Kamis, 03 November 2016

Superhero Indonesia ini Pernah Masuk dalam Komik Marvel dan DC

Tags


Rafsablog.id | Puluhan tahun bertahan menjadi dua perusahaan raksasa di bidang hiburan, Marvel dan DC sudah menghadirkan banyak deretan karakter superhero yang kisahnya mendunia dan aktif menjadi atribut pop culture hingga detik ini

Dan belum banyak diketahui, ternyata keduanya pernah menghadirkan masing-masing satu sosok tokoh superhero yang berasal dari tanah air tercinta Indonesia!

Marvel dengan tokoh Melati Kusuma serta DC dengan Sujatmi Sunowaparti.

Keduanya adalah superhero perempuan yang dikisahkan memegang peran penting di organisasi superhero masing-masing. Selamat menyimak!~

1. Melati Kusuma atau Komodo (Marvel)
Melati Kusuma atau Komodo
Kekuatan super: kemampuan menyembuhkan diri sendiri lebih cepat dari manusia pada umumnya; mampu bertransformasi menjadi makhluk reptil (menyerupai Komodo) lengkap dengan kekuatan, refleks, serta cakar tajam di jari-jarinya; proses transformasi wujud manusia ke reptil dan sebaliknya berada dalam kontrol Melati seutuhnya.

Melati Kusuma adalah perempuan Indonesia yang menempuh pendidikan di Universitas Empire State, Amerika Serikat

Perempuan jenius ini adalah mantan anak didik Dr. Connors, tokoh yang kemudian menjadi musuh para superhero bernama lain Lizard, di universitas tersebut

Melati Kusuma dikisahkan sebagai perempuan di kursi roda karena kedua kakinya harus diamputasi akibat kecelakaan mobil yang menimpanya. Salah satu murid terpandai di Universitas Empire State ini pun tertarik untuk mempelajari lebih lanjut ramuan regenerasi DNA yang sebelumnya diteliti oleh Dr. Connors. Melihat bakat yang dimiliki Melati, Dr. Connors menerima Melati sebagai asistennya di laboratorium untuk mengembangkan penelitiannya tersebut.
Melati Kusuma atau Komodo

Setelah pada akhirnya mampu menyempurnakannya, Melati menguji coba ramuan tersebut pada dirinya sendiri dan berujung membuatnya bermutasi menjadi sosok yang kemudian kita kenal sebagai Komodo dengan berbagai kemampuan super yang dimilikinya.

Melati atau Komodo kemudian bergabung dengan The Initiative, kumpulan superhero muda yang merupakan program pemerintah.
Melati Kusuma atau Komodo

Dalam salah satu serial di komik, Melati menjelaskan bahwa Komodo, nama samarannya, berasal dari jenis hewan reptil asli Indonesia. Selain itu, ia juga mengungkap arti dari nama aslinya yakni Melati yang merupakan nama jenis bunga dan Kusuma yang berarti bunga dalam bahasa Jawa.

Melati sempat memiliki hubungan dengan Roger Brokeridge atauHardball, sesama anggota The Initiative yang mampu menciptakan bola energi dari kedua tangannya.

Hubungan keduanya berakhir saat Hardball keluar dari tim The Initiative dan bergabung dengan HYDRA, salah satu organisasi teroris terbesar musuh bebuyutan para superhero. Namun kemudian diketahui Hardball memutuskan demikian sebagai bagian dari rencana untuk menyerang HYDRA dari dalam.

2. Sujatmi Sunowaparti atau Cascade (DC)
Sujatmi Sunowaparti atau Cascade


Nama samaran: Cascade.

Kekuatan super: bertransformasi menjadi elemen air; mengendalikan dan memanipulasi air menjadi berbagai macam bentuk sesuai keinginannya.

Sujatmi Sunowaparti atau Cascade adalah anggota dari Global Guardians, kelompok superhero dalam DC yang berasal dari berbagai belahan dunia
Sujatmi Sunowaparti berasal dari sebuah keluarga besar di pulau Jawa, Indonesia. Dia dikisahkan sebagai sosok yang vokal dan aktif melawan pemerintah lokal yang terlalu otoriter. Suatu ketika saat terjadi kericuhan di Kalimantan tempatnya bekerja, dia terkena radiasi dari radioactive isotope yang membangkitkan metagene dalam dirinya. Dalam dunia DC, metagene merujuk pada gen yang terdapat pada beberapa manusia yang dapat menjadi manusia super saat metagene dalam dirinya terpicu untuk bangkit.

Cascade pertama kalinya diperkenalkan oleh Martian Manhunter saat program Global Guardians hampir dinonaktifkan. Sujatmi, sebagai anggota baru, diharapkan dapat menambah kekuatan tim Global Guardians.
Sujatmi Sunowaparti atau Cascade

Namun, kisah Cascade tidak memperoleh banyak slot dalam komik
Hampir semua kemunculannya dalam komik hanya sebagai cameo
Daftar edisi komik yang menampilkan kemunculan Cascade bisa dilihat disini.

says.com

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Superhero Indonesia ini Pernah Masuk dalam Komik Marvel dan DC. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

2 komentar

keren yah gan Indonesia... harusnya sekarang semakin tambah keren lagi

Ini beneran gan? ane baru tau. Namanya juga lucu gan haha antimainstream banget

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon