran .id, seperti; .web.id, .my.id, .id, .sch.id, .ac.id, .mil.id, .go.id.

Alasan saya mengganti domain .id karena saya ingin mengenalkan kepada dunia kalau blog saya adalah blog dari negara Indonesia. Dan alasan lainnya saya masukan kedalam Manfaat dan pentingnya domain .id dibawah.

Manfaat dan pentingnya domain .id
Manfaat dan pentingnya domain .id itu banyak sob..

1. Yang pertama, lebih mudah di cari pengguna internet Indonesia
Memang benar, karena domain ID mengidentitaskan bahwa blog tersebut adalah blog dari negara Indonesia. Dengan kata kunci bahasa indonesia, otomatis google indonesia merujukan ke blog atau web yang domain .id terlebih dahulu, tetapi itu tergantung konten juga sih.

2. Meningkatkan kredibilitas
Dalam pendaftaran domain .id, sebelumnya diminta untuk mengirim minimal scan KTP untuk blog pribada saja. Dan ada syarat tambahan untuk web sekolah, universitas, Dll. Maka dari itu, domain .id keamanannya tidak main-main,  dan itu meningkatkan kepercayaan dari pengunjung yang mengunjungi blog yang berdomain .id.

3. Cocok untuk bermain SEO
Yang main SEO cocok sekali menggunakan domain .id untuk blog dengan target lokal, atau negara Indonesia. Hal itu sudah di buktikan oleh pihak PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia). Dan blogger terkenal seperti mas sugeng juga menggunakan domain .id untuk blognya sugeng.id.

4. Menghindari Penipuan
Sudah saya jelaskan di atas di nomor 2. Saat mendaftarkan domain .id minimal adalah mengirim scan KTP. Jadi jika blog yang ternyata ada unsur penipuan kita bisa melaporkannya ke pihak PANDI. Jadi PANDI bisa mengurusnya lebih lanjut. Tapi kemungkinan tidak ada blog penipu yang menggunakan domain .id karena bisa tercyduk wkwk.

5. Domain baik di mata google
Google dengan mudah mengenali Country Code Top-Level Domain, dan server google juga terdapat di banyak penjuru dunia termasuk Indonesia. Jadi ketika kita mengetik keyword dengan bahasa Indonesia, tidak menutup kemungkin blog yang berdomain .id masuk ke dalam daftar page one google.

6. Bisa mengamankan sebuah brand
Dengan domain .id sobat bisa mendaftarkan brand tersebut di internet. Syaratnya adalah minimal dengan mengirim scan KTP untuk blog pribadi. Dan otomatis brand sobat sudah terdaftar oleh PANDI di internet. Jadi jika ada orang lain yang ingin membuat brand yang sama seperti nama brand sobat, pasti akan berpikir dua kali. Tetapi jika serius untuk brand, saya sangat menyarankan tetap mendaftarkannya ka departemen hukum dan HAM, agar tercatat secara hukum.

7. Melipat gandakan keuntungan
Photo from: Pendaftaranmerekdagang.com

Bagi pemilik produk, merk atau brand sangatlah berarti. Dengan adanya brand, produk jadi semakin tinggi jualnya, bisa berkali-kali lipat dari produk yang tanpa menggunakn merk atau brand. Ketika konsumen sudah bangga dengan brand dari produsen dan menjadi konsumen loyal, disitulah keberhasilan produsen.

8. Akses yang lebih cepat
Server dari domain .id adalah di indonesia sendiri, jadi jika ada pengguna internet dari Indonesia yang mengakses blog yang berdomain .id akan jauh lebih mudah dan cepat.

9. Menunjukkan rasa cinta terhadap Indonesia
Jelas saja, domain .id hanya bisa di daftarkan oleh orang yang berkewarga negaraan Indonesia. Hal ini juga bisa memperkenalkan kepada dunia bahwa Indonesia juga punya domain sendiri. Dengan sobat menggunakan domain id ini, memperlihatkan bahwa sobat bangga terhadap Indonesia. Selain itu juga membantu Indonesia menjadi lebih baik dimata dunia.

Mungkin itu saja sob tentang Manfaat dan Pentingnya Domain .ID.
ID Identitas kita.
Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Manfaat dan Pentingnya Domain .ID. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

13 komentar

wahh nice gan. up :)
mampir ya keblog ane www.aridailylife.blogspot.com

Baru tau kalo .id lebih cepet, tapi emang bener sih barusan dicoba cepet munculnya :v

Min mau tanya nih, .id recomanded banget buat website apa? Kalo .sch biasanya school/sekolah kalo .id biasanya digunakan untuk web apa ya?

Thanks min~

.id biasanya untuk blog personal atau blog pribadi, bisa juga untuk dijadikan nama dalam sebuah brand usaha :)

mantap bro bisa dicoba nih

makasih infonya

Kalau .net gimana bang ?

Wah.. Bermanfaat sekali sama saya gan :D

Bagus2 kak isi blog nya . Mantab banget

.net itu artinya network atau networking, biasanya untuk forum online atau layanan yang berhubungan dengan domain, hosting, jaringan dan dunia IT.

makasih ^_^
dan makasih sudah mampir di blog saya :)

kapan-kapan ganti domain .id ah ^^

Beli domain id yang murah dimana ya gan

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon