Jumat, 14 Oktober 2016

8 Software yang Wajib Ada di Komputer

Photo credit: komputerlamongan.com
Rafsablog.id - Kali ini mimin akan berbagi memposting tentang Software yang Wajib Ada di Komputer. Sebelumnya apa itu software?

Tag
Software yang Wajib dibutuhkan PC
Software yang Wajib dibutuhkan Komputer
Software yang Wajib Ada di Komputer
Software yang Harus Ada di Komputer
Software yang Wajib Ada Setelah Install Ulang
Software yang Wajib Ada Setelah Install Ulang Windows

Menurut sumber dari wikipedia.
Perangkat lunak (bahasa Inggris:software) adalah istilah khusus untuk data yang diformat, dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.
Intinya software adalah suatu program atau perangkat lunak untuk memudahkan user atau penggunanya dalam membantu pekerjaannya.

Oke lanjut, Software yang Wajib Ada di Komputer.
Software apa sajakah itu? Mri kita simak berikut.

Software yang Wajib Ada di Komputer.

1. Driver
Software yang Wajib ada Komputer
Photo credit: mykiosdriver.net

Pengertian driver komputer menurut Edy Winarno “adalah sekumpulan perangkat lunak untuk memperkenalkan perangkat keras kepada perangkat lunak sistem operasi, dengan perangkat lunak ini sistem mampu untuk menggunakan perangkat keras dengan baik”.

Jadi gini sob, untuk menghubungkan perangkat keras dengan perangkat lunak di sistem operasi itu kita harus ada perangtaranya, yaitu yang biasa di sebut Driver. (Penghubung antara perangkat keras dan perangkat lunak).

2. Antivirus
Software yang Wajib ada Komputer
Photo credit: berbagaigadget.com

Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga perangkat lunak perlindungan virus. Program ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak.

Antivirus sangat penting untuk melindungi PC kita dari ancaman virus
Dan sekarang antivirus sudah dilengkapi beberapa fitur seperti,
anti Malware, anti Phising, Firewall, Dll

3. Utility
Software yang Wajib ada Komputer
Photo credit: genbeta.com

Utility software yaitu: Perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag).

Utility sangat penting untuk memperbaiki kinerja PC kita
Beberapa fungsi software utility yaitu:
-Defragment Harddisk (menata harddisk)
-Clean up browser (membersihkan history pada web browser)
-Defragment registry (menata registry)
-Dll

4. Web Browser
Software yang Wajib ada Komputer
Photo credit: vestavialibrary.org

Web Browser adalah suatu program, software atau aplikasi yang berfungsi untuk menjelajahi internet atau untuk mencari suatu informasi dari web/blog.
Baca juga: 6 Software Untuk Mengakses Internet (Web Browser)

Web browser berguna untuk menjelajah atau surfing di internet
Jaman sekarang dikit-dikit pakai internet sob.
Karena jaman semakin lama semakin maju ya nggak sob~

5. Microsoft Office
Software yang Wajib ada Komputer
Photo credit: e-courses4you.com
Microsoft Office adalah perangkat lunak paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X. Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah Excel, Word, dan PowerPoint.

Microsoft Office juga termasuk software penting yang dibutuhkan PC
Kenapa? karena di gunakan sebagai pengolah kata, angka, dan bisa untuk project presentasi
Windows tanpa Microsoft office itu bagaikan Aku tanpa kamu teh anget tanpa air panas.

6. PDF Reader
Software yang Wajib ada Komputer
Photo credit: iphoneinformer.com

PDF (Portable Document Format) adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi.

Software ini juga termasuk penting sob, karena apa?
Karena untuk membuka file pdf :v
Pokoknya penting deh~

7. Compressed
Software yang Wajib ada Komputer
Photo credit: en.softonic.com

Rar dan Zip adalah file arsip (archive file). jadi kita bisa mengarsipkan file, misalnya dengan mengunakan WinRar. selain itu, file yang sudah di arsipkan (sudah di kompress) secara otomatis akan memiliki kapasitas yang sedikit lebih kecil. file yang berukuran 1,3 MB bisa terkompress menjadi sebesar 1 MB. jadi kita hemat 0.3 MB.

Software compressed di katakan penting karena untuk mengompres file.
Selain untuk mengompres, software compressed juga bisa untuk memperkecil ukuran data
Dengan software ini kita bisa menyatukan atau menggabungkan beberapa file pada satu folder
Yang nantinya akan di kompres menjadi file .rar atau .zip
Dan beberapa contoh software compressed adalah WinRar dan 7zip

8. Multimedia
Software yang Wajib ada Komputer
Photo credit: tekno.kompas.com

Perangkat lunak multimedia adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah beberapa media informasi, seperti teks, image/gambar, audio, grafik, video, dan interaktif. Banyak sekali jenis aplikasi multimedia, mulai dari yang sekedar hanya untuk melihat (view) saja sampai dengan membuat dan mengeditnya.

Software multimedia juga penting sob.
Saya nggak yakin kalau sobat main PC nggak muter musik.
Pasti kalian pernah muter musik kan?
Software multimedia juga bisa digunakan untuk menonton film.
Ya buat hiburan aja sob kalau bosen ngedep monitor.
Atau buat refresing setelah bikin postingan blog bikin makalah atau laporan gitu :v

Mungkin itu saja sob
Semoga Bermanfaat :)

Tag
Software yang Wajib dibutuhkan PC
Software yang Wajib dibutuhkan Komputer
Software yang Wajib Ada di Komputer
Software yang Harus Ada di Komputer
Software yang Wajib Ada Setelah Install Ulang
Software yang Wajib Ada Setelah Install Ulang Windows

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang 8 Software yang Wajib Ada di Komputer. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon