Jumat, 01 September 2017

Inilah 10 Cara Mengatasi Android Cepat Panas

Tags

Rafsablog.id - Halo pembaca setia rafsablog, di artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang Cara Mengatasi Komputer Lemot dengan Mudah. Maka di artikel kali ini rafsablog akan membahas tentang 10 Cara Mengatasi Android Cepat Panas. Banyak sekali penyebab android cepat panas, salah satunya adalah karena banyaknya mengonsumsi daya yang tidak wajar atau berlebihan.

Banyak yang menyimpulkan smartphone yang cepat panas adalah smartphone yang harganya di bawah kategori mahal, padahal bukan itu penyebabnya, smartphone yang harganya mahal saja juga bisa panas. Smartphone panas itu sebenarnya wajar, hanya saja banyak orang yang terlalu gelisah akan hal ini. Tidak hanya pada sistem operasi android, iphone dan windows phone juga begitu. Jadi jangan salahkan hardwarenya yang menggunakan OS tertentu, karena semua OS bisa mengalami hal seperti ini.

Selain banyakanya mengonsumsi daya yang berlebihan, android yang cepat panas bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti; terlalu lama menelpon, mengaktifkan GPS, menonton film atau video, bermain game, dan lain-lain. Selain keadaan dari smartphone, keadaan alam pun juga bisa mengakibatkan android cepat panas, seperti; terkena matahari langsung dan cuaca yang bisa mengakibatkan suhu pada smartphone ikut memanas.

Cara Mengatasi Android Cepat Panas

Android yang cepat panas terus menerus tidak baik bagi kondisi smartphone anda. Terutama untuk baterai pada smartphone. Jika baterai anda cepat berkurang atau cepat habis, mungkin karena efek android yang cepat panas ini. Jadi saya sarankan jangan keseringan menggunakan android untuk beraktifitas yang mengakibatkna android cepat panas.

Cara Mengatasi Android Cepat Panas
Berikut adalah cara mengatasi android yang cepat panas, oke langsung saja.

1. Cek kondisi baterai atau ganti baterai jika di perlukan
Jika android anda cepat panas sebaiknya hal yang pertama anda cek adalah kondisi pada baterai, apakah baterai cepat habis atau malah tau-tau langsung mati. Jika iya seperti itu, maka bisa di pastikan anda harus mengganti baterai anda, dan baterai yang bagus adalah baterai yang memiliki daya yang lumayan cukup besar.

2. Jangan menggunakan smartphone ketika sedang di charger
Ini sering sekali saya temukan pada teman saya sendiri, dia merasa androidnya cepat panas. Jelas saja, ketika sedang di charger dia menggunakan smartphonenya untuk bermain game. Padahal jika begitu terus bisa mengancam keselamatan baterai, bisa saja baterai mengembang atau yang lebih parah adalah meledak. Kasus ini sering saya dengar di berita dan saya baca di artikel tentang ponsel yang meledak, penyebabnya adalah menggunakan ponselnya untuk menelpon dalam keadaan sedang di charger.

3. Hapus recent aplikasi yang masih berjalan pada background android
Jika aplikasi yang sudah di buka tetapi sudah tidak di gunakan lagi sebaiknya anda hapus dari recent aplikasi, ada juga ketika aplikasi ketika sudah tidak di gunakan tetapi maish berjalan di latar belakang android, hal inilah yang bisa menyebabkan android cepat panas. Cara mengatasi android cepat panas yaitu hapus aplikasi dari daftar recent aplikasi yang masih berjalan. Biasanya dalam aplikasi terdapat tombol keluar yang berarti mengakhiri aplikasi, tapi tak jarang orang hanya menekan tombol home atau back untuk menutup aplikasi, padahal cara seperti itu aplikasi yang baru saja di buka masih berjalan di latar belakang, dan itu menyebabkan android cepat panas.

4. Matikan fitur yang tidak digunakan dalam toggle button di android
Di dalam toggle banyak terdapat fitur-fitur android seperi; Wifi, Bluetooth, GPS, Sinkron, Mode pesawat, Hotspot, Data, dan lain-lain. Jika anda tidak menggunakan fitur dalam toggle sebaik anda matikdan jika tidak di perlukan. Biasanya yang paling cepat menyebabkan panas itu ketika GPS di aktifkan tetapi tidak di gunakan. Untuk cara mengatasi android cepat panas dengan cara mematikan fitur dalam toggle yang tidak gunakan.

5. Hapus aplikasi yang memakan RAM terlalu banyak
Tak jarang kita menginstall aplikasi yang memakan RAM terlalu banyak, ini menyebabkan space ram menjadi sedikit untuk aplikasi lain dan menyebabkan kinerja android anda semakin meningkat dan menyebabkan android cepat panas. Cek aplikasi yang yang memakan RAM banyak, jika kurang di perlukan sebaiknya anda hapus. Untuk RAM yang sudah terbilang cukup untuk menampung aplikasi besar seperti RAM 1GB ke atas mungkin tidak masalah, tapi jika RAM masih menggunakan 1GB dan di bawahnya ini sangat berpengaruh pada kondisi smartphone.

6. Jangan gunakan tweak tertentu dan jangan melakukan overclock
Bagi opreker android hal ini pasti sudah tidak asing lagi, ini khusus opreker saja, tetapi saya rasa opreker sudah tau resikonya yang ini hehe. Jangan menggunakan tweak tertentu, di beberapa tweak mungkin bisa menyebabkan irit dan hemat baterai, dan tidak panas, tapi ada juga tweak yang malah menyebabkan panas, mungkin tweak tersebut di setting khusus untuk performa jadi membuat cepat panas. Dan jangan melakukan overclok pada smartphone, overclock bisa membuat kinerja pada smartphone di atas standar, tapi resikonya adalah menyebabkan smartphone juga cepat panas. Selain menyebabkan panas, overclocking juga bisa membahayakan nyawa perangkat smartphone itu sendiri.

7. Jangan gunakan sembarang charger
Lebih baik anda menggunakan charger bawaan dari pembelian smartphone tersebut. Sebenarnya memakai charger dari smartphone orang lain itu tidak apa-apa selagi ampere pada charger tersebut sama atau lebih besar. Tidak perlu khawatir jika smartphone anda membutuhkan daya pengisian 1 ampere tetapi menggunakan charger dengan arus 2 ampere, maka yang terjadi adalah arus yang masuk pada smartphone hanya 1 ampere, itu adalah teori dari ilmu elektronika dasar yang pernah saya baca di suatu artikel. Tetapi yang bahaya adalah ketika anda salah menggunakan charger yang ternyata arus yang di keluarkan lebih kecil dari yang di butuhkan pada smartphone.

8. Hindari panas dan kontak matahari langsung
Cara mengatasi android cepat panas selanjutnya adalah dengan menghindari panas dan kontak matahari langsung. Jika android anda sudah dalam keadaan baik tetapi jika tepat di bawah teriknya matahari maka juga bisa menyebabkan android cepat panas. Lebih baik anda menggunakan smartphone anda di dalam ruangan yang sejuk agar smartphone anda tidak cepat panas.

9. Simpan android dengan benar
Simpanlah android anda di tempat yang sejuk agar meminimalisasi android cepat panas. Jangan bekap smartphone anda karena hal itu bisa menyebabkan smartphone panas. Biasanya sering di taruh di dalam tas, atau di kotak penyimpanan tertentu yang membuat smartphone cepat panas. Untuk cara mengatasi android cepat panas sebaiknya simpan android dengan benar.

10. Istirahatkan android
Jika di rasa anda menggunakan android yang terlalu lama yang menyebabkan suhu pada android yang memanas. Untuk cara mengatasi android cepat panas lebih baik anda mengistirahatkan android anda agar meredam panas tersebut.

Mungkin itu dulu artikel kali ini tentang 10 cara mengatasi android cepat panas.
Semoga Bermanfaat :)

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Inilah 10 Cara Mengatasi Android Cepat Panas. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon