Selasa, 05 Desember 2017

Cara Daftar Google Analystics dan Cara Memasangnya di Blog

Tags

Cara Daftar Google Analytics - Halo pembaca setia rafsablog, kali ini rafsablog akan berbagi tutorial tentang cara mendaftarkan blog ke google Analytics, selain itu rafsablog juga berbagi tutorial tentang bagaimana cara memasang google Analytics di blog. Google telah banyak menyediakan tools untuk penunjung keberhasilan para blogger dalam mengelola blognya dan user lainnya yang menggunakan layanan google.

Cara Daftar Google Analytics

Salah satunya adalah google Analytics, google mempunyai tool yang bernama google analytic yang mempunyai banyak fungsi. Fungsi google Analytics seperti untuk mengetahui peforma statistik blog/website, memperbaiki kinerja blog/website, untuk mengetahui artikel yang sedang dibaca, untuk mengetahui berapa user yang sedang online, dan masih banyak lagi fungsi dari google Analytics ini.

Biasanya untuk saya pribadi google Analytics saya gunakan untuk melihat berapa banyak user yang sedang online di blog saya, rafsablog. Dan biasanya saya juga menggunakan google analystics untuk melihat artikel yang paling banyak disukai oleh user atau orang yang sedang online di blog.

Selain itu saya juga terkadang melihat statistik blog meskipun jarang saya pantau hehe, saya sering memantau keyword yang saat orang mencari di google dan menemukan blog saya. Jujur, google Analytics ini sangat memudahkan blogger seperti saya ini untuk menemukan artikel yang paling banyak di sukai oleh pembaca sehingga kita bisa membuat artikel yang masih berhubungan dengan tema pada artikel yang paling banyak dibaca oleh pengunjung blog.

Cara Mendaftarkan Blog ke Google Analytics


Cara mendaftar google Analytics ini terbilang cukup mudah, meskipun mudah tetapi sangat disarankan untuk pembaca agar membaca artikel sampai selesai, rafsablog juga membagikan tutorial tentang bagaimana cara memasang google Analytics di blog, supaya pembaca bisa langsung menerapkanya di blog. Oke langsung saja, berikut adalah cara mendaftar google Analytics.

Langkah 1: Sebelum daftar di google Analytics Anda harus mempunyai email google (gmail) terlebih dahulu, buat para blogger pasti sudah punya, langsung ke langkah selanjutnya.

Langkah 2: Masuk di situs resmi google Analytics untuk mendaftarkan blog Anda, klik Google Analytics. Kemudian Jika sudah masuk lalu klik Signup atau Pendaftaran.
Cara Daftar Google Analytics

Langkah 3: Isi form yang sudah disediakan, isi dengan benar seperti; Nama akun, Nama situs web, URL Situs web, lalu pilih salah satu tema atau topik yan di bahas di blog Anda, dan zona waktu pilih "Indonesia". Kemudian klik Dapatkan ID Pelacakan lalu klik Saya Setuju.
Cara Daftar Google Analytics

Cara Daftar Google Analytics


Halaman jangan di close atau di keluarkan, sampai disini kita sudah berhasil mendaftarkan blog kita ke google Analytics, selanjutya saatnya kita memasang ID Pelacakan di blog.

Cara Memasang ID Pelacakan Google Analytics di Blog


Tadi kita sudah berhasil mendaftarkan blog kita ke google Analytics, sekarang kita akan memasang ID Pelacakan ke blog agar tootle google Analytics bisa bekerja dengan baik, dan berikut langkah-langkahnya.

Langkah 1: Masih di halaman tadi setelah proses pendaftaran selesai, selanjutnya Copy "ID Pelacakan" yang tertera.
Cara Daftar Google Analytics

Langkah 2: Lalu buka blog Anda, login di blogger.com. Setelah login selanjutnya klik menu Lainnya atau Other. Scroll ke bawah lalu Anda akan menemukan bagian Google Analytics, lalu ID Pelacakan yang sudah di copy tadi selanjutnya di pastekan di kolom "ID Properti Web Analytics". Lalu klik Simpan Setelan dan selesai.

Sekarang kita sudah berhasil mendaftarkan blog ke google Analytics dan memasang ID pelacakan di blog. Dan Anda sudah bisa melihat hasilnya di situs resmi google Analytics, Anda bisa melihat statistik blog, artikel yang sedang di baca oleh pengunjung, berapa banyak pengunjung yang sedang online di blog Anda, dan lain-lain.

Mungkin itu dulu artikel kali ini tentang cara mendaftarkan blog ke google Analytics beserta cara memasang ID pelacakan di blog.
Semoga Bermanfaat :)

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Cara Daftar Google Analystics dan Cara Memasangnya di Blog. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon