Sabtu, 05 Agustus 2017

Cara Membuat Kalkulator Sederhana Dengan Notepad

Cara Membuat Kalkulator Sederhana Dengan Notepad

Rafsablog.id - Halo pembaca setia rafsablog, kali ini rafsablog akan berbagi tutorial tentang Cara Membuat Kalkulator Sederhana Dengan Notepad. sobat pasti tau apa itu kalkulator. Ya, kalkulator adalah sebuah mesin hitung yang memudahkan orang atau manusia menghitung dengan cepat.

Sampai sekarang kalkulator masih di gunakan di jaman modern ini, ya karena fungsinya yang memang sangat berguna. Dulu kalkulator sebelum ada PC ataupun smartphone, kalkulator masih menjadi benda fisik sendiri. Tapi sekarang Semenjak ada PC dan Smartphone, kalkulator bisa di gunakan di perangkat tersebut yang bersifat aplikasi dan menjadi aplikasi tambahan.

Baca juga: 8 Software yang Wajib Ada di Komputer

Rafsablog disini akan berbagi tutorial cara membuat kalkulator dengan mudah hanya menggunakan notepad dan tanpa perlu skill coding. Jadi sobat yang ingin membuat kalkulator tapi belum bisa ngoding jangan khawatir, maka dari itu artikel ini di buat.

Oke langsung saja.

Cara Membuat Kalkulator Sederhana Dengan Notepad
Bahan yang di perlukan hanya notepad saja, dan kalkulator ini hanya bisa di jalankan di sistem operasi windows karena memakai extensi khusus yang hanya ada di sistem operasi windows.

1. Pertama tentu saja sobat harus membuka "Notepad" terlebih dahulu.

2. Lalu "copy" dan "paste-kan" kode di bawah ke dalam notepad yang sudah sobat buka.
@echo off
title Kalkulator Sederhana
:ulang
echo Rafsablog
set /p A=Masukkan Angka Pertama =
set /p B=Masukkan Angka Kedua =
set /p o=Pilih Operator Hitung (*, +, -, /) =
set /a "jumlah" = A%o%B
echo Jumlah = %jumlah%
pause>null
goto ulang
3. Kemudian klik "Save As" pada notepad.

4. Kasih nama terserah sobat dengan menggunakan akhiran .bat, contoh "kalkulator.bat"

5. Lalu klik "Save"

Sekarang sobat mempunyai kalkulator sederhana buatan sobat sendiri, coba sobat buka atau jalankan, dan sobat bisa mengetikkan angka sesukanya untuk mengetes kalkulator tersebut.

Mudah kan sob, sobat hanya perlu copy dan paste kode tersebut ke dalam notepad. Kalkulator ini bisa sobat masukkan angka tak terbatas, dan hanya tekan Enter dan Enter saja untuk mengulanginya atau ke baris selanjutnya. Proses kecepat menghitung tergantung processor sobat, dan ingat kalkulator ini hanya bisa di gunakan di sistem operasi windows.

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang Cara Membuat Kalkulator Sederhana Dengan Notepad.
Semoga bermanfaat :)

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Cara Membuat Kalkulator Sederhana Dengan Notepad. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon