Senin, 11 September 2017

Cara Mengatasi Virus Komputer dengan Mudah

Cara mengatasi virus komputer - Kita hidup di jaman maju dan sekarang ini hampir setiap aktifitasnya membutuhkan komputer atau gadget. Semakin berkembangnya teknologi juga tak luput dari ancaman yang bisa mengancam data kita, salah satu penyebabnya adalah virus komputer.

Virus komputer adalah sebuah perangkat lunak perusak yang bisa menyebabkan kerusakan pada sistem dan juga bisa menyebabkan kehilangan data penting pada perangkat komputer kita.

Biasanya virus ini muncul saat kita browsing di internet dan kita memasuki situs yang menyebabkan komputer kita terinfeksi virus. Selain itu juga bisa di sebabkan karena sering mencolokkan sembarang flashdisk, dan kita tidak tau kalau di dalam flashdisk tersebut sudah tertular virus, dan komputer kita bisa ikut terinfeksi.

Cara Mengatasi Virus Komputer dengan Mudah

Anda tidak perlu khawatir, karena rafsablog disini akan membahas tentang cara mengatasi virus komputer dengan mudah. Ini juga biasanya saya gunakan untuk membasmi atau mengatasi virus tingkat rendah pada windows saya hehe. Oke langsung saja.

Cara Mengatasi Virus Komputer dengan Mudah

1. Pasang Flashdisk Defender pada Komputer
Cara mengatasi virus komputer yaitu yang pertama menggunakan flashdisk defender. Flashdisk defender ini di ciptakan dan di kembangkan oleh seorang pemuda yang menjadi owner di blog HapAkcer, dan flashdisk defender ini salah satu tool kesukaan saya.

Baca juga: Cara Mengatasi Komputer Lemot dengan Mudah

Kenapa harus pasang flashdisk defender dan apa fungsinya? Biasanya komputer dengan mudah tertular virus dari sembarang mencolokkan flashdisk, padahal kita tidak tau kalau di dalam flashdisk tersebut terdapat virus yang siap menginfeksi komputer. Biasanya virus menginfeksi dengan perangkat lunak autorun yang fungsinya untuk menjalankan virus secara otomatis ketika flashdisk di colokkan.
Cara Mengatasi Virus Komputer dengan Mudah

Flashdisk defender berjalan secara diam-diam dan bisa kita cek lewat tryicon di windows. Dan fungsi dan Flashdisk Defender ini bisa mengblock aktifitas autorun pada flashdisk dan langsung menghapusnya. Sebab itulah flashdisk defender ini masuk yang pertama software aplikasi yang saya install di windows atau komputer saya untuk mengatasi virus komputer.

Flashdisk defender ini sayangnya sudah tidak di kembangkan lagi, menurut blog resminya katanya sedang sibuk di dunia nyata wkwk land. Jika anda ingin mengembangkan dari source codenya, anda bisa download di blog resminya di hapacker.wordpress.com

Untuk download flashdisk defender sudah saya sediakan dan bisa anda download.

2. Pasang Antivirus pada komputer
Cara mengatasi virus komputer yang ke dua dengan cara memasang antivirus pada komputer. Selain memasang flashdisk defender, anda juga wajib memasang antivirus pada komputer. Flashdisk defender di padukan atau di kombinasikan dengan antivirus terbaik maka jadinya akan luar biasa. Bisa menjadi duet maut dan menjadi musuh mematikan virus, Jebreeet.

Banyak antivirus terbaik yang sudah nangkring di google yang bisa anda download kapan saja, tapi biasanya saya menggunakan Avast untuk mengatasi virus bule dari luar negeri. Avast juga mempunyai fitur karantina, yang jika mendeteksi adanya virus, file yang terdeteksi virus akan di karantina, tidak langsung di delete.
Cara Mengatasi Virus Komputer dengan Mudah

Jika ternyata bukan virus tetapi di dalam file tersebut terdapat script yang terdeteksi virus, anda bisa mengeluarkan file tersebut dari karantina dan memasukkan dalam whitelist.

Untuk mengatasi virus lokal, saya menggunakan Smadav. Smadav ini sudah terkenal sekali sebagai antivirus lokal terbaik, padahal ada banyak antivirus lokal tetapi saya lebih memilih smadav. Ada banyak fitur yang terdapat dalam antivirus smadav ini yang bisa anda gunakan.
Cara Mengatasi Virus Komputer dengan Mudah

Setelah memasang antivirus, jangan lupa di scan komputer anda. Untuk hasil yang maksimal anda bisa scan komputer dengan mode Fullscan.

3. Pasang Antimalware pada Komputer
Cara mengatasi virus komputer yang berikutnya dengan cara memasang antimalware pada komputer. Kelebihan antimalware ini jika antivirus sudah membersihkan virus tetapi tetap muncul, sebagai langkah selanjutnya anda gunakan antimalware, atau kadang virus tidak terdeteksi dengan antivirus tetapi setelah di scan pakai antimalware semua virus langsung muncul.
Cara Mengatasi Virus Komputer dengan Mudah

Biasanya antimalware sudah terinstall di dalam antivirus, jaman sekarang antivirus sudah di lengkapi dengan antimalware. Tetapi jika anda ingin menggunakan antimalware sendiri anda bisa mendownload di google seperti Malwarebytes atau IObit Malware Fighter.

4. Cek Komputer Secara Manual
Cara mengatasi virus komputer secara manual. Anda juga bisa mengecek komputer secara manual untuk mengatasi virus. Biasanya virus berjalan pada background windows jadi tidak terlihat. Tetapi anda bisa melacaknya lewat taskmanager. Caranya cukup mudah, anda buka taskmanager dengan klik kanan pada taskbar lalu pilih "Start Taskmanager", atau bisa dengan cara menekan tombol ctrl+shift+esc.
Cara Mengatasi Virus Komputer dengan Mudah

Setelah jendela taskmanager terbuka, selanjutnya anda pilih tab Processes. Disitu terdapat program yang berjalan pada latar belakang windows. Anda bisa memilih program yang curigai yang sebelumnya anda tidak pernah merasa menginstall program tersebut dan tidak pernah merasa menjalankannya.

Lalu setelah program yang di curigai di temukan, anda bisa melacak letak program tersebut berada, caranya klik kanan pada program tersebut lalu pilih Find location. Anda bisa menghapus semua data di dalamnya, lalu cek kembali apakah program tersebut masih berjalan pada taskmanager, kalau masih tinggal anda klik End Process pada program yang anda pilih tersebut.

Tapi ingat, jangan salah pilih. Disitu juga terdapat program driver yang berfungsi sebagai penjembatan antara operating sistem dengan perangkat keras hardware.

Selain mengecek lewat taskmanager, anda bisa mengeceknya juga di "System Configuration". Cara membukanya tekan tombol windows+r lalu ketikkan "msconfig" dan enter. Setelah jendela system configuration terbuka, anda pilih tab Services. Jika ada yang tidak beres seperti Unknown pada Manufackturer sebaiknya anda Disable.
Cara Mengatasi Virus Komputer dengan Mudah

Lalu cek pada tab Startup, startup ini adalah tempatnya program yang berjalan otomatis setelah komputer di hidupkan, lebih tepatnya setelah booting maka program secara otomatis akan berjalan. Tak jarang virus memakai cara ini untuk beraksi di komputer anda dan akhirnya menggandakan diri dan semakin banyak di komputer.
Cara Mengatasi Virus Komputer dengan Mudah

Pada startup anda bisa program yang mencurigakan, biasanya pada startup juga menjalankan program driver, jangan salah pilih ya. Lalu setelah program yang di curigai tersebut di temukan langkah selanjutnya anda disable program tersebut. Lalu klik Appy dan OK.

5. Scan Menggunakan Tools Killer
Cara mengatasi virus komputer menggunakan tools killer. Tools Killer ini adalah sebutan yang saya buat sendiri hehe. Tools killer ini terdiri dari 9 (sembilan) tools yang saya dapatkan dari kaspersky lab. Diantaranya seperti; capperkiller, cleanautorun, fippkiller, flashfake_removal_tool, kidokiller, salitykiller, tdsskiller, virutkiller, dan zbotkiller. Saya menemukan tools tersebut secara tidak sengaja saat mengunjungi dan melihat-lihat dalamnya situs kaspersky dan menemukan tools tersebut.
Cara Mengatasi Virus Komputer dengan Mudah

Saya sering menggunakan salitykiller, tdsskiller, dan virutkiller. Jika tools tersebut kurang powerfull, anda bisa mengkombinasikannya dengan antivirus seperti Avast. Jadi proses scanning secara bersamaan antara Avast dengan tools tersebut. Cara menggunakannya sangat mudah, anda hanya tinggal membuka tools tersebut dari rar, setelah terbuka tinggal anda tekan Enter pada keyboard dan proses scanning akan berjalan secara otomatis. Saya sudah meng-uploadnya di dropbox dan bisa anda download.
Mungkin itu dulu artikel kali ini tentang cara mengatasi virus komputer dengan mudah, jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalin jejak di komentar.
Semoga Bermanfaat :)

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Cara Mengatasi Virus Komputer dengan Mudah. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon