Kamis, 31 Agustus 2017

Cara Mengatasi Komputer Lemot dengan Mudah

Rafsablog.id - Halo pembaca setia rafsablog, kali ini rafsablog akan berbagi tutorial cara mengatasi komputer lemot dengan mudah khususnya pada sistem operasi windows. Sistem operasi windows ini adalah sistem operasi yang telah familiar dan banyak sekali penggunanya. Karena tampilannya yang simple dan mudah di pahami memudahkan penggunanya untuk memegang atau mengendalikan sistem operasi ini.

Semakin berjalannya waktu, sistem operasi juga akan terasa lamabat, tidak langsung lambat begitu saja, tetapi sedikit demi sedikit akan terasa. Hal ini mungkin tidak terasa begitu saja, tetapi seiring berjalannya waktu semakin lama juga akan terasa jika sistem operasi yang anda gunakan semakin lambat atau biasa orang menyebutnya lemot.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan komputer anda lemot, seperti; banyaknya junk file yang belum di bersihkan, registry error, banyaknya aplikasi yang berjalan padahal hanya menggunakan RAM 2GB, dan lain-lain. Maka dari itu rafsablog akan membahas cara mengatasi komputer lemot disini.

Cara Mengatasi Komputer Lemot

Efek terbesar dari komputer lemot ini bisa menyebabkan terjadinya hang dan kalau parah terpaksa mematikan komputer langsung lewat tombol power. Sebenarnya mematikan komputer langsung tanpa menshutdownnya terlebih dahulu itu tidak baik. Bisa menyebabkan terjadinya error dan kerusakan pada sistem operasi.

Oke langsung saja.

Cara Mengatasi Komputer Lemot dengan Mudah

1. Bersihkan Junk File atau File Sampah
Yang pertama biasanya terjadinya komputer lemot itu karena kebanyakan file sampah yang memberatkan kinerja pada komputer anda. File sampah pada windows ini terletak pada folder Temp. Pada folder Temp tersebut biasanya kalau windows jarang di bersihkan maka akan banyak sekali file sampah yang tidak berguna. Bagaimana cara menghapus file sampah tersebut? Cara menghapusnya cukup mudah, anda pergi ke lokasi "C:\Windows\Temp\(file sampah berada disini)". Anda bisa mengahapus file yang tidak berguna itu di folder Temp tersebut, jika ada alert yang keluar untuk membutuhkan hak akses pilih saja "Continue".

Tapi jika anda takut mengakses folder tersebut dan takut jika terjadi sesuatu, anda bisa memakai aplikasi utility untuk membersihkan file sampah yang menyebabkan terjadinya lemot pada komputer anda. Contoh beberapa software aplikasi utility untuk membersihkan file sampah pada komputer, seperi; Ccleaner, TuneUp Utility, Advanced Systemcare. Tapi untuk yang lebih ringan, anda bisa memilih Ccleaner.

2. Memperbaiki Error pada Registry
Error pada registry dapat menyebabkan kegagalan perintah pada sistem operasi windows, bisa menyebabkan lemot dan tentunya bisa menyebabkan error. Karena registry ini sangat penting bagi sistem operasi windows, sebaiknya harus di perhatikan dengan baik. Untuk memperbaiki registry yang error anda bisa menggunakan aplikasi utility, yap seperti membersihkan junk file tadi.

Sebenarnya ada banyak software aplikasi untuk memperbaiki registry ini, seperti di atas tadi, anda bisa menggunakan Ccleaner, TuneUp Utility, Advanced Systemcare atau software utility lainnya. Memperbaiki registry error ini adalah salah satu cara mengatasi komputer lemot.

3. Hapus Software atau Aplikasi yang Tidak Penting
Jika anda terlalu banyak menginstall software aplikasi tetapi tidak pernah anda gunakan sebaiknya anda hapus. Karena kebanyakan software aplikasi dapat menyebabkan komputer lemot, sebaiknya anda hapus aplikasi yang tidak penting. Cara menghapusnya bagaimana? Caranya mudah, pergi ke "Control Panel\Programs\Programs and Features"

Atau jika anda bingung bisa melakukan langkah berikut ini: Klik start > Control Panel > pada bagian Program pilih Uninstall a program > lalu pilih program yang akan di unisntall dan klik Uninstall.

4. Kill Aplikasi yang Tidak Penting Lewat Task Manager
Meng-kill proses dari task manager ini juga bisa anda gunakan jika terdapat program aplikasi yang susah sekali di keluarkan atau terjadinya "not responding". Jika komputer lemot dan tau-tau hang ketika menjalankan program, anda bisa menggunakan cara ini untuk meng-kill program yang membuat hang tersebut. Caranya dengan menekan tombol "CTRL+ALT+DEL" lalu pilih Task Manager, atau bisa menggunakan cara yang ke dua, klik kanan pada Taskbar lalu pilih Start Task Manager.

Jika Task Manager sudah terbuka, selanjutnya anda pilih tab applications lalu pilih aplikasi yang sekiranya tidak penting, lalu klik "End Task".

5. Kill Proses yang Memberatkan Kinerja dan Memakan RAM Banyak Lewat Task Manager
Kalau yang di atas tadi meng-kill aplikasi yang tidak penting dan aplikasi yang not responding, tetapi kalau ini meng-kill proses aplikasi yang meberatkan kinerja dan memakan RAM banyak. Aplikasi yang memakan RAM banyak bisa menyebabkan lemot pada komputer. Untuk mengatasi komputer lemot anda bisa meng-kill proses yang memakan RAM banyak tersebut.

Caranya seperti di atas tadi, tekan tombol "CTRL+ALT+DEL" > pilih Task Manager. atau bisa juga dengan klik kanan pada Taskbar lalu pilih Start Task Manager. Ketika Task Manager sudah terbuka, lalu klik tab Processes. Disitu akan terlihat program yang berjalan pada background sistem operasi. Cari aplikasi yang membuat kinerja berat dan memakan RAM banyak, bisa di tandai dengan banyaknya angka atau Kilobyte pada bagian Memory (Private Working Set). Pilih aplikasinya lalu klik End Process. Tapi jangan kill aplikasi dari sistem dan driver ya!

6. Mengurangi Aplikasi yang Berjalan pada Startup
Program aplikasi yang berjalan pada startup juga bisa menyebabkan komputer lemot. Program yang berjalan pada startup adalah program yang otomatis berjalan saat proses booting atau ketika komputer mulai di hidupkan. Untuk mengatasi komputer lemot anda bisa mendisable program yang tidak perlu di jalankan di startup.

Cara mendisable program di startup sebagai berikut: tekan tombol "window+R" lalu ketik "msconfig". Nanti akan muncul jendela System Configuration. Setelah jendela System Configuration terbuka selanjutnya buka tab Startup, lalu pilih aplikasi yang sekiranya tidak di butuhkan saat komputer mulai di hidupkan, lalu unchecklist atau hilangkan tanda centang pada aplikasi tersebut, atau bisa dengan cara klik Disable.

7. Scan Komputer dengan Antivirus yang Terupdate
Komputer lemot bisa di sebabkan oleh virus dan sekutunya, maka dari itu jika merasa komputer anda lemot pada kasus yang tidak wajar maka segera scan komputer anda dengan antivirus yang terupdate. Jenis virus ada banyak sekali maka untuk berjaga-jaga anda siapkan antivirus yang terupdate. Antivirus jaman sekarang sudah di lengkapi dengan fitur anti malware, jadi saat scan virus pada komputer bisa juga sekalian scan malware.

8. Defrag Harddisk pada Komputer
Mendefrag harddisk atau HDD adalah salah satu cara mengatasi komputer lemot, tapi dengan satu syarat, yaitu masih tersisa 20 persen free space pada HDD. Defrag ini berfungsi untuk menata susunan data yang berceceran pada HDD. Mendefrag HDD jangan terlalu sering di lakukan, pernah saya baca di artikel kalau semakin sering mendefrag HDD maka akan semakin buruk juga kualitas membaca pada HDD.

Itulah cara mengatasi komputer lemot. Sebenarnya ada lagi cara mengatasi komputer lemot dengan cara mendisable services, tetapi saya rasa itu tidak perlu di lakukan. Banyak sekali tutorial di internet tentang cara mengatasi komputer lemot yang sampai mendisable services pada sistem operasi windows, tetapi agar windows tetap berjalan dengan baik pada semestinya maka dari itu mendisable services tidak saya taruh di artikel ini.

Mungkin itu dulu artikel kali ini tentang cara mengatasi komputer lemot.
Semoga Bermanfaat :)

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Cara Mengatasi Komputer Lemot dengan Mudah. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon