Pengertian Perangkat Keras Komputer Beserta Contohnya

Pengertian Perangkat Keras Komputer Beserta Contohnya

Halo kembali lagi di Rafsablog.id, kali ini admin akan membahas tentang pengertian perangkat keras komputer beserta contohnya. Dulu sebelum adanya komputer, orang membuat naskah atau dokumen masih menggunakan mesin ketik manual dan tentunya mengetik dengan masin ketik manual mempunyai kekurangan yakni ketika terdapat kesalahan dalam pengetikan maka tidak bisa dihapus atau dikembalikan seperti komputer saat ini yang bisa mengembalikan dengan hanya mengetikkan CTRL+Z untuk proses Undo.

Seiring perkembangan zaman yang semakin maju, dan komputer mulai diciptakan untuk keperluan manusia agar memudahkan pekerjaannya. Hingga saat ini terdapat teknologi-teknologi modern yang dapat membantu aktivitas manusia agar beban aktivitas menjadi lebih ringan. Sekarang jika kita ingin menulis sebuah dokumen seperti makalah dan lain-lain kita bisa menggunakan komputer, tidak hanya itu, dengan genggaman tangan seperti Smartphone kita bisa membuat dokumen dengan aplikasi pengolah kata yang sudah disediakan pada situs layanan milik pengembang sistem operasinya.
Pengertian Perangkat Keras Komputer Beserta Contohnya

Dengan menggunakan perangkat komputer, kita bisa menuliskan sesuatu berbasis digital dengan aplikasi pengolah kata yang sangat menguntungkan kita, karena ketika terdapat kesalahan dalam penulisan maka langsung bisa diperbaiki. Tidak hanya bisa menulis dokumen seperti makalah, novel, skripsi, dan ataupun yang lainnya, dengan komputer kita bisa membuat animasi, menghitung nilai yang sangat cepat dengan algoritma yang canggih, berseluncur di internet, terhubung dengan orang lain, dan masih banyak lagi.

Pengertian Komputer


Dengan membaca segelintir kata di atas, Anda mungkin sudah mengetahui apa pengertian komputer, jadi pengertian komputer adalah suatu perangkat keras yang berfungsi untuk mengolah dan memproses data agar dapat memudahkan pekerjaan manusia. Ya memang benar, inti dari sebuah meisn komputer adalah untuk mengolah dan memproses data, seperti pengolah kata dan pengolah angka. Namun dengan majunya teknolgi komputer saat ini dapat mengolah grafis dan audio, tentunya fungsi tersebut agar dapat memudahkan pekerjaan manusia.

Jika di atas tadi kita sudah membahas tentang pengertian komputer, sekarang kita akan membahas tentang contoh perangkat keras komputer. Dibalik canggihnya mesin komputer, terdapat perangkat keras untuk mendukung kinerja komputer agar komputer dapat berjalan dengan optimal. Perangkat keras komputer dibagi dalam 4 kategori, yaitu Input, Output, Storage, dan Processing. Apa saja contoh perangkat yang dapat mendukung kinerja komputer tersebut? Masri baca artikel ini sampai selesai.

Baca juga: 6 Sistem Operasi (OS) Android Terbaik Untuk PC/Laptop

Contoh Perangkat Keras (Input) Komputer


Mouse
Mouse adalah bahasa Inggris dan jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia maka artinya adalah tikus. Namun berbeda jika kita sudah membahas tentang komputer, Mouse adalah salah satu perangkat perangkat keras komputer yang memiliki fungsi untuk menggerakan cursor atau pointer yang berada di layar desktop monitor. Dengan mouses kita menjadi lebih mudah untuk mengatur komputer seperti membuka aplikasi, copy dan paste, dan masih banyak lagi.
Pengertian Perangkat Keras Komputer Beserta Contohnya

Joystick
Joystick hampir mirip dengan mouse, bedanya adalah joystick ini biasanya digunakan untuk bermain game pada komputer. Joystick termasuk ke dalam perangkat keras Input komputer karena sifatnya yang dapat mengatur arah gerak pada komputer. Jika saat bermain game kita kurang nyaman menggunkan mouse, kita bisa menggunakan joystick untuk mengendalikan kontrol pada game yang kita mainkan.
Pengertian Perangkat Keras Komputer Beserta Contohnya


Keyboard
Seperti namanya, keyboard jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah papan ketik. Fungsi keyboard adalah untuk mengetik atau memasukkan kata seperti huruf, angka, dan karakter. Selain itu Keyboard juga mempunyai fungsi untuk memberikan perintah dengan menekan tombol kombinasi pada keyboard yang nantinya akan diproses oleh sistem komputer. Selain copy dan paste menggunakan mouse, kita juga bisa melakukannya dengan keyboard. Dan masih banyak lagi kombinasi tombol keyboard yang mempunyai banyak fungsi.
Pengertian Perangkat Keras Komputer Beserta Contohnya

Printer
Untuk mencetak file ke dalam bentuk nyata seperti kertas, kita harus menggunakan yang namanya printer. Printer ini berfungsi untuk mencetak file ke dalam bentuk fisik. Terdapat ukuran baku pada untuk mencetak file, seperti A4, A3, F4, dan lain-lain. Printer ini juga bagian penting dalam komputer, karena printer sangat di butuhkan untuk mencetak dokumen, printer ini biasanya dipakai di kantor, sekolahan, yayasan, ataupun perorangan.
Pengertian Perangkat Keras Komputer Beserta Contohnya

Contoh Perangkat Keras (Output) Komputer


Monitor
Monitor memiliki fungsi untuk menampilkan kata, foto/gambar, dan video di layar komputer. Monitor menjadi salah satu perangkat keras yang sangat penting, karena dengan monitor, kita bisa melihat aktivitas pada komputer, dan monitor inilah yang menjadi perantara antara mesin komputer dengan kita, tanpa monitor kita tidak bisa melihat aktivitas pada komputer, kita tidak bisa membuka aplikasi yang berada pada komputer yang akhirnya menjadi kendala pada pekerjaan kita.
Pengertian Perangkat Keras Komputer Beserta Contohnya

Speaker
Speaker adalah perangkat keras yang berungsi untuk mengeluarkan suara atau audio, jika kita memutar lagu atau menonton film di komputer, speaker inilah yang berfungsi untuk mengeluarkan audio yang dapat diterima oleh telinga kita, dengan adanya speaker ketika kita menonton film atau bermain game maka akan menjadi lebih seru dan hidup. Namun speaker bukan menjadi perangkat keras yang wajib ada, karena tanpa speaker kita masih bisa menggunakan komputer, speaker ini hanya optional saja untuk mendengarkan musik, menonton film, atau bermain game.
Pengertian Perangkat Keras Komputer Beserta Contohnya

Scanner
Scanner ini hampir mirip seperti mesin Photo Copy atau orang Indonesia menyebutnya foto copy atau yang lainnya namun fungsinya sama. Kenapa hampir sama seperti mesin Foto copy? Karena Scanner ini mempunyai fungsi untuk meng-scan atau memasukkan foto tulisan atau gambar ke dalam komputer, cara menggunakannya cukup mudah, kita hanya tinggal memasukkan kertas atau benda lainnya ke dalam mesin scanner, lalu mesin tersebut akan mengolah dan yang nantinya akan di proses hingga menjadi bentuk foto.
Pengertian Perangkat Keras Komputer Beserta Contohnya

Contoh Perangkat Keras (Storage) Komputer


Harddisk
Harddisk adalah salah perangkat keras penyimpanan di komputer, harddisk termasuk perangkat keras storage dengan kategori nonremovable, yang artinya harddisk tersebut tidak bisa dilepas kecuali harus membongkar casing komputer. Dulu ukuran penyimpanan harddisk ini tidak terlalu besar, hanya berkisar ratusan GB (Gigabyte) saja. Namun seiring perkembangan zaman, harddisk ini sudah menginjak ukuran TB atau Terabyte.
Pengertian Perangkat Keras Komputer Beserta Contohnya

Harddisk Portable
Harddisk portable ini hampir sama seperti harddisk pada umumnya, namun bedanya adalah harddisk portable ini termasuk dalam kategori removable, yang artinya harddisk portable ini bisa dilepas dan dibawa kemana-mana, dan biasanya harddisk portable mempunyai ukuran yang lebih besar. Dan harddisk portable atau harddisk eksternal juga sudah lebih maju karena sudah tidak memakai kepingan di dalamnya, tetapi memakai SSD yang peformanya lebih maju.
Pengertian Perangkat Keras Komputer Beserta Contohnya


RAM
RAM kepanjangan dari Random Access Memory, fungsi dari RAM itu sendiri adalah untuk sebagai tempat penyimpanan sementara pada komputer. Tidak seperti harddisk, jika harddisk untuk menyimpan secara permanen saat komputer menyala maupun tidak, dan RAM akan menyimpan sementara saat komputer masih hidup saja, RAM ini juga termasuk kategori penyimpanan nonremovable.
Pengertian Perangkat Keras Komputer Beserta Contohnya

ROM
ROM adalah kepanjangan dari Read Only Memory, yang artinya hanya membaca saja. ROM ini juga termasuk dalam kategori nonremovable. ROM berfungsi untuk menyimpan data pada komputer yang diisi langsung oleh vendor, biasanya diisi dengan firmware. ROM digunakan untuk menyimpan data bawaan perangkat motherboard, ROM biasanya dalam bentuk IC dan dan tidak mudah, lalu contoh ROM adalah ROM BIOS.
Pengertian Perangkat Keras Komputer Beserta Contohnya

Flashdisk/Flashdrive
Flashdisk hampir sama seperti Harddisk portable, yang membedakannya adalah flashdisk ini ukurannya lebih kecil, dan untuk menyimpan data, flashdik menggunakan chip yang ukurannya kecil. Maka dari itu flashdisk mempunyai ukuran kapasitas penyimpanan yang biasanya lebih kecil. Biasanya orang menyembutnya flashdisk, namun di negara luar biasanya orang menyebutnya dengan flashdrive, lalu apa bedanya flashdisk dan flashdrive? Sebetulnya flashdisk dan flashdrive itu sama, namun orang Indonesia kadanga menyebutnya dengan flashdisk, padahal disk itu sendiri mempunyai arti yaitu cakram, flashdisk berbeda dengan harddisk, flashdisk tidak mempunyai cakram.
Pengertian Perangkat Keras Komputer Beserta Contohnya


CD dan DVD
CD dan DVD adalah dua perangkat yang mempunyai fungsi yang sama, yang membedakan antara keduanya adalah pada ukuran kapasitas penyimpanannya saja. CD hanya mempunyai ukuran penyimpanan sebesar 700MB saja, berbeda dengan DVD yang mempunyai ukuran penyimpanan hingga mencapai 4GB. Untuk mengisi memasukkan file ke dalam CD atau DVD istilahnya adalah burning, kita harus menggunakan perangkat keras yang namanya CD ROM atau DVD ROM dan tentunya juga menggunakan aplikasi untuk burning file pada CD/DVD.
Pengertian Perangkat Keras Komputer Beserta Contohnya

Memory Card
Memory card atau kartu memori adalah sebuah perangkat untuk menyimpan data, biasanya kartu memori ini digunakan untuk Hp atau smartphone. Ukuran kartu memori tidak sebesar harddisk portable yang sampai ratusan GB, kartu memori hanya mencapai beberapa GB saja, kartu memori juga dapat digunakan di komputer namun harus dengan menggunakan Card Reader.
Pengertian Perangkat Keras Komputer Beserta Contohnya


Contoh Perangkat Keras (Processing) Komputer


Processor
Contoh perangkat keras Processing yang paling mudah ditemui adalah processor. Seperti namanya, processor mempuyai fungsi untuk memproses data menggunakan algoritma yang sudah terpasang di dalam processor. Processor adalah bentuk IC yang didesain sedemikian rupa untuk dapat mengontrol pada sistem komputer mengontrol jalannya sistem operasi. Di dalam Processor terdapat 3 bagian penting, bagian tersebut diantaranya:

- ALU (Aritcmatics Logical Unit): Berfungsi untuk melakukan perhitungan dengan aritmatika sesuai perintah atau intruksi program.
- CU (Control Unit): CU ini berfungsi untuk mengontrol jalannya proses input dan output.
- MU (Memory Unit): MU ini sebagai penyimpanan dari Processor untuk menyimpan algoritma sistem, dan mempunyai kecepatan peforma yang tinggi.

Processor tidak bisa berdiri sendiri, agar processor berjalan dengan optimal harus terdapat beberapa komponen seperti Motherboard, RAM, dan Harddisk. Dan tanpa adanya processor, semua perangkat tersebut tidak dapat digunakan karena inti dari komputer itu sendiri adalah Processor atau CPU (Central Processing Unit).
Pengertian Perangkat Keras Komputer Beserta Contohnya

--

Ini contoh yang sering ditanyakan:

Jelaskan apa yang dimaksud dengan processor?
Processor adalah perangkat keras processing yang berfungsi untuk memproses data menggunakan algoritma yang terdapat di dalam processor, processor juga yang mengatur jalannya input dan output.

Apa yang dimaksud dengan RAM?
RAM adalah kepanjangan dari Random Access Memory yang digunakan komputer sebagai tempat penyimpanan sementara.

Jelaskan apa fungsi RAM?
Fungsi RAM adalah untuk menyimpan data sementara, ketika komputer restart atau mati penyimpanan akan kembali seperti semula.

CPU singkatan dari?
Kepanjangan dari CPU adalah Central Processing Unit.

Dengan membaca artikel ini, Anda sekarang tahu tentang perangkat keras komputer, pengertian komputer dan contoh-contoh perangkat perangkat komputer. Jika ada saran, masukkan, dan jika ada yang mau ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-