Senin, 25 September 2017

Cara Mengatasi “Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti” di Android

Rafsablog.id - Halo pembaca setia rafsablog, kali ini rafsablog akan berbagi tutorial tentang cara mengatasi sayangnya Google Play Store telah berhenti, force close di hp Android. Google play store adalah salah satu aplikasi penting dan wajib yang berada dalam sistem operasi android. Dengan adanya google play store kita bisa mencari aplikasi apa saja yang tersedia di google play store tanpa takut mengunduh aplikasi yang salah seperti mengunduh apk di situs yang tidak tau aman atau tidak.

Tapi sayangnya di balik sebuha aplikasi yang sangat membantu tersebut terkadang juga menemukan sebuah error pada google play store, seperti; Google Play Store Has Been Stopped, Unfortunately Google Play Store Has Stopped, atau Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti. Atau bisa juga google play store berhenti secara tiba-tiba dan nggak jarang mengalami force close.

Baca juga:
Cara Mengubah Kuota Videomax Jadi Kuota Biasa
Cara Mengatasi “Sayangnya Proses com.android.phone Telah Berhenti”

Masalah yang terjadi seperti ini tidak memandang merk, hampir semua merk bisa terjadi hal seperti itu. seperti merk; Smartfreen, Samsung Galaxy, Lenovo, Asus, HTC, Xiomi, LG, Sony, Advan, Xperia, Oppo, serta merek smartphone Android lainnya. Banyak error yang terjadi pada sistem operasi android versi Jelly Bean, KitKat, dan Lollipop. Error tersebut bisa disebabkan karena beberapa faktor, seperti; memori RAM yang penuh, error pada aplikasi, dan lain-lain.


Cara Mengatasi Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti


Metode 1: Hapus Cache Pada Aplikasi Google Play Store
Untuk mengatasi sayangnya google play store telah berhenti atau force close, bisa mencoba cara ini. Karena dengan penumpukan file cache membuat ruang pada memori RAM menjadi berkurang. Sehingga ruang kosong yang masih tersisa hanya sedikit untuk menjalankan aplikasi dan mengakibatkan error yang terkadang force close secara tiba-tiba. Solusinya yaitu dengan menghapus file cache tersebut yang berfungsi agar ruang memori pada RAM cukup untuk menjalankan aplikasi google play store dan aplikasi yang lainnya.

Ada 2 cara menghapus cache pada aplikasi yaitu dengan menggunakan cara manual dan menggunakan aplikasi pihak ke tiga yaitu aplikasi cleaner (Ccleaner, Clean Master, dll) yang di khususkan untuk membersihkan junk file dan cache pada aplikasi. Tapi disini rafsablog akan menggunakan cara manual dengan menggunakan sistem operasi android versi Lolipop. Langkah-langkahnya seperti berikut.

Pertama buka Pengaturan > Setelan Tambahan > Manajemen Aplikasi > Cari "Google Play Store" > Kemudian klik Hapus Cache.

Metode 2: Hapus Data dan Hentikan Aplikasi Google Play Store Secara Paksa
Cara ini (untuk mengatasi sayangnya google play store telah berhenti) bisa anda lakukan ketika anda sudah mencoba cara yang pertama dan belum berhasil. Dengan cara ini hanya data pada aplikasi akan terhapus tetapi tidak menghapus aplikasi. Data yang terhapus seperti; cache, history pencarian, login user dan kata sandi, dan lain-lain. Ini tidak menghapus aplikasi tetapi hanya menghapus data untuk sementara saja. Berikut langkah-langkahnya.

Pertama buka Pengaturan > Setelan Tambahan > Manajemen Aplikasi > Semua > Cari "Google Play Store" > Kemudian klik Paksa Berhenti dan Hapus Data.

Metode 3: Update Versi Terbaru Google Play Store
Untuk mengatasi sayangnya google play store telah berhenti selanjutnya dengan mengupdate versi terbaru dari google play store. Dengan mengupdate google play store ke versi terbaru maka bug atau error yang berada pada aplikasi google play store akan dengan otomatis diperbaiki dan diperbarui. Anda bisa mendownload versi apknya lewat browser kesayangan anda di android.

Baca juga:
Metode 4: Uninstall dan Install Kembali Google Play Store
Jika menghapus cache dan memperbarui versi google play store tidak berhasil juga, maka saya sarankan untuk menguninstall dan install kembali google play store pada hp android anda. Jika anda belum punya apknya, anda bisa download versi apknya aplikasi google play store. Dan sebelum menginstall apk harus uninstall terlebih dahulu google play store yang lama. Cara uninstall seperti berikut.

Pertama buka Pengaturan > Setelan Tambahan > Manajemen Aplikasi > Cari "Google Play Store" > Kemudian klik Hapus Instalasi.

Lalu setelah aplikasi google play store yang lama sudah di hapus sekarang kita install google play store untuk apknya. Cara menginstall sebelumnya harus mengaktifkan izin penginstallan aplikasi dari sumber tidak di kenal terlebih dahulu, cara mengaktifkannya sebagai berikut.

Pertama buka Pengaturan > Kemanan dan privasi > Aktifkan "izin penginstallan aplikasi dari sumber tidak di kenal" dengan cara klik on pada Sumber tidak di kenal.

Metode 5: Matikan Android, Cabut Baterai, dan SIM Card
Jika metode ke-4 masih belum berhasil maka selanjutnya coba anda matikan android anda, lalu cabut baterai dan SIM card pada hp android anda. Anda diamnkan selama beberapa saat agar daya pada baterai tidak masuk pada android, lalu masukkan kembali sim card dan baterai pada hp android dan coba hidupkan kembali.

Metode 6: Menggunakan Mode Factory Reset
Jika semua metode di atas belum juga berhasil, anda bisa mencoba mode yang sangat jarang di gunakan untuk masalah sepele seperti itu, yaitu mode factory reset. Mode factory reset adalah dimana semua aplikasi yang terinstall dan data yang berada pada memori internal akan terhapus, dan hp anda akan menjadi seperti baru lagi. Untuk menggunakan mode factory reset tidak saya jelaskan disini, tetapi anda bisa mencarinya di mesin pencari.

Mungkin itu dulu artikel kali ini tentang cara mengatasi sayangnya google play store telah berhenti di android.
Semoga Bermanfaat :)

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Cara Mengatasi “Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti” di Android. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon