Minggu, 11 September 2016

Alasan Mengapa Jarum Jam Berputar ke Kanan

Tags

Alasan | Mengapa Jarum Jam Berputar ke Kanan | rafsablog.com
Rafsablog.id - Hai sob, kali ini Rafsablog akan membahasa tentang Alasan Mengapa Jarum Jam Berputar ke Kanan. Kalian pernah dengar frasa "berputar searah jarum jam" ?
Yapp yang di maksud berputar searah jarum jam adalah berputar kenan.
Kalian pernah berpikir kenapa jarum jam berputar ke kanan?
Ayo kita cari tau :)
Mari simak berikut ini..

Bagaimana jarum jam berputar ke kanan? Asal rotasi ini tidak terlepas dari faktor geografis peradaban besar kuno-Mesir, Romawi, Yunani, Babilonia, atau Cina; yang di belahan bumi utara.

Menurut sumber dari wikipedia, "Satu jam adalah satuan waktu. Panjang satu jam adalah 1/24 (satu per doa puluh empat) hari."

Tapi disini Rafsablog.id bukan membahas soal penemu jam, melainkan mengapa jarum jam berputar ke kanan?
Seperti yang sudah Rafsablog katakan di atas tadi, sebelumnya peradaban besar kuno-Mesir, Romawi, Yunani, Babilonia, atau Cina sudah memgenal penunjuk waktu atau yang kita kenal sekarang adalah jam. Penunjuk waktu jaman dulu bukan seperti jam mekanik layaknya jaman sekarang, tapi menggunakan jam matahari atau sundial.

Alasan | Mengapa Jarum Jam Berputar ke Kanan | rafsablog.com
Di Mesir matahari pada awalnya terdiri dari dua bagian, yaitu papan berbentuk lingkaran persegi bertuliskan nomor serta tiang segitiga (gnomon) ditempatkan berdiri tegak lurus ke papan. Ketika matahari bersinar, bayangan gnomon akan menimpa papan dan menunjukkan waktu saat ini.

Karena peradaban kuno yang terletak di belahan bumi utara dan matahari di belahan bumi selatan, bayangan timer akan bergerak ke kanan.

Tapi ketika jam tersebut di belahan bumi selatan maka jarum bergerak ke kiri, Sementara itu, jika jam tersebut tepat di garis khatulistiwa, dari bayangan akan bergerak lurus dari barat ke selatan.

Dan pada akhirnya jam mekanik di temukan dari bangsa barat, namun kebiasaan jarum jam yang memutar ke kanan sampai saat ini tidak berubah atau sama tidak ada perubahan.
Jam mekanik nampaknya menjadikan jam jaman dulu lebih efisien, karena jikalau di tempatkan di mana saja tetap berputar ke kanan dan lebih simpel.

Mungkin itu saja sob, itulah Alasan Mengapa Jarum Jam Berputar ke Kanan.
Semoga artikel ini menambah wawasan sobat :)

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Alasan Mengapa Jarum Jam Berputar ke Kanan. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

6 komentar

Wah baru tahu saya kenapa jarum jam berputar ke kanan.

oooh jadi gitu yah... ikutin arah bayangan matahari :)

Kl misal jaman skrng ikutin bayangan matahari betapa sulitnya ya secara sudah bnyk gedung2 tinggi

baru taahu alasannya gaan thank

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon