Jumat, 14 April 2017

Tips Setelah Install Ulang Windows

Rafsablog.id | Halo pembaca setia rafsablog, kali ini saya mau curhat pengalaman terkampret yang pernah saya alami saat install ulang windows :v
Yaelah cuma gitu aja di bikin post -_-
Suka-sukalah wkwk
Tapi selain itu juga saya mau berbagi tips biar install windows sobat semakin sempurna.

Oke dimulai dari curhatan saya dulu.
Ceritanya hari ini (Jum'at/14 April 2017), saya melakukan installasi windows 7 32bit pada netbook jadul saya, Acer aspire one AO756.

Nahh saat sudah selesai installasi windows, saya mulai mencari driver secara manual, caranya klik start->klik kanan computer dan pilih manage->lalu pilih device manager->lalu pilih driver yang masih tanda pentung->klik kanan pilih properties->klik menu detail->di bagian property plih Hardware Ids->lalu di bagian value kita copy dan paste di google.

Nahh saya sudah mencari-cari driver yang cocok dan dari banyak driver yang saya cari, cuma cocok satu doang, driver wireless wkwk. Saya sempet berfikir ingin meminta driverpack ke teman saya kuliah, tapi hari ini sampai minggu libur jadwal kuliah. Harus nunggu hari senin lamaaa. Dan saya inget teman saya dari kecil sampai sekarang (teman lengket pas kecil) pernah bilang katanya habis dunlud Driverpack, terus saya ngehubungi dia buat nanyain itu. Ehh ternyata dia masih ada di semarang, dia kuliah dan ngekost disana. Mungkin memang lagi nasib saya susah nyari driver wkwk. Kalau dunlud driverpak sendiri ya... waaaaah, modal kuota :v

Mau gretong harus nyiapin ssh beserta toolnya, agak repot karena belum ada persiapan (mantan gretonger yang sudah tobat).

Dan akhirnya saya mencoba nyari driver lagi tapi dengan cara yang berbeda, yaitu menggunakan keyword mainstream orang awam. *Walaupun saya sendiri masih tergolong orang awam hehe.
"download driver acer aspire one ao756"

Ettttdah, banyak blog yang sudah nagkring dengan keyword tersebut.
Dalam hati bilang "anjir" saya tercengang.

Saya masih tidak percaya dengan artikel di blog orang, mungkin cuma ingin nyari trafik, tapi nama blognya dan isi konten beserta link downloadnya sangat meyakinkan saya dan akhirnya saya download.

Saat saya install dan ternyata berhasil.
Satu kata yang pertama terucap dalam hati saya, anjir.

Anjirlah~
Susah-susah nyari dirver yang cocok, dan sudah mengorbankan kuota.
Cuma dengan keyword mainstream yang biasa orang pakai, driverpun cocok.
Coeg sekali.

Tapi tidak apalah, yang penting sudah solved gitu aja, dan tinggal install backbox. Mau saya bikin dualboot soalnya sob hehe.

Oke lanjut tipsnya aja, rada ngeselin kalo di bahas lama-lama soalnya wkwk
.
Install Ulang Windows

Tips agar install windows sobat semakin sempurna

Setelah sobat install windows belum 100% sempurna jika belum melakukan dibawah ini.

1. Install Software Driver
Install Ulang Windows

Yang pertama kali saat sobat selesai install windows, sobat harus install driver dulu. Driver berfungsi sebagai penghubung antara operating sistem dengan perngkat keras hardware, dan agar perangkat keras bekerja secara optimal maka di perlukannya perangkat lunak driver.

Jika tidak ada driver bagaikan memasak tanpa api.
Kompor sudah ada, wajan buat memasak sudah ada, dan bahan yang mau dimasak juga sudah ada. Tetapi jika tanpa api, apa artinya itu semua.

2. Install software Compressed
Install Ulang Windows

Software ini sangat penting, berfungsi jika sobat punya software yang ingin di install tetapi masih dalam bentuk zip atau rar, maka bisa di ekstrak dengan software ini. Software ini ukurannya lumayan kecil tapi fungsinya luar biasa. Bisa juga untuk mengecilkan ukuran file, yang biasa di sebut High Compressed. Yang suka dunlud game pasti sudah tidak asing :v

Contoh software compressed seperti; WinRar, 7Zip.

3. Install Software Anti Virus
Install Ulang Windows

Jangan lupa dengan Anti Virus, software ini berfungsi untuk menangkal virus, mendeteksi adanya virus, dan membesihkan atau mengkarantina yang dicurigai sebagai virus pada windows sobat. Antivirus sekarang sudah canggih sob, sudah dibekali dengan anti Malware dan anti-anti lainnya. Jadi sobat tidak perlu lagi repo-repot menginstall anti malware.

Contoh software AntiVirus seperti; Avast Antivir, AVG Antivir.

4. Install Software Utilities
Install Ulang Windows

Software Utilities sangat penting untuk kesehatan perangkat sobat. Software ini berfungsi untuk membersihkan junk atau file sampah yang membengkak pada windows sobat. Selain itu Software utilities berfungsi sebagai defrager harddisk sob, sebenernya di windows sudah terdapat fitur Disk Defragmented, tetapi software pihak ketiga mungkin lebih maju. Fungsi defrag sebagai defragment file-file yang tidak tersusun pada harddisk akan di tata kembali, dan manata ruang pada harddisk. Fitur-fitur tersebut digunakan untuk meningkatkan kinerja pada windows sobat.

Contoh software Utilities seperti; Ccleaner, Advanced SystemCare

5. Install Software Writer atau office
Install Ulang Windows

Software writer ini untuk kebutuhkan pokok para pekerja kantoran, atau untuk kebutuhan sehari-hari sobat, untuk membuat makalah, skripsi, atau yang lain.
Mungkin sobat sudah tidak asing lagi dengan ms word? nah itu salah satunya.
Microsoft punya software pokok atau unggulan untuk office, yaitu Microsoft Office.
Micrfosot office sudah satu paket sama sofware-software lain seperti pengolah kata (ms word) dan pengolah angka (ms excel). Sobat pasti sudah tidak asing lagi kan, karena software tersebut masuk dalam mata pelajaran TIK waktu SMP.

Contoh software Writer atau office seperti; Microsoft Office, LibreOffice, Notepad++ (untuk ngoding).

6. Install Software Reader
Install Ulang Windows

Sebetulnya software reader itu sudah ternasuk dalam software office, tetapi sengaja saya pecah, hehe.
Jika tadi ada software write, kali ini ada software reader, jika ada software untuk menulis maka ada juga software untuk melihat atau membaca. Software ini biasanya digunakan untuk ebook. yang suka ngoleksi ebook pasti sudah tidak asing lagi dengan file .pdf kan?
Nah file tersebut bisa di buka menggunakan Software reader ini.

Contoh Software Reader seperti; Foxit Reader, Adobe reader.

7. Install Software Multimedia
Install Ulang Windows

Software Multimedia ini software tambahan sob. Dan software ini di pecah dalam beberapa kategori, seperti; pemutar musik, pemutar video, foto editor, video editor. Tapi untuk anak multimedia software ini sangatlah penting sob, software yang wajib untuk anak multimedia.

Contoh Software Multimedia:
  • Pemutar musik: Winamp, Aimp
  • Pemutar video: GOM player, K-Lite Codec Pack, Pot player
  • Foto editor: Photoscape, Photoshop
  • Video editor: Camtasia, Adobe premier

8. Install Software Web Browser
Install Ulang Windows
Jika semua  software di atas sudah di install belum afdol jika belum nginstall software web browser. Software web browser berfungsi untuk surfing atau berseluncur di internet, untuk menjelajah di search engine atau mesin pencari google atau mesin pencari yang lain, di perlukan software ini. Jaman sekarang koneksi internet itu sepertinya wajib, maka dari itu software web browser ini juga wajib harus di install. Sebenarnya di windows sudah ada software web browser yang bernama Internet Explorer atau IE, tetapi saking leletnya IE, sering di keluhkan user atau pengguna, maka banyak user yang memilih web browser pihak ketiga.

Contoh Software Web Browser seperti; Mozilla firefox, google chrome.
Baca juga: 6 Software Untuk Mengakses Internet (Web Browser)

Oke mungkin itu dulu sob.
Semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Tips Setelah Install Ulang Windows. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

3 komentar

kalo directx, vc runtime itu masuknya apa gan?

itu untuk display gan, biasanya paling banyak digunakan untuk gaming. masuk dalam kategori software development :D

Wah ternyata baru menginstall window baru harus install semua yg ada di atas ya gan ?

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon