Selasa, 17 Oktober 2017

Cara Mendapatkan Matched Content Google Adsense

Tags

Cara Mendapatkan Matched Content dari Google Adsense - Halo pembaca setia rafsablog, kali ini rafsablog akan berbagi pengalaman tentang cara mendapatkan/membuat matched content dari google adsense. Sebelumnya apa itu matched content? Matched content adalah sebuah fitur artikel terkait atau artikel yang sesuai postingan yang sedang dibuka, atau biasa disebut related post. Tetapi yang membedakan antara matched content dan related post pada umumnya adalah jika related post bikinan sendiri yang bisa kita custom sesuai keinginan, tetapi jika matched content related post yang diberikan langsung dari google adsense.

Banyak sekali blogger yang menginginkan matched content ini, karena tampilannya yang bersih dan bisa menarik pengunjung. Konon katanya dengan matched content ini bisa menambah pendapatan dari google adsense, tetapi saat saya menanyakan hal tersebut di grup facebook, banyak yang mengatakan matched content hanyalah artikel terkait biasa dari google, tidak menambah pendapatan google adsense.

Tetapi ada juga yang menjelaskan jika menggunakan matched content di blog, akan mempengaruhi pengunjung dan menarik perhatian, alhasil pengunjung akan betah berlama-lama di blog dan jika semakin banyak pengunjung maka akan semakin banyak juga page views dan kemungkinan juga akan bertambahnya jumlah klik iklan pada blog lalu akan mempengaruhi jumlah pendapatan dari google adsense.

Mendapatkan matched content dari google adsense memang menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi publisher google adsense. Tetapi untuk mendapatkan matched content ini tidak semudah membalikkn telapak tangan. Banyak yang mengatakan untuk mendapatkan matched content, blog harus memiliki traffic yang tinggi. Setidaknya ada ribuan pengunjung di blog anda setiap harinya, tapi untuk berapa ribu masih menjadi misteri bagi para blogger.

Ada yang mengatakan 1500-3000 pengunjung ada juga yang mengatakan 3000 lebih pengunjung perharinya untuk mendapatkan matched content google adsense. Tetapi anda tidak perlu minder jika pengunjung blog anda masih di bawah angka tersebut. Saya pernah membaca sebuah artikel dimana blog tersebut mendapatkan matched content saat pengunjung blognya masih di bawah seribu perhari. Mungkin bisa menginspirasi anda agar tetap semangat meskipun pengunjung blog anda masih belum mencapai ribuan.

Cara Mendapatkan Matched Content Google Adsense

Cara Mendapatkan Matched Content Google Adsense

Setelah saya simpulkan dari berbagai artikel yang saya cari di internet, untuk mendapatkan matched content, pengunjung blog anda harus stabil. Meskipun terkadang turun juga, tetapi tidak terlalu jauh turunnya. Contoh jika page views hari ini adalah 1500, page views besok adalah 1450. Jadi tetap stabil di angka 1400-1500an. Akhir-akhir ini blog saya Page Viewsnya meningkat, tetapi tidak juga mendapatkan matched content. Saat page views stabil tidak naik drastis dan tidak turun drastis, akhirnya matched content bisa saya dapatkan. Intinya stabil.

Bagaimana cara visitor stabil agar mendapatkan matched content?
Agar visitor stabil, saya menerapkan metode konsisten memposting minimal sekali dalam sehari. Sebaiknya memposting satu kali sehari tetapi konsisten setiap hari posting, dari pada sehari memposting lebih dari satu artikel tetapi tidak konsisten untuk mempublikasikan artikel dalam setiap harinya.

Selain konsisten membuat artikel setiap harinya, anda harus memahami apa yang di cari oleh visitor di blog anda. Ambil salah satu contoh, jika blog campuran yang membahas tentang android dan komputer dan lain-lain, tetapi artikel yang paling banyak di baca adalah tentang android, maka banyak visitor anda yang mencari artikel tentang android di blog anda. Lalu anda bisa membuat artikel tentang android lebih banyak lagi, tetapi agar pengunjung tidak bosan sebaiknya anda membuat artikel juga tentang komputer, sesuai label atau kategori yang sudah anda buat di blog anda.

Tetapi jika blog anda blog yang berniche, anda harus konsisten membuat artikel yang selalu berhubungan dengan niche tersebut. Dan kalau bisa setiap hari posting, meskipun blog yang berniche itu lebih sulit. Anda bisa mencari ide dari situs ubersuggest.io atau menggunakan tool keyword planner dari google Adwords, lalu setelah mendapatkan ide selanjutnya membuat artikel.

Untuk pembuatan artikel sebaiknya lebih diperhatikan, karena sangat memengaruhi SEO dan bisa bersaing di mesin pencari. Artikel sebaiknya diperbanyak jangan terlalu sedikit kata yang di hasilkan dalam sebuah artikel. Artikel harus mengandung keyword yang sebelumnya anda cari di ubersuggest atau keyword planner atau tool research lainnya.

Berapa jumlah artikel di blog agar mendapatkan matched content?
Banyak yang mengatakan untuk mendapatkan matched content jumlah artikel di dalam blog harus lebih dari 400 artikel. Mungkin itu hanya mitos, karena rafsablog mendapatan matched content dengan jumlah artikel hanya 200an biji.
Mungkin beda blog beda juga jumlah artikel untuk mendapatkan matched content ini. Mungkin juga blog anda bisa mendapatkan matched content dengan jumlah artikel yang lebih sedikit dari blog saya.

Optimalkan iklan google adsense
Nah, yang ini mungkin sangat di wajibkan. Anda bisa mengoptimalkan iklan google adsense dengan cara mencoba-coba menempatkan iklan di tata letak blog anda. Masuk di menu Optimozation untuk mengoptimalkan iklan pada google adsense, dan jika ada penawaran iklan, coba saja tidak usah khawatir. Dulu saya sebelum mendapatkan matched content juga sering buka menu Optimization untuk melihat saran iklan lainnya.

Sebelumnya saya mendapatkan saran iklan untuk pengguna mobile, lalu sudah saya pasang di blog ini, lalu beberapa saat saya cek kembali di menu Optimization dan tidak ada saran iklan lagi sampai menunggu waktu yang cukup lama, hingga akhirnya saya mendapatkan matched content di menu Optimization.

Jika anda sudah menerapkan saran-saran iklan dari google adsense pada menu Optimization, hingga akhirnya tidak ada saran iklan lagi dan menunggu waktu yang cukup lama, nanti kemungkinan saran iklan berikutnya adalah matched content. Tunggu saja.

Cara Membuat dan Memasang Matched Content di Blog

Setelah anda berhasil mendapatkan matched content dari google adsense, lalu langkah selanjutnya adalah dengan memasangnya di blog anda. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

Langkah 1: Buka sidebar menu Optimization lalu Opportunities, dan pastikan bahwa ada saran matched content dari google adsense yang bertuliskan "Promote your articles with Matched Content". Kemudian klik, lalu klik lagi I've this done.
Cara Mendapatkan Matched Content Google Adsense

Langkah 2: Lalu mulai membuat matched content dengan cara klik menu My ads, kemudian klik +Unit iklan baru.

Langkah 3: Langkah selanjutnya adalah Pilih Matched Content. Di bagian "Style" dan "Size" biarkan saja default, tetapi jika anda ingin merubah atau mengeditnya juga tidak apa-apa.
Cara Mendapatkan Matched Content Google Adsense

Langkah 4: Jika dirasa sudah cukup, lalu klik Save and Get Code.

Lalu copy code yang sudah di dapatkan dan paste di blog anda, atur posisi untuk penempatan code matched content.

Yang dapat kita simpulkan dari artikel cara mendapatkan matched content ini adalah:
  • Membuat visitor blog agar tetap stabil.
  • Memperbanyak jumlah artikel setidaknya ada 200an artikel.
  • Mengoptimalkan iklan google adsense.
  • Sering mengecek pada bagian menu Optimization dan menerapkan saran atau penawaran iklan yang disediakan.

Mungkin itu dulu artikel kali ini tentang cara mendapatkan dan membuat iklan matched content google adsense di blog.
Semoga Bermanfaat :)

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Cara Mendapatkan Matched Content Google Adsense. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon