Rabu, 25 Oktober 2017

Inilah Tips Cara Mengurangi Dampak Radiasi Monitor

Rafsablog.id - Halo pembaca setia rafsablog, kali ini rafsablog akan membahas tentang tips cara mengurangi dampak radiasi monitor. Di zaman yang serba modern ini komputer sudah tidak asing lagi bagi semua orang. Tidak hanya pekerja kantoran, sekarang pelajar juga menggunakan komputer untuk mengerjakan tugas sekolah.

Dari yang masih pelajar, mahasiswa, sampai yang sudah bekerja banyak yang memakai komputer untuk menyelesaikan tugasnya. Saya sendiri juga sudah menjadi kebiasaan duduk dan menatap layar komputer untuk sekedar hobi ataupun untuk mengerjakan tugas kuliah.

Berlama-lama di depan layar monitor adalah salah satu kebiasaan buruk bagi orang yang suka menatap layar monitor. Tapi bagaimana jika itu adalah sebuah tuntutan pekerjaan atau sebuah tugas yang harus di kerjakan menggunakan komputer atau laptop? Mau nggak mau harus menatap layar monitor.

Maka dari itu rafsablog disini akan berbagi tips cara mengurangi dampak radiasi monitor bagi anda yang suka menghabiskan waktu di depan layar monitor. Tips ini saya dapatkan di internet dari berbagai sumber yang sudah saya rangkum sendiri.

Setidaknya tips cara mengurangi dampak radiasi monitor ini bisa meminimalisasi bahaya yang sewaktu-waktu mengintai kesehatan mata Anda. Oke langsung saja, simak tipsnya berikut ini.

Tips Cara Mengurangi Dampak Radiasi Monitor

Inilah Tips Cara Mengurangi Dampak Radiasi Monitor


1. Atur Pencahayaan Dalam Ruangan
Mengatur pencahayaan dalam ruangan menjadi yang pertama saya sebutkan, karena untuk menjaga penglihatan agar tetap segar harus menjadi pencahayaan di dalam ruangan. Usahakan cahaya yang masuk tidak terlalu terang, cahaya yang masuk jangan berhadapan dengan mata Anda yang berhadapan dengan layar monitor karena bisa menyebabkan silai di mata, dan itu sangatlah mengganggu.

Dan cahaya yang masuk jangan terlalu redup, karena jika terlalu redup maka akan berakibat pada susahnya konsentrasi untuk aktivitas di depan layar monitor dan mata menjadi cepat perih.

2. Atur Kecerahan Layar Komputer
Yang kedua adalah mengatur kecerahan layar komputer. Atur kecerahan layar komputer agar tidak terlalu terang dan tidak terlalu redup. Jika terlalu terang akan membuat mata cepat berair, dan jika terlalu redup akan membuat mata menjadi cepat perih.

Atur kecerahan monitor pada bagian brightness dan kontras agar tidak terlalu terang dan tidak terlalu redup. Sesuaikan dengan pencahayaan dalam ruangan Anda dan pastikan mata anda nyaman untuk tetap berlama-lama di depan layar monitor.

3. Gunakan Monitor dengan Radiasi Rendah
Pilihlah monitor dengan radiasi rendah, monitor radiasi rendah yaitu LCD/LED. Jangan menggunakan monitor CRT (monitor tabung). Jika Anda tetap menggunakan monitor sebaiknya atur refresh rate ke 75hz. Usahakan refresh rate tidak terlalu rendah karena bisa menyebabkan kerusakan pada mata.

4. Jaga Jarak dengan Layar Monitor
JIka tips 1 sampai 3 di atas sudah di terapkan lalu Anda bisa menjaga jarak dengan monitor agar mata Anda tetap terjaga kesehatannya. Untuk menjaga jarak dengan monitor cocok sekali bagi Anda yang menggunakan Desktop karena bisa mengatur jarak dengan layar monitor.

Lalu untuk pengguna laptop bisa menggunakan keyboard eksternal atau keyboard USB beserta mousenya juga, lalu bisa menjaga jarak dengan layar laptop.

5. Berkedip dan Sesekali Melihat Jarak yang Jauh
Agar mata tetap segar, anda bisa sesekali menyempatkan waktu untuk melihat jarak yang jauh. Saya pernah membaca dalam sebuah postingan di fanspage facebook, untuk menjaga kesehatan mata saat melihat monitor sesekali melihat benda yang jaraknya jauh.

Dengan metode 20.20.20, yang artinya 20 menit melihat layar monitor, 20 detik untuk istirahat yang di gunakan untuk melihat jarak yang jauh, dan 20 meter jarak yang dilihat. Dan jangan lupa setiap melihat laya monitor selalu mengedipkan mata agar mata tidak cepat berair dan dapat mencegah iritasi.

6. Alihkan Mata dari Layar Monitor dengan Berjalan-jalan
Tips yang ke-6 ini hampir sama seperti tips yang ke-5, bedanya hanya jika tips urutan yang ke-5 sambil duduk dan masih di depan layar monitor, untuk tips yang ke-6 ini kita sambil jalan-jalan untuk mengalihkan mata dari layar komputer.

Sambil jalan-jalan Anda bisa melihat benda yang jaraknya jauh, keluar rumah mencari suasana dan biasanya ini saya terapkan saat saya ingin mencari ide. Kadang saya juga sering lari di tempat sekalian olahraga sebentar hehe.

7. Gunakan Kaca Mata Anti Radiasi Komputer
Jika anda terlalu banyak menghabiskan waktu di depan layar monitor, anda harus mencoba menggunakan kaca mata anti radiasi komputer. Saat ini sudah banyak perusahaan yang memproduksi kaca mata khusus untuk pengguna komputer. Kaca mata ini sudah dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang berlama-lama di depan monitor. Tapi sebaiknya waktu dalam beraktivitas di depan layar monitor tetap di batasi.

8. Istirahat
Jika dirasa mata sudah lelah dan tidak memungkinan untuk tetap beraktivitas di depan layar monitor, sebaiknya Anda berhenti menatap layar monitor dan mengistirahatkan mata Anda. Jangan di paksakan, karena lebih baik menjaga daripada mengobati. Jaga mata Anda agar tetap sehat!

Mungkin itu dulu artikel kali ini tentang tips cara mengurangi dampak radiasi monitor.
Semoga Bermanfaat :)

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Inilah Tips Cara Mengurangi Dampak Radiasi Monitor. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon