Penikmat kopi dan obat maag.

Cara Mengatur Ukuran Foto 3×4 di Word

Halo pembaca setia Rafsablog pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial tentang cara mengatur ukuran foto 3×4 di Word 2007 2010 2013 2016. Selain itu saya juga akan membagikan ukuran 2×3 dan 4×6 agar teman-teman tidak bingung ketika mengatur fotonya sesuai dengan keinginan.

Jika Anda dapat mengatur foto seseuai dengan keinginan sendiri, maka nantinya akan sangat berguna sekali ketika Anda ingin melamar pekerjaan dan diminta untuk melampirkan pas foto dengan ukuran dan warna latar belakang tertentu.

Biasanya orang umum ketika mengatur ukuran foto menggunakan aplikasi editing seperti Photoshop, Gimp, atau yang lainnya. Namun, untuk menggunakan aplikasi editing setidaknya kita harus mahir mengoperasikannya.

Mungkin Anda berminat membaca artikel tentang icon yang ada di Office Button Kecuali?

Di sini saya akan memberikan tutorial yang jauh lebih mudah karena menggunakan aplikasi yang mungkin Anda juga sudah mahir menggunakannya. Ya benar, mengatur ukuran foto 3×4 di Ms Word tentunya tidak memerlukan aplikasi editing lagi karena akan menyulitkan untuk orang awam.

Kelihan dari Microsoft Word ini adalah aplikasinya yang sudah masuk atau disediakan Microsoft Office, jadi kita tidak perlu lagi memasang aplikasi tambahan atau pihak ketiga. Ms Office adalah aplikasi wajib yang harus ada di perangkat komputer PC dekstop/laptop.

Beberapa Ukuran Foto yang Perlu Diketahui Ms Word

Sebelum ke pokok pembahasan, ada beberapa ukuran yang mungkin Anda wajib harus tahu karena beberapa ukuran foto di bawah ini suatu saat mungkin Anda akan membutuhkannya untuk mengatur ukuran foto di Ms Word.

  • Ukuran 2×3 = 2 x 2,7 cm
  • ukuran 3×4 = 2,8 x 3,8 cm
  • Ukuran 4×6 = 3,8 x 5,6 cm
  • Ukuran 2R = 5,6 x 8,9 cm
  • Ukuran 3R = 8,9 x 12,7 cm
  • Ukuran 4R = 10,2 x 15,2 cm
  • Ukuran 5R = 12,7 x 17,8 cm
  • Ukuran 6R = 15,2 x 20,3 cm
  • Ukuran 8R = 20,3 x 25,4 cm
  • Ukuran 11R = 28 x 35 cm
  • Ukuran 12R = 30 x 40 cm
  • ukuran 16R = 40x 50 cm
  • ukuran 20R = 50 x 60 cm
  • ukuran 22R = 60 x 90 cm
  • ukuran 30R = 70 x 100 cm

Ketika Anda sudah mengetahui beberapa ukuran foto di atas, sekarang Anda bisa mengatur ukuran foto 3×4 atau sesuai dengan keinginan Anda di Ms Word.

Cara Mudah Mengatur Ukuran Foto 2×3 3×4 4×6 di Ms Word

Jika Anda sudah melihat berbagai ukuran foto di atas, maka selanjutnya Anda bisa mengatur foto yang sesuai di Microsoft Word. Baik, langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Langkah pertama silahkan buka terlebih dahulu aplikasi Ms Word di perangkat PC/Laptop kesayangan Anda.
  2. Kemudian buat lembar kerja baru dan untuk memasukkan gambar silahkan klik Insert, lalu pilih Picture.
    Cara Mengatur Ukuran Foto 3x4 di Word
  3. Setelah itu cari dan pilih gambar yang akan Anda ubah ukuran foto menjadi 2×3 3×4 4×6 atau lainnya di Ms Word. Jika sudah menemukan fotonya, lalu klik Insert.
  4. Jika foto sudah masuk ke dalam lembar kerja, maka Anda bisa mengatur ukurannya dengan cara klik foto tersebut, kemudian pilih menu Format.
    Cara Mengatur Ukuran Foto 3x4 di Word
  5. Lalu pada bagian Size klik ikon kecil yang jika Anda arahkan cursor ke ikon tersebut akan ada tulisan “Advanced Layout: Size.”
    Cara Mengatur Ukuran Foto 3x4 di Word
  6. Selanjutnya Anda klik terlebih dahulu tombol Reset untuk berjaga-jaga jika foto mengalami perubahan. Kemudian untuk mengatur ukuran menjadi 3×4, maka pada ukuran Height Anda atur menjadi 3.8 cm dan Width 2.8 cm. Lalu hilangkan centang pada tulisan Lock aspect ratio dan Relative to original picture size.
    Cara Mengatur Ukuran Foto 3x4 di Word
  7. Jika dirasa semua sudah benar, maka langkah terakhir klik OK.
Hasil Ukuran 3x4

Cara Mengubah Inch menjadi CM di MS Word

Mungkin ada juga sebelum mengatur ukuran foto menjadi 3×4 di Ms Word ada yang masih bentuk Inci pada satuannya. Bagi Anda yang masih bingung karena pada satuan inci atau inches pada Ms Word, untuk mengubah menjadi cm Anda bisa mengikuti tutorial di bawah ini.

  1. Pertama anggap saja masih membuka Ms Word.
  2. Kemudian klik ikon kecil sesuai di gambar. Jika cursor di dekatkan, maka akan muncul tulisan “Customize Quick Access Toolbar.”
    Cara mengubah Inch menjadi Centimeters
  3. Kemudian pilih More Commands… nanti akan muncul popup atau window baru.
    Cara mengubah Inches menjadi Centimeters
  4. Setelah itu klik menu Advanced. Scroll ke bawah, lalu di bagian Display pada Show measurements in units of tersebut dari Inches silahkan Anda ganti menjadi Centimeters.
    Cara mengubah Inches menjadi Centimeters
  5. Jika sudah beres, tinggal klik OK.

Jika Anda ingin mengubah menjadi ukuran foto lainnya seperti 2×3, 3×4, 2R, 3R, dan seterusnya, Anda tinggal melihat beberapa ukuran foto yang sudah saya tulis di atas. Setelah itu Anda bisa mencetak foto tersebut untuk melengkapi surat lamaran pekerjaan, mengurus KTP, SKCK, dan untuk keperluan lainnya.

Itulah tadi artikel kali ini tentang cara mengatur ukuran foto menjadi 2×4 3×4 4×6 di Ms Word lengkap dengan gambar. Mungkin itu dulu, jika Anda mempunyai pertanyaan, saran, atau masukkan, silahkan tulis di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar