Senin, 12 September 2016

Fakta Unik Tentang Kepiting Horseshoe

Tags

Fakta Unik Tentang Kepiting Horseshoe

Rafsablog.id - Kali ini Rafsablog akan membahas seputar Fakta Unik Tentang Kepiting Horseshoe. Kepiting horseshoe atau biasa di kenal dengan Belangkas yang bentuknya seperti helm dengan ekor panjang dengan darah birunya yang telah menyelamatkan manusia. Setiap tahunnya ada sekitar 600 ribu kepiting yang di tangkap untuk di donasikan darah mereka kepada manusia.

Kepiting Horseshoe hidup di laut dari keluarga Limulidae dan Xiphosura atau Xiphosura, yang hidup terutama di sekitar perairan laut dangkal di berpasir lembut atau dasar berlumpur.

Mereka kadang-kadang datang ke pantai untuk kawin. Mereka umumnya digunakan sebagai umpan dan pupuk. Dalam beberapa tahun terakhir, penurunan populasi telah terjadi sebagai konsekuensi dari kerusakan habitat pesisir di Jepang dan pemanenan di sepanjang pantai timur Amerika Utara.

Tetrodotoxin mungkin hadir dalam roe dari spesies yang mendiami perairan Thailand. Karena asal mereka 450 juta tahun yang lalu (Mya), kepiting horseshoe dianggap fosil hidup.

Kepiting Horseshoe
https://en.wikipedia.org/wiki/Horseshoe_crab#/media/File:Limulus.jpg

Selama musim kawin, kepiting horseshoe ini bermigrasi ke perairan pantai yang dangkal. Kepiting jantan memilih betina dan menempel di punggungnya. Betina menggali lubang di pasir dan meletakkan telurnya sementara jantan membuahi telur.

Betina dapat meletakkan antara 60.000 dan 120.000 telur dalam batch dari beberapa ribu pada suatu waktu. Telur menetas memakan waktu sekitar dua minggu, burung di pantai memakan banyak dari mereka sebelum mereka menetas.

Larva berganti kuli enam kali selama tahun pertama. Budidaya kepiting horseshoe di penangkaran telah terbukti sulit. Beberapa bukti menunjukkan kawin terjadi hanya di hadapan pasir atau lumpur di mana telur kepiting horseshoe ini yang menetas. Hal ini tidak diketahui dengan pasti apa yang dirasakan dalam pasir oleh kepiting, atau bagaimana mereka merasakan hal itu.

Kepiting Horseshoe
https://en.wikipedia.org/wiki/Horseshoe_crab#/media/File:Tachypleus_tridentatus_Cat_ba_2.JPG

Seluruh tubuh kepiting horseshoe dilindungi oleh karapas keras. Ini memiliki dua mata majemuk lateral, masing-masing terdiri dari sekitar 1000 ommatidia, ditambah sepasang mata median yang mampu mendeteksi baik cahaya tampak dan sinar ultraviolet, sepasang mata lateral yang belum sempurna di atas, dan mata intraparietal tunggal.

Sebelum embrio menetas yang terakhir menjadi fungsional. Juga, di dekat mulut ada sepasang mata ventral, serta sekelompok fotoreseptor pada telson. Meskipun memiliki penglihatan yang relatif rendah, hewan ini memiliki batang terbesar dan kerucut dari setiap hewan yang dikenal, sekitar 100 kali ukuran manusia.

Mulut terletak di pusat kaki, yang basis disebut sebagai gnathobases dan memiliki fungsi yang sama dengan rahang dan membantu menggiling makanan. Tapal kuda kepiting memiliki lima pasang kaki untuk berjalan, berenang, dan makanan pindah ke mulut, masing-masing dengan cakar di ujungnya, kecuali untuk pasangan terakhir.

Panjang, lurus, ekor kaku dapat digunakan untuk flip hewan lebih jika terbalik, sehingga kepiting tapal kuda dengan ekor yang rusak rentan terhadap pengeringan atau predasi.

Itulah Fakta Unik Tentang Kepiting Horseshoe.
Semoga Bermanfaat :)

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Fakta Unik Tentang Kepiting Horseshoe. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

12 komentar

nambah ilmu lagi nih, makasih gan infonya

kepitingnya aneh gan. langka banget kayakanya

iya gan, banyak yang nyari soalnya

iya gan sekarang semakin langka

jelas dong gan :)
pantengin terus Rafsablog.com biar nambah wawasan :D

makasih kembali sudah mampir kesini gan ^_^

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon