Berusaha menjadi lebih baik.

Cara Agar Foto Video Tidak Pecah di Status Whatsapp

Rafsablog.id – Halo pembaca setia, di artikel kali ini kami akan berbagi tutorial tentang bagaimana cara agar foto dan video tidak pecah di status Whatsapp dengan mudah. Cara ini bisa digunakan untuk foto dan video yang ingin Anda unggah ke Whatsapp Story.

Whatsapp memiliki fitur yang menarik salah satunya ialah situs Status atau story seperti pada Instagram. Kita bisa mengunggah apa saja di Whatsapp status seperti foto, video, dan membuat tulisan teks biasa. Namun, untuk foto dan video yang berukuran besar secara otomatis akan dikompres menjadi ukuran kecil agar dapat dimuat dengan cepat oleh pengguna Whatsapp lainnya.

Alhasil foto dan video yang sebelumnya bagus menjadi pecah atau buram dan sedikit tidak menarik ketika dilihat. Hal tersebut terkadang membuat kita merasa jengkel. Padahal untuk mengeditnya juga membutuhkan waktu yang tentu saja tidak sedikit.

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari tutorial cara agar status Whatsapp tidak pecah, maka Anda sedang berada di artikel yang tepat karena Rafsablog akan membahasnya di sini. Untuk itu baca artikel ini sampai selesai ya.

Cara Agar Foto dan Video Tidak Pecah di Status Whatsapp

Di sini Rafsablog akan membagikan dua cara untuk Anda yang sedang mencari tutorial cara foto dan video tidak pecah saat dibuat status Whatsapp. Cara yang pertama untuk foto atau gambar dan cara yang kedua untuk video.

#1 Cara Agar Foto Tidak Pecah di Status Whatsapp

Cara Agar Foto Tidak Pecah di Status Whatsapp
Cara Agar Foto Tidak Pecah di Status Whatsapp
Cara Agar Foto Tidak Pecah di Status Whatsapp

Baik, untuk Anda yang ingin foto atau gambar yang Anda upload di Status Whatsapp tidak pecah, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama silahkan download terlebih dahulu aplikasi yang bernama Kompres gambar dalam kb & mb di Playstore atau App Store.
  2. Setelah berhasil download dan install, selanjutnya buka aplikasi tersebut seperti biasanya.
  3. Kemudian pilih foto atau gambar yang ingin Anda jadikan sebagai status WA.
  4. Langkah berikutnya pada bagian size, silahkan isi dengan 149 KB.
  5. Ukuran yang disarankan adalah 149 KB agar tidak pecah atau buram saat dijadikan status WA.
  6. Untuk memulai kompres foto silahkan klik tombol Compress dan tunggu hingga proses kompresi selesai.

Setelah selesai melakukan pengompresan, Anda bisa mengecek hasilnya di memori internal smartphone Anda dan foto atau gambar tersebut langsung bisa Anda buat status Whatsapp.

Namun, jika ternyata hasil kompresinya masih terlalu besar, biasanya gambar tetap akan pecah. Untuk mengatasinya Anda bisa membuka file gambar yang berukuran besar tersebut lalu anda screenshot. Biasanya hasil screenshot lebih kecil dari ukuran hasilnya. Setelah itu Anda tinggal mengulangi langkah di atas tadi.

#2 Cara Agar Video Tidak Pecah di Status Whatsapp

Cara Agar Video Tidak Pecah di Status Whatsapp
Cara Agar Video Tidak Pecah di Status Whatsapp
Cara Agar Video Tidak Pecah di Status Whatsapp

Jika untuk membuat foto tidak pecah menggunakan QReduce Lite, maka untuk Video kita bisa menggunakan aplikasi lain yang bernama Video Compressor. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama tentunya saja silahkan download aplikasi Panda Video Compressor Resizer terlebih dahulu di Playstore atau App Store.
  2. Kemudian buka aplikasi tersebut dan pilih salah satu video yang ingin Anda kompres ukurannya.
  3. Setelah selesai memilih video, klik tombol next yang berada di pojok kanan bawah.
  4. Lalu Anda akan melihat jendela Set Size pengaturan untuk mengubah video.
  5. Selanjutnya silahkan klik Small File (Easy Share), nanti video akan mengecil dan tidak mudah pecah atau buram.
  6. Jika dirasa sudah cukup, maka Anda bisa klik tombol Compress.
  7. Tunggu proses selesai, setelah itu Anda bisa mengunggah video tersebut untuk status Whatsapp.

Mudah bukan tutorial cara membuat video si status Whatsapp agar tidak pecah. Selain Small File yang mempunyai resolusi 720p, Anda juga bisa memilih Medium File (Better Quality) yang mempunyai resolusi video yakni 1080p.

Anda bisa memilih salah satu resolusi 720p atau 1080p dan aman digunakan karena banyak smartphone sudah mendukung kedua resolusi tersebut dan video tidak kelihatan pecah.

Mungkin itu dulu tutorial kali ini tentang cara agar foto dan video tidak pecah saat di upload di status Whatsapp. Jika Anda mempunyai saran, masukkan, atau pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar