Kamis, 07 September 2017

Cara Menampilkan File yang ke Hidden pada Windows

Menampilkan file yang ke hidden atau membuka file yang ke hidden ini bisa anda lakukan dengan mudah pada sistem operasi windows. Kali ini rafsablog akan berbagi tutorial Cara Menampilkan File yang ke Hidden pada Windows. Cara ini bisa di lakukan mulai dari windows xp, 7, 8, dan versi terbaru saat ini yakni windows 10.

File yang ke hidden ini bisa di sebabkan karena virus atau bisa juga karena faktor kesengajaan. Pernah dulu saya meminjam laptop punya teman untuk sekedar iseng bermain game di dalam laptopnya, saat saya buka-buka saya langsung curiga. Padahal isinya cuma file office seperti word, excel, ppt dan hanya beberapa game saja tetapi kapasitas dalam harddisknya hampir penuh.

Setelah saya mencoba cara menampilkan file yang ke hidden, saya kaget, banyak file yang teman saya hidden atau di sembunyikan. File yang ke hidden bisa disebabkan karena orang tersebut sengaja ingin menyembunyikan file yang penting agar tidak bisa dilihat oleh orang awam.

menampilkan file yang ke hidden, membuka file yang ke hidden, menampilkan file hidden tersembunyi

Jika anda sedang membaca artikel ini, kemungkin 80% anda ingin menampilkan atau membuka file yang ke hidden pada komputer anda sendiri atau punya teman anda, dan 20% anda membaca artikel ini karena dari topiknya saja sudah menarik dan anda ingin tau seperti apa cara menampilkan atau membuka file yang di hidden atau di sembunyikan.

Langkah cara menampilkan file yang ke hidden ini bisa anda lakukan pada windows Xp, windows 7, windows 8, ataupun windows 10. Tapi kali ini rafsablog akan menggunakan cara ini pada windows 7. Oke langsung saja, simak berikut ini.

Cara Menampilkan File yang ke Hidden pada Windows

1. Pertama anda buka terlebih dahulu windows explorer

2. Lalu pada bagian menubar pilih menu Tool, lalu klik Folder options...
menampilkan file yang ke hidden, membuka file yang ke hidden, menampilkan file hidden tersembunyi

3. Setelah itu akan muncul jendela baru Folder options tadi, lalu pilih tab View. Selanjutnya pada bagian "Hidden files and folders" pilih Show hidden files, folders, and drives.
menampilkan file yang ke hidden, membuka file yang ke hidden, menampilkan file hidden tersembunyi

4. Lalu setelah pilih Show hidden files, folders, and drives, kemudian klik Apply dan OK.

5. Selesai

Sekarang anda bisa membuka dan mengetahui file atau folder yang ke hidden. Atau jika anda ingin meyembunyikan file kembali, pada option tadi anda pilih Don't show hidden files, folders or drives dan bisa anda gunakan untuk menyembunyikan file yang menurut anda penting.

Ada cara lain selain lewat windows explorer, yaitu menggunakan CMD. Cara ini biasanya saya gunakan untuk membuka file yang ke hidden di flashdisk. Jika ada yang tidak wajar pada flashdisk anda, anda bisa mencoba cara menampilkan file yang ke hidden ini lewat CMD atau Command Prompt. Caranya bagaimana? Oke langsung saja simak berikut ini,

Cara Menampilkan File yang ke Hidden di flashdisk dengan CMD atau Command Prompt

1. Pertama anda buka terlebih dahulu command promptnya dengan cara menekan tombol "windows+R" lalu ketik "cmd" dan enter, atau bisa lewat "start button > ketik cmd" dan enter.

2. Lalu cari letak drive mana yang ingin di tampilkan semua isi filenya, anggap saja kita akan menampilkan file yang ke hidden pada flashdisk. Jika flashdisk berada pada direktori E maka kita tujukan ke direktori E dengan cara ketik e: pada cmd lalu enter.

3. Setelah berpindah ke direktori E, lalu ketikkan attrib -r -a -s -h *.* /s /d dan enter
menampilkan file yang ke hidden, membuka file yang ke hidden, menampilkan file hidden tersembunyi

4. Selesai, dan anda bisa mengecek pada drive E atau letak flashdisk tersebut dan anda bisa melihat file yang ke hidden.

File yang ke hidden jika di tampilkan biasanya warnanya sedikit pudar, karena file tersebut aslinya adalah file hidden bisa di tandai dengan melihat warna filenya yang pudar tersebut.

Mungkin itu dulu artikel kali ini tentang cara menampilkan file yang ke hidden pada windows.
Semoga Bermanfaat :)

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Cara Menampilkan File yang ke Hidden pada Windows. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon