Senin, 22 Juni 2015

10 Hal yang Mengurangi Pahala Puasa


Wahh lama banget kagak posting ya broo wkwk :v
Kemaren adek ponakan gw angkat jadi penulis di BlogRafsa, tapi juga jarang posting :v
Parahdah~ wkwkwk yaudah gapapa :)
Oh iya Ini puasa, ada nggak yang kagak ikut puasa hari ini?
Pastinya pada puasa-kan? :)
Hmm.. di postingan kali ini BlogRafsa akan membahas tentang Hal yang Mengurangi Pahala Puasa
Ini saya rangkum dari berbagai sumber di mesin pencari google :v
Oke langsung saja yakk :)

Puasa merupakan rukun islam yang nomer 4, kita sebagai umat muslim tentunya sangatlah wajib untuk menjalankan ibadah puasa. Sebab yang namanya rukun itu wajib dikerjakan dan apabila tidak dikerjakan maka kita akan mendapatkan dosa, puasa yang masuk kepada rukun islam salah satunya adalah puasa ramadhan.

Oke di bawah ini adalah Hal yang Mengurangi Pahala Puasa

Berkata bohong (Berdusta)
Berbohong sekali dapat memicu kebohongan berikutnya. Bahkan dalam pelajaran mahfudlot disebutkan bahwa pusat dari sebuah dosa adalah berbohong. Nah dalam hal berpuasa juga sebisa mungkin harus dihilangkan sifat yang suka berbohong dalam hal apapun, dalam pekerjaan, sosial masyarakat, dalam keluarga bahkan dalam diri sendiri.. Dikutip dari Abu Hurairah, Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda. “Artinya: Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta dan (tetap) mengamalkannya, maka tidaklah Allah Azza wa Jalla butuh (atas perbuatannya meskipun) meninggalkan makan dan minumnya”.
Jangan suka berbohong ya broo gak baik :)

Menggosipi orang lain (Ghibah)
Ghibah lebih kejam dari perzinahan, kenapa demikian ? Karena menggibah berhubungan dengan orang lain, jika kita belum  meminta maaf ke orang yang di ghibah tersebut, maka  Allah tidak akan mengampuni kita. Menggosip biasa dilakukan oleh kaum hawa beserta kumpulanya. Membicarakan aib prang lain bahkan berujung kepada fitnah.
Kalo berbicara yang perlu-perlu aja broo nggak usah bikin panas suasana :v
Lebih baik berdzikir :)

Memberikan kesaksian palsu saat berpuasa
Hati-hatilah dalam berjanji, hati-hati dalam berbicara ataupun bersumpah, janganlah mudah mengatakan “Demi Allah”. “Lima hal yang dapat menghilangkan pahala orang yang berpuasa, yakni berbohong, menggunjing, mengadu-domba, bersumpah dusta dan memandang dengan syahwat.” (HR Bukhari dan Muslim)

Membicarakan hal hal yang keji/kotor (Rafats)

Seperti berbicara seputar sek, termasuk sumpah serapah atau ucapan kotor yang timbul akibat amarah.
Kalo puasa gini jangan bahas soal gituan ya broo, bahas yang bagus-bagus aja :)
Seperti bahas EsBuah, EsDegan, EsCendol seputar bulan puasa :)
Contoh: bahas mau ngadain buka bersama :)

Laghwu ( uacapan yang tidak bermanfaat)
Mengucap berarti berbicara, bercengkrama namun dalam penggunaan bahasa atau kosa kata masuk dalam kategori jelek. seperti misuh, atau mengatakan orang lain dengan konotasi yang buruk sehingga menyakiti hati orang tersebut.

Adu domba
Menyebarkan isu-isu yang dapat menimbulkan perpecahan maupun perselisihan baik itu di lingkungan keluarga, tempat kerja maupun yang lainnya.
Namimah atau Adu domba adalah menukil (memindahkan) ucapan seseorang kepada orang lain dengan tujuan merusak hubungan atau persaudaraan di antara keduanya.
Rasulullah n bersabda:
لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ قَتَّاتٌ

“Tidak akan masuk surga, orang yang qattat (yakni ahli namimah).” (HR. Al-Bukhari dari Hudzaifah z)

Memandang segala sesuatu yang dapat menggugah nafsu syahwat

Dalam hal ini arti kata memandang adalah melihat secara terus menerus dan dibarengi dengan niat sehingga memunculkan syahwat. Seperti halnya seorang laki-laki yang melihat perempuan yang berpenampilan seksi dan juga perempuan yang melihat laki-laki dan dalam fikiran mereka tumbuh syahwat. Keinginan untuk melakukan hal yang tidak baik.

Mendengarkan segala sesuatu yang dibenci agama

Mendengarkan sesuatu yang dibenci agama disini adalah seperti halnya kita mendengar seorang yang menggunjing, seorang yang lagi memfitnah. Ada pula mendengarkan ceramah agama yang berisi menjelek-jelekan agama Islam. Mendengarkan propaganda dan secara tidak langsung sedikit mempercayainya. Hal ini juga dapat mengurangi pahala puasa.

Melakukan perbuatan tercela

Melakukan perbuatan yang dapat merugikan orang lain seperti berkelahi, memfitnah, pergi ke tempat maksiat atau perbuatan haram seperti berjudi. Dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda. “Artinya: Puasa bukanlah dari makan, minum (semata), tetapi puasa itu menahan diri dari perbuatan sia-sia dan keji. Jika ada orang yang mencelamu, katakanlah : Aku sedang puasa, aku sedang puasa “.

Melihat / memandang dengan pandangan syahwat

Pada poin ini adalah dikhususkan bagi seorang yang melihat lawan jenis dan menimbulkan syahwat artinya baik dari media massa berupa tabloit, koran, majalah ataupun media online seperti facebook, twitter, instagram atau website hal tersebut jika dibarengai dengan adanya syahwat, maka pahala puasanya dapat berkurang.

Mungkin itu saja tentang 10 Hal yang Mengurangi Pahala Puasa
Kalo ada salah kata mohon di maafkan :)
Karna saya juga manusia
Dan manusia pasti punya salah :)

Semoga Bermanfaat :)
Dan selamat menunaikan ibadah puasa
Bagi yang menjalankan :)

Artikel Terkait

Terimakasih sudah membaca artikel tentang 10 Hal yang Mengurangi Pahala Puasa. Jika ada yang mau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Berkomentarlah yang baik

1. Dilarang menggunakan unsur sara dan mengandung pornografi
2. Dilarang iklan dan nyepam
3. Dilarang menggunakan link aktif ^_^

-Admin Rafsablog-
EmoticonEmoticon