Penikmat kopi dan obat maag.

Cara Menyimpan File Dokumen WPS Office Document

Pada artikel sebelumnya Rafsa sudah membahas tentang cara membuat dokument baru WPS Document, lalu pada kesempatan kali ini Rafsa akan berbagi tutorial tentang cara menyimpan dokumen WPS Office Android. Selain di Android juga menyimpan file WPS Office di PC/laptop. Setelah membuat dokumen baru, langkah selanjutnya kita harus menyimpan dokumen tersebut.

File yang telah disimpan dapat dipindah pada perangkat penyimpanan seperti Flashdisk, Harddisk eksternal, atau CD/DVD. Selain itu kita bisa mengunggahnya di situs layanan penyimpanan file seperti Google Drive, Mediafire, Mega, Dropbox, dan lain-lain.

Di materi kali ini kita akan membahas bagaimana cara menyimpan file dokumen WPS Office Document di PC dekstop/laptop yang menggunakan sistem operasi Windows dan juga di Android lengkap dengan gambar. Kalian yang baru saja menggunakan WPS Office tidak perl khawatir.

Di dua sistem operasi yakni di Android dan di PC/laptop. Diantaranya seperti menyimpan file baru, menyimpan file yang pernah disimpan sebelumnya, menyimpan file dengan nama baru, dan menyimpan file dengan password yang jelas lebih aman karena sudah terproteksi.

Cara Menyimpan Dokumen Baru di WPS Office Windows

Cara pertama yang akan kita bahas ini adalah menyimpan file baru setelah dokumen selesai dibuat. Secara defaultnya WPS Document ini akan memberikan memberikan nama file menjadi Document1, Document2, Dst secara otomatis. Kita juga dapat menyimpan file tersebut dengan nama yang sesuai dengan keinginan kita.

Berikut adalah cara menyimpan dokumen baru pada WPS Document di PC desktop, Laptop, atau Flashdisk.

  1. Pertama tentu saja buat terlebih dahulu dokumen baru di WPS Document.
  2. Jika dokumen sudah selesai dibuat, selanjutnya klik Menu pada pejok kiri atas.
  3. Langkah berikutnya klik menu Save As, maka jendela Save As akan muncul.
  4. Kemudian pilih lokasi untuk menyimpan file. Kita bisa menyimpannya di laptop, flashdisk, dan folder tertentu sesuai dengan keinginan kita.
  5. Jika sudah menentukan lokasi untuk menyimpan file, selanjutnya pada Document Name bisa diisi dengan nama sesuai keinginan Anda. Pada File Type bisa dipilih default yakni docx untuk format Ms Word. Jadi kita bisa mmebuka file tersebut pada Ms Word.
  6. Langkah terakhir untuk menyimpan file tersebut yakni klik Save. Kita bisa menutup WPS Office karena file sudah tersimpan dengan aman.
Cara Menyimpan File Dokumen WPS Office Document

Setelah berhasil menyimpan file baru tersebut, kita bisa melihatnya di File Manager atau Windows Explorer. Jangan sampai lupa letak lokasi penyimpanannya ya.

Menyimpan Dokumen yang Sudah Tersimpan di WPS Document

Cara selanjutnya ini bisa digunakan untuk menyimpan dokumen yang sebelumnya pernah disimpan. Di sini kita memiliki dua metode penyimpanan, yakni menyimpan dokumen langsung tanpa merubah nama file, dan yang kedua kita bisa menyimpan dokumen dengan nama yang berbeda.

Berikut tutorial cara menyimpan dokumen yang sebelumnya pernah disimpan di WPS Document tanpa mengubah nama file.

  1. Pertama buka aplikasi WPS Office terbaru, lalu klik menu Open, cari lokasi tempat penyimpanan file, dan klik 2x file yang ingin di edit.
  2. Edit tulisan yang ingin diperbaiki.
  3. Jika sudah, maka silahkan klik Menu yang berada di pejok kiri atas.
  4. Lalu klik Save. Kalian juga bisa menyimpannya langsung melalui ikon dengan gambar disket.

Itu tadi cara menyimpan dokumen yang pernah disimpan sebelumnya. Jika kita ingin menyimpan file dengan nama yang berbeda, maka silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Berikut adalah cara menyimpan file yang sudah tersimpan di WPS Document dengan nama baru atau berbeda.

  1. Buka file yang ingin kalian edit, untuk membuka dokumen silahkan ikuti langkah seperti poin satu di atas tadi.
  2. Jika sudah dokumen sudah terbuka, selanjutnya kalian bisa merubah tulisan yang ingin diperbaiki.
  3. Setelah semuanya selesai, untuk menyimpan file klik tombol Menu.
  4. Pilih menu Save As.
  5. Pilih lokasi tempat untuk penyimpan.
  6. Pada Document Name bisa diisi sesuai dengan keinginan kalian.
  7. Kemudian klik Save untuk menyimpan.

Menyimpan File WPS Document dengan Format yang Berbeda

WPS Office bisa menyesuaikan dengan Microsoft Office, kita bisa menyimpan file WPS Document untuk Ms Word dengan format file seperti docx, atau doc untuk ms Word 2007 ke bawah. Pada WPS Office juga bisa menyimpan file dalam bentuk PDF jika dinginkan.

Berikut adalah cara menyimpan file WPS Document dalam bentuk doc, docx, dan PDF .

  1. Buka file WPS Office yang ingin kalian ganti dengan format lainnya, atau bisa denga nmembuat dokumen baru.
  2. Klik tombol Menu, lalu pilih Save As.
  3. Selanjutnya pilih lokasi untuk menyimpan dokumen.
  4. Pada File Type silahkan di klik untuk memilih format sesuai dengan keinginan kalian. Microsoft Word 97-2003 Document (.doc) untuk menyimpan dokumen dalam bentuk doc dan bisa dibuka untuk Ms Word versi lama. Microsoft Word Document (.docx) untuk menyimpan dalam format docx yang lebih baru. Sedangkan PDF Format (.pdf) untuk menyimpan agar menjadi file PDF.
  5. Jika sudah memilih salah satu format yang diinginkan, selanjutnya klik Save untuk menyimpan dokumen.

Menyimpan File WPS Document dengan Password

Bagi kalian yang tidak ingin atau takut ada orang lain membuka file kalian padahal isinya sangat penting, maka kalian bisa mencoba cara ini yakni membuat file WPS Document menjadi terkunci dengan password.

Berikut tutorial cara menyimpan file WPS Document dengan menggunakan Password.

  1. Buat dokumen baru atau bisa membuka file yang sudah disimpan.
  2. Klik tombol Menu, lalu pilih Save As.
  3. Pilih lokasi tempat penyimpan dan kasih nama sesuai dengan keinginan.
  4. Selanjutnya klik tombol Encrypt…, lalu isi kolom Document password sesuai keinginan kalian, tulis ulang kata sandi pada kolom Reenter password, dan isi Password hint dengan kata lain untuk mengingatkan agar tidak lupa dengan kata sandinya. Isi juga pada kolom Password modify dan Reenter password.
  5. Jika sudah kemudian klik OK.
  6. Langkah terakhir klik Save.

Cara Menyimpan Dokumen di WPS Office Android

Di atas tadi tentang menyimpan file untuk WPS Office di sistem operasi Windows. Menyimpan file baru, file yang pernah disimpan, menyimpan dengan nama yang berbeda, dan menyimpan dengan menggunakan password.

Berikutnya adalah cara menyimpan dokumen di WPS Office Android, tutorialnya sebagai berikut.

  1. Pertama buka file yang ingin diedit, atau bisa membuat dokumen baru.
    Cara Menyimpan Dokumen di WPS Office Android
  2. Kemudian jika lembar kerja sudah selesai dibuat dan ingin menyimpannya, maka klik tombol dengan ikon atau gambar disket.
  3. Setelah itu pilih lokasi tempat untuk menyimpan file, di sini saya akan menyimpannya di kartu SD.
    Cara Menyimpan Dokumen di WPS Office Android
  4. Jika sudah memilih lokasi penyimpan, kalian bisa mengubah nama sesuai dengan keinginan, lalu klik Save untuk menyimpan.
    Cara Menyimpan Dokumen di WPS Office Android

Itulah tadi tutorial tentang cara menyimpan file di WPS Office Document. Dengan membaca artikel ini, kita dapat menyimpan file baru, file yang pernah disimpan, dan menyimpan file dengan menggunakan password atau kata sandi.

Mungkin itu dulu artikel kali ini, jika kalian mempunyai saran, masukkan, atau sebuah pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar