Berusaha menjadi lebih baik.

Cara Membuat Whatsapp Sebagai Drive Penyimpanan Online

Rafsablog.id – Halo pembaca setia, di artikel kali ini kami akan berbagi tutorial tentang cara membuat Whatsapp sebagai drive penyimpanan online. Whatsapp adalah sebuah aplikasi messenger yang saat ini sudah banyak penggunanya di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Whatsapp sendiri hingga saat ini telah memiliki beragam fitur yang menarik. Kita juga bisa memanfaatkan WA sebagai media penyimpanan online atau istilahnya yang sering kita dengar cloud drive. Kita bisa menyulap WA seperti media penyimpanan layaknya Google Drive, Dropbox,OneDrive, Mega, Mediafire, dan lain-lain.

Secara defaultnya Whatsapp tidak seperti Telegram yang sudah lebih dulu memiliki penyimpanan cloud pribadi yakni Saved Messages. WA belum mempunyai fitur tersebut, tapi kita bisa mengakalinya sedikit agar kita bisa menyimpan file pribadi secara online.

Jadi Anda tidak perlu lagi titip ke pesan chat teman atau pacar Anda hehe. Disini kita akan memanfaatkan grup Whatsapp sebagai media penyimpanan file kita nantinya, akan tetapi kita harus membuat grup private sendiri agar orang lain tidak dapat mengetahui apa yang kita upload.

Rekomendasi

Biasanya orang menggunakan cara ini karena penyimpanan mereka mungkin sudah penuh, karena media penyimpanan cloud yang gratis hanya terbatas kapasitasnya. Google Drive 15 GB, One Drive 5GB, Dropbox 2GB, Mega 50GB, Mediafire 10GB, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Whatsapp Sebagai Media Penyimpanan Drive Pribadi

Baik berikut adalah tutorial cara membuat WA sebagai media penyimpanan online pribadi.

  1. Pertama buka terlebih dahulu aplikasi Whatsapp di perangkat Hp kesayangan Anda.
  2. Kemudian klik open menu (ikon titik tiga vertikal) yang berada di pojok kanan atas dan pilih Grup Baru.
    Cara Membuat Whatsapp Sebagai Drive Penyimpanan Online
  3. Undang salah satu teman Anda untuk gabung ke dalam grup.
    Cara Membuat Whatsapp Sebagai Drive Penyimpanan Online
  4. Setelah itu seperti biasanya, kasih nama grup sesuai dengan keinginan Anda, kalau saya sih kasih nama Saved Messages agar mudah di mengerti.
    Cara Membuat Whatsapp Sebagai Drive Penyimpanan Online
  5. Jika sudah lalu klik OK.
  6. Setelah grup jadi atau selesai dibuat, sekarang Anda bisa mengeluarkan teman Anda dari grup.
  7. Selamat, sekarang Anda sudah mempunyai media penyimpanan online sendiri di Whatsapp.
Cara Membuat Whatsapp Sebagai Drive Penyimpanan Online

Mudah bukan tutorial cara membuat media penyimpanan online sendiri di Whatsapp. Dengan begitu Anda bisa menyimpan file gambar, video, dokumen, dan lain-lain secara pribadi di WA tanpa takut cloud storage penuh.

Namun, sayangnya Whatsapp membatasi ukuran maksimal file yang bisa di upload yakni sebesar 2GB per filenya dari yang sebelumnya hanya 100MB saja. Bagi Anda yang suka menyimpan file dengan ukuran kecil mungkin tidak masalah, tapi jika Anda ingin menyimpan file yang ukurannya lebih dari 2GB, Anda harus membuat part per filenya.

Mungkin itu dulu artikel kali ini tentang cara membuat Whatsapp sebagai media penyimpanan online. Jika Anda mempunyai saran, masukkan, atau pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar