Rabu, 23 Agustus 2017

Cara Mengetahui Kecepatan Internet

Rafsablog.id - Halo pembaca setia rafsablog, kali ini rafsablog akan berbagi tutorial tentang Cara Mengetahui Kecepatan Internet. Internet saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan hidup, orang menggunakan internet untuk kebutuhannya masing-masing, salah satunya untuk berkomunikasi dengan temannya yang rumahnya jauh.

Berbicara tentang internet, akses internet di Indonesia ini masih terbilang cukup lambat di ASEAN, masih kalah jauh sama negara tetangga yakni singapura yang kecepatan aksesnya lebih cepat, ini bukan tanpa asalan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan internet di Indonesia ini terbilang lambat, seperti: faktor geografis, tingginya persaingan antar ISP atau Internet Service Provider, dan lain-lain.

Cara Mengetahui Kecepatan Internet

Akses internet yang lambat seringkali membuat kita jenuh kadang juga bisa menyebabkan emosi yang tak terkendali *Curhat
Untuk itu anda harus tau bagaimana cara mengetahui atau mengecek kecepatan internet di perangkat anda.

Untuk mengetahui kecepatan internet ada beberapa cara, bisa menggunakan aplikasi di android, menggunakan ekstensi di web browser, atau bisa cek kecepatan internet lewat website yang menyediakan layanan untuk mengecek kecepatan internet.

Rafsablog akan membahas satu persatu untuk cara mengetahui kecepatan internet ini. Ok langsung saja.

Cara Mengetahui Kecepatan Internet di Android
Untuk mengetahui atau mengecek kecepatan internet di android anda bisa menggunakan sebuah aplikasi yang bisa dengan mudah anda download di playstore, berikut beberapa aplikasi untuk mengetahui atau mengecek kecepatan internet.
  • Speedtest.net
  • Simple Speed Test
  • Internet Speed Meter Lite
  • Speed Test Master (Net Boost)
  • Internet Speed Test 3G, 4G, Wifi
  • Internet Speed Test

Anda bisa download aplikasi tersebut di google playstore, cara menggunakannya pun cukup mudah. Kekurangan dari aplikasi untuk mengetahui kecepatan internet tersebut kekurangannya hanya pada iklan yang sedikit mengganggu, tapi saya rasa itu tidak masalah, dan itu wajar jika aplikasi menggunakan iklan sebagai tambahan pendapatan hehe.

Di atas tentang cara mengetahu kecepatan internet di android, sekarang kita akan membahas tentang cara mengetahui kecepatan internet menggunakan addons pada web browser.

Cara Mengetahui Kecepatan Internet Menggunakan Ekstensi di Google Chrome
Cara Mengetahui Kecepatan Internet Menggunakan Ekstensi di Google Chrome
Untuk cara selanjutnya kita akan menggunakan ekstensi pada aplikasi web browser. Saya disini menggunakan browser Chrome, oke langsung saja berikut caranya.
  1. Pertama tentunya buka browser Chrome anda di PC lalu install ekstensi Speedtest by Ookla
  2. Install ektensi seperti biasa dengan cara klik Tambahkan ke Chrome.
  3. Setelah ekstensi terpasang, selanjutnya klik icon Speedtest by Ookla di pojok kanan atas
  4. Lalu klik GO, dan lihat kecepatan internet di perangkat anda

Itu tadi tentang cara mengetahui kecepatan internet menggunakan ekstensi Speedtest Ookla di google chrome. Berikutnya adadalah cara mengetahui kecepatan internet langsung di web Speedtest.net by Ookla.

Cara Mengetahui Kecepatan Internet Lewat Situs Speedtest by Ookla
Cara mengetahui Kecepatan Internet lewat situs Speedtest by Ookla
Bagi anda yang merasa tidak ingin menginstall ektensi Speedtes by Ookla di google chrome, bisa mencoba cara ini dengan langsung datang ke situs resmi Speedtest by Ookla untuk mengecek kecepatan internet anda.
  1. Pertama pergi ke situs speedtest.net
  2. Lalu pilih dan klik host yang paling dekat dengan daerah anda
  3. Setelah itu secara otomatis akan mengecek kecepatan internet anda, tunggu hingga proses selesai

Semakin pingnya kecil maka semakin bagus dan biasanya kecepatan internet juga semakin cepat. Sebaliknya jika Download speed dan Upload speed semakin besar malah justru semakin baik.

Ohh iya, ada lagi. Tapi ini menggunakan CMD atau command prompt software bawaan pada windows. Dengan cmd ini anda juga bisa mengetahui cepat atau lambat kecepatan internet anda. Caranya gampang banget, simak berikut.

Cara mengetahui Kecepatan Internet dengan CMD
Cara mengetahui Kecepatan Internet dengan CMD
Cara ini sudah biasa saya lakukan untuk mengetahui seberapa lancarkah koneksi internet di perangkat saya. Jika hujan atau tiba-tiba merasa loadingnya lambat biasanya saya mengecek kecepatan internet lewat cmd ini. Oke langsung saja.
  1. Buka cmd dengan cara klik tombol start pada windows > All programs > Accessories > Command Prompt, atau bisa menggunakan Run, caranya tekan tombol windows+R pada keyboard lalu ketikkan "cmd" dan tekan Enter.
  2. Jika cmd atau command prompt sudah terbuka, selanjutnya ketik "ping 8.8.8.8 -t". Yang fungsi untuk mengecek atau memanggil DNS google yang biasanya kita buat browsing.

Semakin timenya kecil semakin bagus, contoh time=60ms. Dengan cara-cara yang sudah di sampaikan di artikel ini semoga bisa membuat anda mengetahui cara mengecek kecepatan internet pada perangkat anda. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalin jejaknya di komentar. Semoga bermanfaat :)

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Cara Mengetahui Kecepatan Internet. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon