7 Makanan Sehat yang Bisa Anda Coba Saat Bulan Puasa

Halo pembaca setia Rafsablog, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang rekomendasi makanan sehat dan baik untuk dikonsumsi saat bulan puasa. Kita bertemu lagi pada bulan ramadhan tahun ini tanggal 6 Mei, dan saat artikel ini dibuat adalah hari pertama kita menjalankan ibadah puasa bagi umat islam.

Puasa merupakan salah satu rukun islam, dan wajib harus dijalankan bagi kaum muslim. Selain ibadah, puasa juga sangat menyehatkan bagi tubuh, lho. Jika dijalankan dengan benar, maka puasa dapat membuat tubuh menjadi sehat.

Kenapa puasa dapat menyehatkan tubuh? Karena dengan berpuasa atau tidak makan selama sehari, maka dapat mengurangi toxin atau racun yang masuk dalam tubuh, organ organ penting yang berfungsi mengeluarkan racun dalam tubuh adalah ginjal, limpa, dan hati. Dengan berpuasa, maka beban kerja pada organ-organ tubuh akan berkurang.

Makanan sehat yang baik dikondumsi saat puasa

Meskipun sedang berpuasa, tubuh tetap perlu asupan makanan sehat, maka dari itu kita perlu memperhatikan pola makan yang baik saat menjalankan ibadah puasa seperti di bulan ramadhan saat ini. Sebenarnya tidak terlalu berbeda pola makan bulan ini dengan bulan-bulan sebelumnya, yang terpenting adalah menjaga asupan nutrisi dari makanan, dan jangan sampai kekurangan cairan saat berpuasa.

Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Puasa


Agar tubuh tidak kekurangan nutrisi, ada beberapa jenis makanan yang dianjurkan saat menjalankan puasa, beberapa jenis makanan tersebut, yaitu :
  • Buah
  • Saat puasa usahakan tidak makan atau minum yang terlalu manis guna menghindari lonjakan gula darah tiba-tiba, alternatifnya Anda bisa mengkonsumsi buah kurma atau buah-buahan lainnya. Bisa Anda buat sebagai jus atau dimakan langsung, selain enak juga menyehatkan.

  • Makanan Sehat
  • Agar tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup, Anda tetap menjaga pola makan yang seimbang. Saat buka puasa atau sahur, Anda bisa mengkonsumsi makanan sehat seperti nasi atau roti, buah dan sayur, ikan atau daging, susu ataupun produk olahan lainnya yang menyehatkan, dan jangan lupa sedikit makanan yang mengandung gula dan lemak.

  • Air Putih
  • Saat puasa tubuh butuh cukup cairan agar tidak dehidrasi, maka dari itu air putih sangat penting sekali saat puasa. Usahakan saat buka puasa minum air putih hangat terlebih dahulu sebelum makan besar, selain untuk mengembalikan cairan juga agar perut tidak kaget.

Rekomendasi Makanan Sehat Saat Puasa


Di atas tadi adalah jenis makanan yang baik dikonsumsi saat puasa, lalu berikutnya adalah beberapa makanan sehat yang cocok untuk buka puasa ataupun sahur, ini masih menyangkut pada poin 2 (dua) di atas.

  1. Buah-buahan
  2. Buah merupakan makanan sehat yang dibutuhkan saat buka puasa, buah menjadi salah satu pilihan yang baik untuk mengembalikan engeri saat puasa, karena buah kaya akan serat, contoh beberapa buah tersebut adalah Pepaya, Melon, dan Pisang.

    Selain akan kaya serat, buah juga kaya akan kandungan air yang bisa mencegah dehidrasi pada tubuh, contoh beberapa buah yang banyak kandungan air adalah Anggur, Semangka, dan Pir. Jika mempunyai beberapa macam buah, Anda bisa membuatnya sebagai salad buah yang bisa menggugah selera makan.

  3. Kurma
  4. Kurma juga masuk dalam kategori buah, buah kurma ini bisa Anda konsumsi saat buka puasa dan sahur. Kurma banyak mengandung manfaat yang baik bagi tubuh, di dalam kurma mengandung fruktosa, kaya akan glukosa, dan sukrosa dengan kandungan kalori yang rendah.

    Selain rasanya yang enak yang khas, buah kurma juga mengandung gula alami yang baik untuk tubuh guna mengembalikan energi yang hilang saat berpuasa.

  5. Sayur-sayuran
  6. Sayur-sayuran menjadi rekomendasi menu buka puasa, karena sayur mudah dicerna oleh tubuh. Saat berpuasa organ-organ tubuh sedikit beraktivitas, salah satunya lambung, sehingga saat berpuasa ukuran lambung mengecil dan juga enzim pencernaan juga akan berkurang.

    Maka dari itu sayur-sayuran sangat diperlukan karena sayur mudah dicerna yang membuat lambung agar tidak kaget dan agar tidak bekerja terlalu keras. Sayuran yang baik untuk buka puasa adalah sayuran hijau, karena sayuran hijau mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, protein, mineral, serat, dan zat besi yang tentunya sangat baik untuk tubuh.

    Saat berbuka puasa, Anda bisa mengkonsumsi tumis sayuran, salad sayur, lalapan, atau sayur yang dibuat menjadi sop.

  7. Ikan
  8. Ikan adalah salah satu makanan yang baik menyehatkan bagi tubuh, karena ikan mengandung protein, vitamin D, vitamin B2, antioksidan, omega 3, dan sejumlah mineral. Ikan bisa menjadi pilihan baik pengganti daging.

    Ada banyak sekali jenis ikan yang bisa dikonsumsi,entah itu ikan air tawar atau ikan air asin tetap sama-sama baik untuk tubuh. Beberapa rekomendasi ikan saat puasa adalah ikan salmon, lele, tuna, flounder atau ikan sebelah, atlantik mackerel, pasifik mackerel, sardin atau sarden, herring, ikan trout air tawar, haddock, dan pollock.

  9. Telur
  10. Berikutnya adalah telur, telur mempunyai protein yang sangat tinggi. Selain enak, telur juga mudah dalam penyajian dan penyiapannya. Saat puasa, tubuh membutuhkan makanan yang sehat dan mudah untuk dicerna, telur bisa menjadi pilihan menu buka puasa karena mudah untuk dicerna tubuh.

    Telur mengandung 6 gram protein dan 9 macam asam amino, kandungan protein pada telur terkadang membuat beberapa orang mengalami alergi, hati-hati bagi yang alergi pada telur, bagi Anda yang alergi telur bisa diganti dengan menu lainnya.

  11. Madu
  12. Madu juga merupakan makanan yang baik dan menyehatkan saat puasa, karena madu dapat mengatasi gangguan pencernaan dan melancarkan metabolisme tubuh. Madu mengandung antioksidan, kalium, vitamin, kalsium, magnesium, zat besi, mangan, dan sulfur.

    Selain itu, kandungan glukosa dan fruktosa pada madu sangat mudah diserap tubuh, maka dari itu madu dapat mengembalikan energi dan stamina tubuh yang hilang saat puasa.

  13. Yoghurt
  14. Yoghurt merupakan produk susu olahan yang baik untuk tubuh karena banyak nutrisi yang terkandung pada yoghurt, dan tentunya bisa mengenyangkan. Kandungan yang terdapat pada yoghurt adalah proten, vitamin, mineral, sehingga untuk sistem pencernaan saat menjalankan ibadah puasa.

Di atas adalah makanan sehat dan baik dikonsumsi saat puasa, agar tubuh tetap sehat saat puasa, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dan minum di bawah ini :

  • Minuman mengandung kafein
  • Saat berpuasa tidak dianjurkan untuk meminum minuman yang mengandung kafein karena minum ini mempunyai sifat diuretik yang dapat menyebabkan tubuh lebih cepat mengeluarkan cairan melalui urine. Beberapa minuman yang mengandung kafein, yaitu teh, kopi, dan tidak dianjurkan untuk minum minuman bersoda saat puasa karena mempunyai sebab yang sama.

  • Makanan tinggi garam
  • Garam baik untuk tubuh, namun terlalu tinggi garam tidak baik bagi tubuh saat puasa, karena makanan yang mengandung tinggi garam dapat menimbulkan rasa haus. Maka dari itu batasi konsumsinya di saat sahur.

  • Makanan berlemak
  • Selain minuman yang mengandung kafein, makanan tinggi garam, hindari juga makanan yang kaya akan kandungan lemak, contohnya seperti goreng-gorengan atau kari.

Itulah tadi artikel tentang rekomendasi makanan sehat dan baik saat bulan puasa. Di artikel ini merangkum beberapa jenis makanan sehat, rekomendasi makanan sehat, dan makanan yang tidak dianjurkan saat puasa. Dengan artikel ini semoga pembaca lebih tahu tentang makanan sehat yang baik dan cocok dikonsumsi saat puasa. Semoga bermanfaat.

Rekomendasi