Kata Mutiara Hari ini

Cara Menggunakan IDM Untuk Pertama Kali

Tags

Bagi kamu yang hobi download, tentunya sudah mengenal dengan yang namanya Internet Download Manager atau yang biasa disingkat dengan IDM. Nah, IDM ini cukup stabil dan bagus jika digunakan untuk men-download.

Memang men-download dapat dilakukan langsung melalui browser, namun biasanya memakan waktu yang cukup lama. Oleh karenanya, bagi orang yang suka download di komputer tentunya memiliki aplikasi download manager seperti IDM ini.

Cara Menggunakan IDM Untuk Pertama Kali

Nah, bagi kamu yang belum mengenal IDM secara pasti, kamu bisa langsung saja menyimak pembahasan bagaimana cara menggunakan IDM untuk pertama kali berikut ini.

1. Terlebih Dahulu Instal IDM

Jika kamu pengguna IDM untuk yang pertama kalinya, tentunya kamu harus instal terlebih dahulu. Cara instal IDM ini mudah sama dengan menginstal aplikasi lain di komputermu.

Adapun caranya adalah sebagai berikut.
  • Installah file setup, caranya sama dengan menginstal file setup biasa.
  • Kemudian baca terlebih dahulu petunjuknya, jika kamu setuju klik menu next.
  • Jika kamu sudah klik menu next > > install > > next.
  • Lalu baca terlebih dahulu petunjuk yang ada kemudian klik menu close. Selesai sudah aplikasi IDM sudah terinstal di komputermu.

Perlu kamu ingat, setelah IDM sudah terinstal langkah selanjutnya adalah memastikan apakah setting IDM di browser-mu sudah aktif atau belum. Cara untuk mengetahui IDM sudah aktif atau belum adalah dengan cara melakukan setting.

2. Setting IDM Di Komputermu

Setelah aplikasi IDM sudah terinstal di komputermu, langkah selanjutnya adalah melakukan setting IDM di browser internet yang kamu gunakan di komputermu. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut.
  • Cek terlebih dahulu apakah IDM sudah tersetting otomatis di browser komputermu dengan cara buka aplikasi IDM.
  • Kemudian klik menu option.
  • Di tampilan menu option pilih tab general. Namun, untuk lebih memastikan settingan, terlebih dahulu cek browser apakah sudah dicentang atau belum. Hal tersebut untuk memastikan apakah IDM sudah terintegrasi dengan browser atau belum.
  • Langkah selanjutnya adalah cek menu options kemudian klik tab filetypes.
  • Di tab filetypes tersebut, kamu akan menemukan pilihan nama ekstensi file atau jenis file yang akan di-download, seperti: MKV, MP4, FLV dan beberapa jenis file lainnya.

Jika IDM sudah disetting dengan benar maka kamu dapat langsung menggunakan IDM di browser  komputermu. Biasanya jika IDM sudah disetting dengan benar akan otomatis terintregasi dengan browser. Namun, jika belum disetting dengan benar IDM tidak terintegrasi di browser.

3. Cara Menggunakan IDM Di Browser Google Chrome

Setelah kamu melakukan setting IDM, kamu dapat dengan mudah menggunakan IDM. Namun, perlu kamu ingat jika IDM yang kamu download adalah IDM versi terbaru maka browser yang kamu miliki pun harus versi terbaru.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan apakah IDM yang kamu instal sudah terintegrasi dengan browser Google Chrome  komputermu atau belum. Hal tersebut karena, pada dasarnya IDM secara otomatis terintregasi dengan browser Google Chrome. Artinya jika pertama kali, Google Chrome  dibuka maka IDM akan aktif.

Namun, jika IDM tidak aktif dan belum terintegrasi di Google Chrome, artinya Google Chrome milikmu adalah versi lama sedangkan IDM yang terinstal adalah versi terbaru. Artinya IDM dan Google Chrome yang kamu instal di komputermu harus sama-sama di-up date.

Jika IDM dan Google Chrome tidak di-up date maka yang akan terjadi saat pertama kali membuka Google Chrome, IDM tidak akan muncul. Nah, untuk mengatasi bagaimana cara memunculkan IDM di Chrome, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut.
  • Buka browser Google Chrome di komputermu. Kemudian klik tombol menu yang terletak di sebelah kanan atas lalu klik more tools >> klik ekstension.
  • Lalu pastikan apakah di menu ekstension tersebut sudah ada IDM Integration Module. Jika ada, cek apakah sudah aktif atau belum. Pastikan IDM Integration Module aktif.
  • Untuk memastikan apakah IDM sudah terintegrasi dengan Google Chrome atau belum, kamu dapat mencoba untuk download dengan menggunakan IDM. Adapun cara download menggunakan IDM mudah sekali, tinggal klik IDM kemudian isi URL file yang akan kamu download kemudian isi menu category, save as di mana kamu akan menyimpan. Jika menu sudah terisi semua, tinggal klik menu start download.

Jika file yang kamu download sudah terdownload dengan sempurna, IDM secara otomatis akan memberikan notifikasi bahwa file yang kamu download sudah tersimpan dan selesai didownload.

Nah, tersebut di atas adalah cara bagaimana menggunakan IDM di browser Google Chrome. Cara menggunakan IDM di browser memang relatif mudah. Asalkan kamu dapat mengikuti step by step langkah-langkah di atas dengan teliti.

Yang perlu kamu perhatikan, jika kamu menginginkan IDM terintegrasi dengan browser yang kamu miliki, kamu harus melakukan up date. Artikanya jika IDM yang kamu instal adalah versi terbaru maka browser yang kamu miliki juga harus up date versi terbaru juga. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kesulitan yang kamu alami saat menggunakan IDM.

Rekomendasi