Minggu, 16 April 2017

Cara Menginstall Linux dengan Mudah dan Lengkap

Cara menginstall Linux
Rafsablog.id | Halo pembaca setia rafsablog, kali ini saya akan berbagi tutorial cara menginstall sistem operasi linux. Berbeda dengan sistem operasi windows yang komersil atau berbayar. Sistem operasi linux adalah sistem operasi open source, yaitu sistem operasi free atau gratis dan boleh dikembangkan oleh siapapun.

Tag
Cara install linux
Cara menginstall linux
Cara menginstall linux backbox
Cara Menginstall Linux dengan Mudah
Cara Menginstall Linux dengan Mudah dan Lengkap

Karena open source, sistem operasi linux ini perkembangannya sangat pesat menurut saya, dilihat dari banyaknya distro linux baru yang keluar.

Sobat bisa melihat kumpulan distro linux di distrowatch. Dari yang sesepuh sampai distro terbaru ada disitu. Saya sendiri juga sering mampir disitu, walaupun cuma sekedar lihat-lihat 😁

Banyak orang yang menggunakan linux untuk berbagai kebutuhan seperti perkantoran, manajemen server, pentest, dan lain-lain.

Disini saya akan berbagi tutorial cara menginstall sistem operasi linux, ceritanya masih kelanjutan dari cerita yang kemarin hihi. Abis nginstall windows dan mau bikin dualboot dengan linux. Sekalian dibikin tutorial dan di post di blog 😁

Oke langsung saja gaesss..
Ohh iya, disini saya akan menginstall linux backbox, kalau sobat tidak ingin backbox, sobat bisa mencari selain backbox yang berbasis ubuntu, cara menginstallnya sama aja kok. Tapi disini saya memakai backbox hehe.

Oke persiapan bahan terlebih dahulu.
1. Keping kaset atau Flashdisk untuk penyimpanan linux
2. DVD ROM jika menggunakan keping kaset
3. ISO linux, sobat bisa mencarinya di distrowatch (recommended karena lengkap) atau bisa mendatangi langsung di situs resminya.

Langkah selanjutnya..
Jika bahan sudah terkumpul, sebelumnya burning dulu isonya ke kaset (jika menggunakan kaset) bisa menggunakan ultra iso, power iso (bisa cari di google), atau software burning lainnya. Jika dengan flashdisk, sobat bisa menggunakan rufus (bisa cari di google) sebagai perantara copying isonya. Disini saya asumsikan sobat sudah mempunyai kaset atau flashdisk yang di dalamnya sudah terpasang linux.

Cara Menginstall Sistem Operasi Linux

1. Jika sobat sudah selesai dengan langkah di atas, sebelum memulai menginstall linux, sobat masuk dulu ke bios dan atur dulu first bootnya jadi DVD Rom untuk kaset, atau Removable disk/usb untuk flashdisk. Cara masuk ke bios dengan mentekan tombol f2 atau delete, saat komputer sedang booting atau saat sedang baru dihidupkan langsung tekan f2 atau delete. Jangan di 'save dan exit' dulu, lanjut ke langkah ke-dua, masih dalam posisi di BIOS.

2. Masukan kaset atau colokkan flashdisk ke port usb, lalu di bios tekan tombol f10 untuk 'save and exit' lalu pilih yes, untuk menyutujui. Dan setelah itu nanti komputer akan otomatis me-restart.

3. Tunggu hingga sampai masuk desktop, lalu kemudian pada desktop klik Install Backbox Linux, lalu sobat disuruh untuk memilih bahasa (saya menggunakan bahasa indonesia). Tampilannya kira-kira seperti dibawah. Jika sobat sudah pilih bahasa yang cocok, lalu klik Lanjutkan.
Cara menginstall Linux

4. Lalu sobat akan di arahkan pada jaringan nirkabel atau wifi, pilih saja "Saya tidak mau menyambung ke jaringan wi-fi saat ini" lalu klik Lanjutkan.
Cara menginstall Linux

5. Checklist "pasang perangkat lunak pihak ketiga" jika sobat membutuhkannya, kalau tidak, tidak di checklist tidak apa-apa. Kalau saya tidak men-checklist, lalu klik Lanjutkan.
Cara menginstall Linux

6. Jenis lnstallasi pilih yang option "sesuatu yang lain", karena kita akan mempartisinya secara manual. Lalu klik Lanjutkan.
Cara menginstall Linux

7. Nahh disini sudah berada di custom partisi, kita akan membuat partisi Root dan Swap, Root dan Swap adalah partisi yang wajib. Tetapi jika sobat ingin menambahkan Home juga tidak masalah. Disitu terdapat file sistem jenis ntfs itu punya windows saya, dan terdapat ruang kosong untuk linux nantinya ya karena saya ingin membuat dualboot ini.
Cara menginstall Linux

8. Arahkan pada 'ruang kosong' lalu klik tombol plus '+' disamping kiri, lalu atur ukuran swap. Untuk ukuran swap adalah 2 kali ukuran RAM, karena ukuran ram pada netbook saya 4GB jadi di swap saya membuat 8GB. Jenis partisi baru pilih yang 'Logika', lalu Lokasi partisi baru pilih yang "Mulai dengan spasi berikut ini", lalu 'gunakan sebagai' pilih "Ruang swap", lalu klik OK.
Cara menginstall Linux

9. Selanjutnya kita akan membuat partisi untuk '/' Root. Seperti langkah di atas, arahkan pada 'ruang kosong' lalu klik tombol plus '+' disamping kiri, lalu atur ukuran root, disitu saya memakai 49GB, 'Jenis partisi baru' pilih yang "Utama", lalu 'Lokasi partisi baru' pilih yang "Mulai dengan spasi berikut ini", lalu 'Gunakan sebagai' pilih yang "sistem berkas berjurnal Ext4", dan 'Titik kait' pilih yang '/' karena kita akan membuat partisi untuk root. lalu klik OK.
Cara menginstall Linux

10. Kalau sudah selesai kira-kira nanti tampilan seperti ini, disitu tertera swap dan root, nah kita sudah berhasil membuat dua partisi yang wajib ada untuk linux.
Cara menginstall Linux

11. Lalu arahkan pada partisi root '/' yang kita buat tadi, lalu klik Lanjutkan.
Cara menginstall Linux

12. kemudian disuruh memilih lokasi sobat tinggal, Karena kita tinggal di indonesia jadi kita pilih Jakarta, lalu klik Lanjutkan.
Cara menginstall Linux

13. Kita di arahkan ke susunan keyboard atau papan ketik, pilih yang standar aja seperti itu, lalu klik Lanjutkan.
Cara menginstall Linux

14. Nah dan kita akhirnya disuruh membuat akun untuk login nantinya. Isi 'Nama anda' dan 'sandi'. Punya saya kira-kira seperti gambar di bawah. Lalu klik Lanjutkan.
Cara menginstall Linux

15. Tunggu prosesnya hingga selesai πŸ˜„
Cara menginstall Linux

16. Jika sudah selesai, nanti sobat diminta untuk merestart komputer sobat, biasanya pas sudah selesai installnya yang menggunakan kaset nanti akan keluar otomatis kasetnya, jika menggunakan flashdisk cabut saja flashdisknya nanti pas komputer restart.

Maaf sob, ini tutor bikin live saat installasi, maaf kalau gambarnya belum saya crop wkwk, kalu gambarnya kurang jelas di klik saja untuk zoom, atau di save terus di zoom lewat foto editor sobatπŸ˜‚

Oke mungkin itu saja tutorial Cara Install Linux.
Jika ada yang mau ditanyakan atau mau ngasih saran, monggo komen dibawah.
Oke semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Cara Menginstall Linux dengan Mudah dan Lengkap. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon