Kamis, 07 September 2017

Cara Membuat File Rar atau Zip dengan Mudah

Rafsablog.id - Halo pembaca setia rafablog, kali ini rafsablog akan berbagi tutorial tentang cara membuat file atau folder menjadi rar atau zip dengan mudah. Pasti anda pernah melihat file dengan format rar atau zip. File tersebut adalah file archive yang bisa di buat menggunakan software compressed. Kelebihan membuat file menjadi rar atau zip ini bisa mengurangi ukuran file yang besar.

Dan biasanya rar atau zip ini untuk menggabungkan beberapa file menjadi satu, atau istilahnya menjadikan file archive. Yang suka download pasti sudah tidak asing lagi dengan file format rar atau zip ini, terutama ketika mendownload software atau game biasanya dalam bentuk rar, zip, atau iso. Kalau membuat file iso sudah saya bahas tadi di artikel sebelumnya tentang Cara Membuat File ISO dengan Winrar, Daemon, PowerISO, dan UltraISO.

Baca juga: Cara Membuat File ISO dengan Winrar, Daemon, PowerISO, dan UltraISO

Ohh iya kelebihan dari file rar ini juga bisa meminimalisasi serangan virus yang terdapat pada komputer. Kecuali kalau yang menyerang si ransomware, bahaya! Endingnya bakal di suruh bayar pakai bitcoin~

Cara Membuat File Rar atau Zip dengan winrar

File rar atau zip bisa di buat menggunakan software compressed seperti winrar, 7zip atau winzip. Tapi hanya menggunakan winrar saja anda sudah bisa membuat file rar atau zip. Jadi saya rekomendasikan untuk membuat file rar atau zip menggunakan winrar saja. Oke langsung saja.


Cara Membuat File Rar Dengan WinRar

1. Pertama anda download terlebih dahulu software WinRar di win-rar.com/download.html.

2. Setelah di download lalu install seperti biasa.

3. Setelah selesai menginstall kemudian cari file atau folder yang ingin di jadikan rar.

4. Contoh saya disini akan membuat folder menjadi rar, klik kanan pada folder yang dipilih lalu klik tambah ke arsip atau add to archive.
Cara Membuat File Rar atau Zip dengan winrar

5. Anda bisa mengganti nama tetapi jangan hapus nama ".rar" yang berada di belakangnya, tetapi jika anda tidak ingin mensetting apapun langsung saja klik OK.
Cara Membuat File Rar atau Zip dengan winrar

Cara Membuat File Rar yang di Password

1. Cari letak file atau folder yang ingin di jadikan file rar yang di beri password.

2. Anggap saja saya memilih folder yang akan saya beri password pada file rarnya, pilih folder dan klik kanan lalu pilih tambah ke arsip atau add to archive seperti tadi.

3. Selanjutnya klik Set password... dan masukkan password yang anda inginkan, lalu klik OK dan klik OK lagi.
Cara Membuat File Rar atau Zip dengan winrar

4. Selesai.

Mudah kan, sekarang anda bisa membuat file rar sekaligus bisa membuat file rar yang di kasih password. Cara ini salah satu upaya untuk mengamankan file anda dari teman anda yang ingin tau rahasia anda, atau jika anda suka mengupload file, cara ini bisa anda lakukan untuk mencegah klaim link download anda pada orang yang tidak bertanggung jawab.

Mungkin itu dulu artikel kali ini tentang cara membuat file rar atau zip dengan mudah. Jika anda sedang mengalami masalah karene beberapa file anda hilang, anda bisa membaca tentang Cara Menampilkan File yang ke Hidden pada Windows.
Semoga Bermanfaat :)

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Cara Membuat File Rar atau Zip dengan Mudah. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon