Kamis, 01 September 2016

Misteri Putri Duyung

Tags

Misteri Putri Duyung
Rafsablog.id - Sobat pasti tak asing lagi dengan kata Putri duyung, yapp manusia setengah ikan. Putri duyung adalah makhluk air yang memiliki tubuh layaknya seorang perempuan dari pinggang sampai kepala, sedangkan bagian tubuhnya dari pinggang ke bawah menyerupai ikan.

Dalam mitologi Yunani kuno, putri duyung dikatakan selalu menggoda para pelaut yang lalai; siapa saja yang tergoda akan menemui ajalnya.

mitologi Yunani berisi cerita tentang dewa Triton, utusan duyung dari laut, dan beberapa agama modern, termasuk Hindu dan Candomblé (keyakinan Afro-Brazilian).

Konon katanya nyanyian putri duyung dapat memikat orang yang mendengarnya, karena terpikat dengan suaranya yang indah, banyak orang yang tenggelam karena mencari suara tersebut.

Dalam legenda lain putri duyung juga ada yang berteman dengan manusia, bahkan menikah dengan manusia.

Mitos pertama putri duyung mungkin berasal sekitar 1000 SM - Yang menceritakan kisah seorang dewi Suriah yang terjun ke danau untuk berubah menjadi ikan, tetapi keindahan besar nya tidak bisa diubah.

Kisah Putri Duyung (Di kutip dari Wikipedia)
Cerita tentang putri duyung pertama kali ditemukan di Asiria. Cerita itu berkisah tentang Dewi Atargatis, ibu dari ratu Asiria, Semiramis. Dewi Atargatis jatuh hati pada seorang gembala, yang kemudian terbunuh olehnya. Karena malu, ia menceburkan diri ke danau untuk mengubah diri menjadi ikan. Namun, air tidak bisa mengubah dirinya sepenuhnya karena kecantikannya sebagai seorang dewi. Akhirnya, hanya separuh tubuhnya yang menjadi ikan—dari pinggang ke atas berwujud manusia, dari pinggang ke bawah berwujud ikan—meskipun dalam penggambaran pada zaman dahulu, Atargatis dilukiskan sebagai ikan berkepala dan bertangan manusia, mirip seperti Dewa Ea dari Babilonia. Bangsa Yunani mengenali Atargatis sebagai Derketo.

Dalam legenda Yunani dikisahkan bahwa adik Aleksander Agung, Thessalonike, berubah menjadi putri duyung setelah kematiannya, dan bergentayangan di Laut Aegea. Ia akan selalu mengajukan satu pertanyaan kepada pelaut pada setiap kapal yang dijumpainya: "Apakah Aleksander masih hidup?" (bahasa Yunani: "Ζει ο Βασιλιάς Αλέξανδρος"), dan jawaban yang tepat adalah: "Ia masih hidup dan berkuasa dan menaklukkan dunia" (bahasa Yunani: "Ζει και βασιλεύει και τον κόσμο κυριεύει"). Jawaban tersebut akan membuatnya senang, sehingga ia akan membuat perairan menjadi tenang dan menyelemati kapal yang melintas. Jawaban lain akan membuatnya marah, sehingga ia akan mendatangkan badai dan melaknat kapal beserta pelaut di dalamnya.

ini salah satu rekaman video putri duyung



Sobat percaya dengan adanya putri duyung?
Silahkan ninggalin jejak di komentar.

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Misteri Putri Duyung. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

9 komentar

kalau duyung nya yg kaya di tv ane mau pacarin gan :v :v :v

Ane kurang percaya sih min karna belum ditemukannya sumber yang jelas dimana letak keberadaannya :3

putri duyung yang ada di foto google itu banyakan rekaan untuk mendongrak film yang ada puriduyungnya misal pirate caribean itu..

etdahh~
tapi terserah ente aja dah :D

karena itu sampai sekarang masih menjadi sebuah misteri :3

saya pernah baca juga tentang legenda putri duyung, katanya putri duyung itu ganas, nggak bersahabat sama sekali seperti yang ada di film-film.

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon