Penikmat kopi dan obat maag.

Cara Isi dan Kirim Perencanaan 2023 DAK Fisik di SP Datadik

Rafsablog.id – Halo pembaca setia, jika pada postingan sebelumnya saya sudah membahas tentang cara mengatasi standar sarpras silang merah di Dapodik, maka di artikel kali ini saya akan membagikan tutorial bagaimana cara mengisi perencaan 2023 pengajuan bantuan DAK fisik pendidikan sekolah di SP Datadik.

Pada beberapa hari lalu situs Dapo Kemdikbud memposting artikel baru yang membahas seputar pembaruan Data Pokok Pendidikan tahun 2022 dalam rangka evaluasi 2021 dan perencanaan 2023 DAK fisik pendidikan. Intinya sebagai operator Dapodik harus mengisi data yang sesuai dengan keadaan bangunan sekolah.

Isilah sesuai dengan tingkat kerusakan yang ada. Namun, sebetulnya yang wajib survey dan mengisi form adalah orang dinas atau orang dinas PUPR yang diberi tugas. Hal tersebut sudah dijelaskan di situs Dapo Kemdikbud yakni penilaian tingkat kerusakan bangunan di satuan pendidikan oleh dinas Pendidikan bekerja sama dengan dinas yang menangani keciptakaryaan dengan menggunakan instrumen penilaian sesuai format yang telah ditetapkan oleh Kementerian PUPR.

Cara Mengisi dan Mengirim Perencaan 2023 DAK Fisik Pendidikan di SP Datadik

Bagi Anda yang sudah tidak sabar lagi, berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama download formnya terlebih dahulu, Anda juga perlu download panduannya untuk dibaca lebih lengkap, untuk unduhannya bisa klik link berikut: https://ringkas.kemdikbud.go.id/formpuprdak
  2. Kemudian buka file yang bernama form-identifikasi-kerusakan-bangunan-sekolah-mPyU.xlsx yang sudah di download tadi.
  3. Ada beberapa Komponen dan Sub Komponen yang perlu dipahami. Untuk Sub Komponen Kolom = tiang, Balok = sambungan tiang yang tidur, Pelat = seperti dak yang alas bangunan bertingkat. Silahkan isi pada Klasifikasi Kerusakan, isi yang bagian warna orange. Urutan kerusakan teringan 1 dan terberat 5. Nanti hasilnya akan muncul otomatis tingkat kerusakannya.
    Cara Mengisi dan Mengirim Perencaan 2023 DAK Fisik Pendidikan di SP Datadik
  4. Jika semua sudah diisi selanjutnya di form di print/cetak, lalu ditandatangani petugas survey, disetujui Dinas Kebudayaan Pendidikan Kab/Kota/Provinsi, dan Dinas PU Kab/Kota/Provinsi.
  5. Jika dokumen sudah siap, selanjutnya buka situs https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/app/#/pras dan pilih Form Penilaian Kerusakan Bangunan.
    Cara Mengisi dan Mengirim Perencaan 2023 DAK Fisik Pendidikan di SP Datadik
  6. Pada tabel silahkan fokus kolom Verifikasi, lalu silahkan klik ikon kotak atau tulisan “sudah sesuai.”
    Cara Mengisi dan Mengirim Perencaan 2023 DAK Fisik Pendidikan di SP Datadik
  7. Setelah itu Anda bisa mengisi Bobot Kerusakan (%) berdasarkan pada hasil tingkat kerusakan di form excel yang sudah diisi tadi, dan upload Dokumen Penilaian yang sebelumnya tadi sudah dibuat.
    Cara Mengisi dan Mengirim Perencaan 2023 DAK Fisik Pendidikan di SP Datadik
  8. Langkah terakhir yakni klik tombol Upload Berkas.

Memang cukup panjang urutannya ya, ang terpenting Anda memahami setiap langkah-langkahnya. Semoga dengan mengikuti tutorial di atas Anda bisa melakukan pengajuan perencanaan 2023 bantuan DAK fisk sekolah.

Jika Anda masih bingung, Anda bisa melihat video tutorial dari channel youtube Ngapakpedia di bawah ini.

Mungkin itu dulu artikel kali ini, jika Anda mempunyai saran, masukkan, atau pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar